Panu yang tiba-tiba muncul pada tubuh kita sudah tentu menggangu kenyamanan sekaligus penampilan diri. Untuk itu panu harus segera diatasi agar bisa mereda dan bahkan menghilang.

Kini menghilangkan panu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan bahan alami yang umumnya terbuat dari tumbuhan. Berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu bahkan sampai ke bagian akarnya.

1. Gel lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif Pixabay.com

Tanaman lidah buaya sangat terkenal akan manfaat yang diberikannya pada manusia termasuk manfaatnya dalam mengatasi panu. Hal ini berkaitan dengana danya kandungan anti inflamasi yang dapat menghentikan pertumbuhan panu.

Gel dibuat dari daging lidah buaya yang dihaluskan agar bisa dioleskan pada area panu. Setelah dioleskan tunggulah sampai beberapa menit baru kemudian bisa dibilas. 

2. Pasta kunyit

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif Dok. Health Line

Kunyit yang biasa dikenal sebagai bahan bumbu dapur ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan penghilang panu. Bahkan penggunaan kunyit untuk mengobati infeksi jamur ini sudah dilakukan sejak dulu. 

Pembuatan pasta dari kunyit sangat mudah karena Kamu hanya tinggal mengupas kunyit dan menghaluskannya. Kemudian pasta kunyit yang sudah jadi bisa diusapkan pada panu selama beberapa menit saja. 

3. Minyak pohon teh

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif https://pixabay.com/

Minyak pohon teh juga mendai satu dari sekian banyak opsi untuk menghilangkan panu. Antiseptik yang terkandung dalam minyak tea tree juga bisa membantu menghilangkan panu secara tuntas sampai dengan ke akarnya. 

Tea tree oil ini dapat diteteskan di kapas agar bisa ditempelkan secara langsung pada panu yang menginfeksi tubuh. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka tubuh Kamu akan terbebas dari serangan panu. 

4. Cairan cuka apel

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif 

Senyawa yang bersifat antimikroba terdapat pada cuka apel. Karena itu cuka apel juga menjadi salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan panu.

Bagi Kamu yang ingin menggunakannya bisa mengoleskan cairan cuka apel ini ke area tubuh yang terserang panu. Lalu biarkan cairan ini meresap ke dalam kulit hingga tampak mengering. 

5. Minyak zaitun dan madu

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif Pexels.com/pixabay

Mencampurkan minyak zaitun dengan madu juga bisa menjadi sebuah ide yang bagus dalam mengatasi panu. Campuran tersebut bisa segera dioleskan di area panu.

Penggunaan campuran minyak zaitun dan madu sebaiknya dilakukan secara tepat agar bisa bemanfaat. 

6. Jeruk nipis dan belerang

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif msn.com

Cara menghilangkan panu hingga sampai di ujung akarnya juga bisa menggunakan jeruk nipis dan belerang. Campuran dari kedua bahan ini akan sangat berkhasiat terutama dalam mengusir panu yang membandel.

Untuk mengolahnya bisa digunakan jeruk nipis dan belerang yang saling dicampur hingga menjadi suatu krim. Lalu oleskan saja krim tersebut di area panu sampai mengering hingga panu cepat hilang.

7. Lengkuas dan garam

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif kompas.com

Lengkuas yang dicampur dengan garam juga bisa menjadi perpaduan yang pas untuk mengatasi dan menghilangkan panu. Pengobatan dengan menggunakan kedua bahan tersebut sudah pasti berhasil. 

Untuk membuatnya hanya perlu haluskan saja kunyit kemudian dicampur dengan garam secukupnya. Setelah itu oleskan kedua bahan yang telah dicampur ini pada panu dan tunggu sampai bahan tersebut mengering.      

8. Yoghurt polos

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif Shutterstock/Life morning

Yoghurt yang polos berarti masih asli dan tidak mendapatkan tambahan apapun termasuk pula pemanis serta lainnya. Yoghurt ini mengandung prebiotik yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur atau panu. 

Setelah mendapatkan yoghurt sebaiknya segera simpan di lemari es agar dingin sebelum dioleskan ke area panu. Jika yoghurt telah dingin segera oleskan pada panu sampai sekitar setengah jam saja.

9. Sari bawang putih

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif Pixabay.com

Kamu yang saat ini hendak menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu bisa segera menghaluskan satu keeping saja. Lalu segera oleskan sari bawang putih tersebut pada bagian tubuh yang terinfeksi. 

Setelah dioleskan tunggulah beberapa saat baru kemudian dibilas sampai bersih. JIka hal ini dilakukan secara rutin tentu panu akan cepat hilang hingga sampai ke akarnya. 

10. Potongan belimbing wuluh

10 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Paling Efektif steemit.com

Bahan makanan belimbing wuluh rupanya tak kalah bagus dari bahan yang telah dibahas sebelumnya dalam membasmi panu. Sebab belimbing wuluh memang memiliki sifat anti jamur sehingga sangat cocok untuk menghilangkan panu.  

Namun sebelum dioleskan ke area panu sudah tentu belimbing wuluh harus dipotong menjadi kecil-kecil terlebih dahulu. Setelah mengusapkannya pada panu sebaiknya segera pijat panu dengan menggunakan potongan belimbing wuluh dan diamkan sampai menjadi kering. 

Setiap penderita panu kini bisa menghilangkan infeksi jamur yang dideritanya secara lebih mudah. Bahkan pengobatan panu bisa menggunakan bahan alami yang bersifat aman seperti contoh di atas. 

Bagi Kamu yang mungkin saat ini sedang menderita penyakit panu bisa segera mencoba bahan alami tersebut. Tentu Kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari penggunaan obat alami tersebut.