Bela, pasti udah tahu ‘kan kalau mayoritas kulit perempuan Indonesia itu kuning langsat atau sawo matang? Nah buat kamu yang punya warna kulit sawo matang, pernah nggak sih merasa kesulitan saat mengaplikasikan makeup untuk kulit wajahmu? Kamu nggak perlu berkecil hati nih. Simak beberapa tips di bawah ini ya, biar kamu bisa tampil flawless.

1. Gunakan pelembap atau primer, sebelum mengaplikasikan makeup

Jangan Malu Punya Kulit Sawo Matang, Siasati dengan 5 Item Makeup Inipopsugar.au

Salah satu hal yang nggak boleh kamu lakukan sebelum mengaplikasikan makeup adalah dengan menggunakan pelembap atau primer. Selain bisa menjaga kelembapan kulitmu saat pemakaian makeup nanti, dengan menggunakan primer yang tepat juga bisa menjaga ketahanan dari makeup kamu loh. Jangan lewatkan langkah pertama ini ya.

2. Pilih base makeup yang mendekati warna kulit

Jangan Malu Punya Kulit Sawo Matang, Siasati dengan 5 Item Makeup IniShutterstock.com/Sharlotta

Ini jadi salah satu langkah yang punya peran penting nih. Karena dengan menggunakan base makeup riasan kamu bisa sekaligus menyamakan bagian-bagian di wajah yang punya warna berbeda karena bekas jerawat misalnya.

Buat bikin kulit wajah terlihat flawless, kamu bisa nih menggunakan produk yang aman di wajah  karena terbukti mampu menjaga kelembapan wajah dan pastinya tahan lama untuk aktivitas sepanjang hari. Eits, jangan lupa juga untuk memilih base makeup dengan shade yang mendekati kulit wajahmu biar nggak terlihat cakey saat diaplikasikan di kulitmu. 

3. Menggunakan loose powder

Jangan Malu Punya Kulit Sawo Matang, Siasati dengan 5 Item Makeup IniShutterstock.com/margostock

Setelah penggunaan BB cushion, jangan lupa juga untuk menggunakan loose powder ya. Loose powder ini berguna untuk men-setting makeup kamu agar tetap bisa tampil flawless seharian. Nah, buat kamu yang punya kulit sawo matang, cocok banget nih buat menggunakan bedak tabur yang jenisnya transluscent alias transparan. Dengan bedak jenis ini, wajah kamu akan terlihat lebih cerah saat terkena sinar matahari.

4. Gunakan blush on untuk kesan wajah yang lebih segar

Jangan Malu Punya Kulit Sawo Matang, Siasati dengan 5 Item Makeup IniShutterstock.com/Subbotina Anna

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan blush on nih, Bela. Efek blush yang kamu aplikasikan di pipi bisa membuat pipimu terlihat merona. Untuk kamu yang punya kulit sawo matang, coba aplikasikan warna peach ataupun orange.

Buat kamu yang nggak bisa pergi tanpa menggunakan blush, Wardah Instaperfect City Blush Blusher Click wajib banget jadi salah satu makeup item yang ada di tas kamu. Packaging-nya oke banget lho, kamu nggak perlu ribet menggunakan blush di mana pun tanpa harus membawa tools lain seperti beauty blender atau brush. Apalagi di produk terbarunya Wardah ini juga sudah dilengkapi dengan sponge di dalamnya. Wajib punya nih!

5. Tampil bold dengan riasan bibir yang flawless

Jangan Malu Punya Kulit Sawo Matang, Siasati dengan 5 Item Makeup IniShutterstock.com/Antonio Guilem

Last but not least, makeup item yang satu ini pasti nggak mungkin ketinggalan. Yup, benar banget, lip cream. Nggak hanya bikin tampilan makeup-mu jadi lebih stunning, lip cream juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Eits, tapi jangan salah pilih warna ya.

Gunakan lip cream dengan warna nude atau warna bold sekali pun, asalkan pilihan warna ini bisa membuatmu tampil percaya diri dan juga sesuai dengan karaktermu. Tapi, pastikan juga ya lip cream yang kamu gunakan ini tahan lama sekaligus bisa moisturizing bibir kamu.

Sekarang kecantikan nggak hanya didefinisikan lewat warna kulit yang kamu punya. Kamu juga bisa bereksplorasi dengan rangkaian makeup andalanmu. Apalagi, kini sudah ada rangkaian produk Wardah Instaperfect yang punya varian warna lengkap untuk semua kulit cewek Indonesia.

So, nggak ada alasan lagi deh untuk minder dengan kecantikan yang kamu miliki. Karena dengan Wardah Instaperfect kamu bisa lebih percaya diri dan pastinya cocok banget #ForYourUnstoppableMove. Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang juga!