Bagi hampir seluruh perempuan, penggunaan kosmetik telah menjadi salah satu kebutuhan dalam menyempurnakan penampilan sehari-hari. Hal tersebut tak menutup kemungkinan banyak perempuan yang sering mencoba berbagai jenis kosmetik.

Namun, dalam hal mencoba kosmetik, tak sedikit pula yang mengalami ketidakcocokkan pada produk kosmetik tertentu dan dapat menimbulkan berbagai tanda pada wajah yang jika tidak diatasi segera dapat berbahaya untuk wajah. 

Oleh karena itu, sebelum mencoba berbagai riasan, kenali juga ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik untuk kamu dapat berjaga-jaga.

1. Kulit terasa gatal

Saat kamu sedang mencoba produk kosmetik terbaru dan seketika kulit terasa sedikit gatal, itulah ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik pada tahap awal. Biasanya, rasa gatal yang ditimbulkan disertai juga dengan sedikit rasa panas sehingga membuat si pengguna tak merasa nyaman dan ingin segera menghapus riasan. Jika kamu mengalami ciri awal yang satu ini, tak perlu khawatir, segeralah hapus riasanmu, dan hindari produk kosmetik yang menjadi penyebabnya.

2. Muncul ruam pada kulit

Ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik biasanya tak hanya dihampiri rasa gatal saja, terkadang disertai dengan munculnya ruam kemerahan pada kulit. Jika terjadi padamu, hindari menyentuh wajah atau malah menggaruknya agar tidak semakin parah. Selain menghentikan penggunaan produk kosmetik yang sedang kamu gunakan, kamu pun juga bisa konsultasikan segera pada dokter kulit.

Ini 7 Tanda Kalau Kosmetik yang Kamu Gunakan Tidak Cocokpinterest.com

3. Kulit semakin berminyak

Kemunculan ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik tak melulu rasa gatal dan ruam, tetapi bisa juga merangsang produksi minyak semakin banyak sehingga kulit menjadi sangat berminyak. Biasanya, produk kosmetik yang dapat menyebabkan kulit semakin berminyak dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya mengandung oil yang sangat tinggi.

4. Kulit menjadi kasar

Penggunaan kosmetik yang berlebihan dan terlalu sering dapat menyebabkan penumpuan sel kulit mati. Hal tersebut dapat menimbulkan tekstur wajah yang sangat kasar dan kusam. Disebutkan sebagai salah satu ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik, atasi segera dengan menyeimbangkannya dengan rutin melakukan eksfoliasi pada kulit dengan menggunakan scrub atau produk berbahan aktif.

Ini 7 Tanda Kalau Kosmetik yang Kamu Gunakan Tidak Cocoklionartistmanagement.com

5. Tumbuhnya komedo dan jerawat

Ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik berikut ini merupakan salah satu tanda yang paling sering terjadi. Beberapa produk kosmetik yang comedogenic biasanya dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan kehadiran komedo yang lama kelamaan berubah menjadi jerawat. Tentu saja hal ini sangatlah mengganggu, untuk menghindarinya, kamu cukup memilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulitmu dan juga menggunakan produk perawatan kulit wajah terlebih dahulu sebagai produk pelindung.

6. Kulit menjadi lebih sensitif

Bagi sebagian orang yang memiliki perlindungan kulit yang rendah, ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik berikut ini mungkin dapat terjadi. Kandungan bahan yang terdapat pada produk kosmetik biasanya memiliki kecenderungan untuk membuat kulit wajah menipis sehingga menjadi lebih sensitif. Ciri-ciri yang ditimbulkan ialah kulit mudah memerah, tekstur kulit kering dan kasar, hingga kulit wajah terasa sangat perih.

Ini 7 Tanda Kalau Kosmetik yang Kamu Gunakan Tidak Cocokfashiongonerogue.com

7. Kanker kulit

Selain beberapa ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik di atas, kenali juga ciri terakhir yang menjadi ciri paling berbahaya dan sangat dihindari oleh semua perempuan. Kanker kulit tak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, tetapi penyakit yang satu ini juga dapat disebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang biasanya terdapat di dalam produk kosmetik palsu. Untuk itu, penting sekali berhati-hati dalam memilih produk riasan dan sebaiknya cek terdahulu BPOM-nya.

Nah, itulah ketujuh ciri-ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik. Dari mulai berbagai ciri yang paling sering dialami hingga ciri yang menjurus ke penyakit kulit. Untuk itulah, penting sekali memperhatikan produk kosmetik yang hendak kamu beli, dari mulai bahan kandungan, sertifikasi BPOM, hingga melakukan tes terlebih dahulu. Semoga setelah membacanya, kamu semakin lebih peduli untuk melindungi kulit wajahmu ya, Bela!

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 6 Kandungan yang Bikin Jerawatmu Makin Parah