Bukan sebuah rahasia lagi bila setiap perempuan menjadikan kosmetik sebagai salah satu kebutuhan. Itu dikarenakan kosmetik dapat menyulap setiap perempuan agar tampil lebih maksimal dan percaya diri. 

Namun, nggak semua perempuan mengerti benar mengenai kosmetik. Beberapa diantaranya kerap disebut sebagai pemula yang masih perlu banyak belajar mengenal setiap jenis produk kosmetik beserta cara penggunaannya. 

Oleh karena itu, di artikel kali ini, Popbela akan membantu para pemula untuk mempelajari beberapa jenis produk kosmetik yang akan dijelaskan dengan singkat. Apa saja ya kira-kira? Simak terus sampai habis!

1. Primer

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik Inithechilltimes.com

Menduduki urutan paling pertama, primer merupakan jenis produk kosmetik yang memang digunakan sebagai tahap awal sebelum menggunakan kosmetik lainnya. Primer yang dikenal sebagai pelindung kulit ini memiliki banyak jenis. 

Ada primer yang dapat menyamarkan tampilan pori-pori wajah, ada primer yang dapat mengontrol produksi minyak, dan ada juga primer yang mampu menghidrasi kulit wajah. Produk yang satu ini tak boleh dilewati jika kamu ingin mendapatkan hasil akhir riasan yang flawless.

2. Foundation

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik IniAllure.com

Untuk meratakan warna kulit wajah serta menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulit, tentunya kamu bisa mencoba jenis produk kosmetik yang juga biasa dikenal dengan sebutan foundation

Produk yang satu ini memiliki tekstur yang beragam, dari mulai padat, cair, krim, bahkan bubuk pun tersedia untuk memenuhi kebutuhan masing-masing orang yang berbeda. Tips untuk memilih produk foundation yang tepat yaitu sesuaikan dengan shades warna kulitmu dan cocokkan juga dengan undertone-mu.

3. Concealer

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik IniAllure.com

Jika foundation yang kamu beli dirasa kurang cukup untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, maka kamu bisa menggunakan concealer sebagai salah satu jenis produk kosmetik yang memiliki tingkat coverage yang cukup tinggi. Sama seperti foundation, concealer pun memiliki ragam jenis dan shades warna yang cukup banyak. Untuk itu, jangan lupa perhatikan baik-baik ketika hendak membeli jenis kosmetik yang satu ini.

4. Bedak

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik Iniglowsly.com

Agar hasil riasanmu dapat bertahan lama, pastinya kamu juga membutuhkan jenis produk kosmetik yang satu ini. Yup, siapa yang tak tahu dengan manfaat dari bedak? Selain dapat set keseluruhan makeup, bedak juga dapat menciptakan tekstur wajah menjadi lebih flawless, dan membantu menahan minyak di wajah. Umumnya, bedak terbagi menjadi dua jenis yaitu bedak tabur dan bedak padat. Pilihlah salah satu jenis bedak yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

5. Blush on

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik Iniglamourmagazine.co.uk

Setelah membahas jenis produk kosmetik untuk bagian complexion, saatnya untuk memberikan rona pada wajah. Blush on atau yang biasa disebut perona pipi ini dapat menciptakan tampilan riasan menjadi lebih berwarna dan kerap juga dikenal sebagai penyempurna bagian complexion

Blush on memiliki banyak pilihan warna, maka itu pilihlah warna yang sesuai dengan shades warna kulitmu dan sebaiknya untuk pemula, pilih warna blush on yang memberikan kesan natural pada wajah.

6. Maskara

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik IniByrdie.com

Jenis produk kosmetik selanjutnya merupakan produk yang dapat membantu tampilan bulu mata terlihat menjadi lebih lentik. Cara penggunaannya memanfaatkan spuli khusus dari produk maskara tersebut. Jika ingin hasil maskara yang tahan lama dan tak mudah luntur, pilih maskara dengan jenis waterproof.

7. Lipstik

Buat Para Pemula, Yuk, Kenali 7 Jenis Produk Kosmetik Inicovergirl.com

Tentunya riasan wajah tak lengkap jika tanpa kehadiran lipstik sebagai jenis produk kosmetik pelengkap agar tampilan wajah tidak terlihat pucat serta dapat memberikan sentuhan segar pada wajah. Lipstik memiliki formula yang beragam dan disesuaikan untuk kebutuhan seseorang. 

Lipstik berformula matte dapat memberikan warna yang tahan lama pada bibir, lipstik yang berformula glossy dapat memberikan kesan segar pada wajah, sedangkan lipstik berformula satin biasa digunakan untuk pergi ke acara formal karena dapat menciptakan tampilan yang seksi.

Itulah ketujuh jenis produk kosmetik yang wajib para pemula kenali. Jika kamu sudah familiar dengan beberapa produk di atas, maka kamu bisa mengenali jenis produk kosmetik tambahan lainnya yang dapat melengkapi riasanmu!

Baca Juga: Mudah Banget, Inilah Cara Makeup a la Korea untuk Pemula