Exfoliation termasuk cara yang paling baik untuk menjaga kulit tetap glowing dan sehat. Walau sebenarnya kulit kita dapat mengelupas dan menghilangkan sel kulit mati secara natural, namun itu ternyata tidak bisa hilang sepenuhnya dan jika menumpuk bisa-bisa membuat kulit kita menjadi kasar dan terlihat kusam, lho! Tidak hanya untuk wajah, hal ini juga berlaku untuk tubuh kita. Jadi, melakukan eksfoliasi merupakan hal penting yang harus kita lakukan secara berkala, salah satu caranya adalah dengan menggunakan body scrub.

Eits, nggak perlu beli. Mumpung sekarang lagi dianjurkan #dirumahaja karena adanya perpanjangan PPKM, kamu bisa membuatnya dari bahan-bahan yang ada di rumah lho. Yuk, ke dapur sebentar dan bikin body scrub bareng-bareng!

Kopi dan Garam

WFH Sambil Mempercantik Kulit, Bikin DIY Body Scrub di Rumah Yuk!healthline.com

Who doesn't like the aroma of coffee? Kopi mengandung antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit, nggak heran kalau sekarang banyak perawatan kulit yang menggunakan ekstrak kopi sebagai bahan utamanya. Selain kandungannya, aroma kopi juga bisa menenangkan dan jadi mood booster seharian.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir bubuk kopi
  • 1/2 cangkir garam
  • 4-5 sdm minyak (Bela boleh gunakan minyak favorit kalian seperti minyak zaitun atau minyak kelapa)

Cara membuat:

  1. Masukkan kopi dan garam dalam satu wadah, campur hingga merata
  2. Masukan minyak, dan aduk sampai rata. Minyak berguna untuk melicinkan butiran kopi dan garam saat digosokan kulit.
  3. Setelah rata, langsung balurkan campuran kopi ke seluruh tubuh dan gosok dengan lembut.
  4. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

Teh Hijau dan Gula

WFH Sambil Mempercantik Kulit, Bikin DIY Body Scrub di Rumah Yuk!puckerandpout.com

Tahu nggak, sih, kalau teh hijau itu sangat bagus untuk kulit? Ya! Bukan hanya berguna untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kulit, lho. Zat antioksidan dan anti-inflamasinya  juga bisa mengurangi efek buruk dari matahari pada kulit. Menarik, kan?

Bahan:

  • 2 kantong teh hijau celup
  • 1/2cangkir air panas
  • 1 cangkir gula pasir ( bisa ganti dengan brown sugar)
  • 1/4 cangkir minyak kelapa

Cara membuat:

  1. Celupkan teh hijau ke dalam air panas. Biarkan hingga teh menjadi dingin.
  2. Sambil menunggu, tuang gula ke dalam wadah lalu masukan minyak kelapa. Campur hingga rata.
  3. Pastikan air teh benar-benar dingin, ya, Bela. Masukkan air teh ke dalam wadah berisi campuran gula dan minyak, aduk hingga rata. Jika teksturnya masih terlalu kering, tambahkan minyak lagi, sebaliknya, jika teksturnya terlalu basah, tambahkan gula.
  4. Body scrub teh hijau sudah siap digunakan!

Beras

WFH Sambil Mempercantik Kulit, Bikin DIY Body Scrub di Rumah Yuk!byrdie.com

Manfaat beras nggak kalah banyak, lho, bisa mencerahkan kulit, melembutkan, menjaga kelembapan, dan meremajakan kulit. Kekayaan manfaat akan beras ini sudah terkenal dan beras banyak sekali digunakan menjadi bahan dasar untuk perawatan kulit. Pas banget, nih, untuk jadi body scrub. Pasti ada dong beras di rumah? Yuk kita buat!

Alat dan Bahan:

  • Alat tumbuk (atau bisa juga pakai blender)
  • 1 cangkir beras
  • Air mawar (boleh juga air mineral)

Cara membuat:

  1. Rendam beras semalaman dalam air.
  2. Tumbuk beras yang sudah direndam tadi dengan alat tumbuk ataupun blender hingga menjadi butiran-butiran sedikit halus.
  3. Pindahkan tumbukan beras ke dalam wadah lalu beri air dengan sendok sedikit demi sedikit sambil dicampurkan hingga mendapat tekstur yang tidak terlalu kasar namun juga tidak terlalu halus. 
  4. Scrub beras siap digunakan. Balurkan ke seluruh tubuh sambil digosokkan dengan lembut.
  5. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering. Lalu bilas.
  6. Bisa juga digunakan pada wajah sebagai masker secara rutin, lho, bisa membatu mengurangi kadar minyak dan terhindar dari jerawat.

Gimana? Seru, kan? Bisa eksperimen bahan-bahan di dapur untuk merawat kulit, nggak perlu beli dan bisa sesuai dengan selera kalian. Bisa jadi kegiatan baru juga kalau sedang bosan bekerja di rumah. Jangan lupa lakukan secara berkala ya, Bela, setidaknya 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Memilih Body Scrub yang Tepat Untukmu dan Cara Memakainya

Baca Juga: 7 Rekomendasi Body Scrub Lokal yang Bikin Kulit Mulus dan Glowing

Baca Juga: Dapatkan Kulit Glowing dengan 7 Face Scrub Ini!