Sebagai salah satu produk kosmetik yang menunjang penampilan seseorang, lipstik kerap disebut sebagai item favorit banyak perempuan. 

Di samping pilihannya yang beragam, lipstik pun memiliki banyak manfaat tak hanya sebagai pulasan bibir saja. Lipstik juga yang mampu merubah penampilan seseorang menjadi terlihat lebih segar dan hidup, tentu saja sesuai dengan warna yang menjadi pilihannya. 

Namun, tahukah kamu bahwa saat memilih produk lipstik tak boleh hanya tertarik oleh warna dan kemasannya saja, tetapi cari tahu juga tingkat keamanannya agar tak salah pilih produk yang dapat merusak bibir. 

Mungkin masih banyak perempuan yang kurang tahu akan hal ini, untuk itu Popbela akan mengulas sedikit mengenai ciri-ciri lipstik yang berbahaya sebagai panduanmu saat hendak membeli lipstik. Yuk baca!

1. Tidak memiliki sertifikasi BPOM

Tak hanya makanan, produk kosmetik atau skincare haruslah memiliki sertifikat BPOM yang menandakan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan karena sudah lulus uji. Karena itu, jika kamu menemukan produk lipstik yang tidak bersertifikasi BPOM, berhati-hatilah karena bisa jadi produk tersebut merupakan ciri-ciri lipstik yang berbahaya.

2. Dijual dengan harga yang sangat murah

Jika kamu menemukan produk lipstik yang dibandrol dengan harga yang cukup murah, eits sebaiknya tahan dulu untuk tak langsung membelinya. Walaupun rasanya memang sangat hemat di kantong, tetapi penting untuk teliti untuk mencari tahu kandungan yang terdapat pada lipstik tersebut karena harga produk yang sangat murah haruslah dicurigai sebagai ciri-ciri lipstik yang berbahaya.

Jangan Sampai Salah Pakai, Cari Tahu Ciri-ciri Lipstik yang Berbahayalisaeldridge.com

3. Memiliki aroma yang cukup menyengat

Itulah pentingnya untuk mencoba atau mencium terlebih dahulu produk lipstik yang hendak dibeli karena kamu dapat mengetahui ciri-ciri lipstik yang berbahaya dari aromanya. Biasanya lipstik yang tinggi tingkat keamanannya memiliki aroma yang lembut dan tidak menyengat, namun sebaliknya dengan lipstik berbahaya yang memiliki aroma yang kuat dan tajam.

4. Warna yang terlalu kontras

Pilihan warna lipstik biasanya memang sangat beragam, dari mulai warna yang terang hingga gelap. Tetapi, tahukah kamu bahwa semakin kontras warna lipstik yang hendak kamu beli, berarti semakin jelas bahwa itu merupakan salah satu ciri-ciri lipstik yang berbahaya. Karena warna yang terlalu kontras itu memanfaatkan pewarna buatan yang cukup berbahaya dan jarang sekali aman saat digunakan pada bibir.

Jangan Sampai Salah Pakai, Cari Tahu Ciri-ciri Lipstik yang Berbahayastylelobster.com

5. Tidak mengandung pelembap

Tak semua lipstik dipadukan dengan kandungan pelembap. Biasanya, ada juga beberapa merek kosmetik yang mementingkan ketahanannya dibandingkan keamanannya. Memang lipstik yang tahan lama sangatlah disukai oleh banyak perempuan, namun jika lipstik yang digunakan dapat bertahan hinggga berjam-jam, harus patut kamu waspadai karena produk tersebut tak mengandung pelembap yang dapat menjaga kesehatan bibir. Ini jugalah yang menjadi salah satu dari ciri-ciri lipstik yang berbahaya.

6. Membuat bibir terasa gatal saat digunakan

Untuk ciri-ciri lipstik yang berbahaya yang satu ini biasanya akan muncul ketika kamu sudah menggunakan lipstik yang kamu beli dan jika reaksi pada bibirmu terasa gatal, berarti di samping kamu tak cocok dengan produk tersebut, bisa jadi bahwa produk yang kamu gunakan tak memiliki kandungan bahan yang ramah di kulit bibir.

Jangan Sampai Salah Pakai, Cari Tahu Ciri-ciri Lipstik yang Berbahayadaniellepeazer.com

7. Sudah expired

Semua pasti tahu dong bahwa produk lipstik yang sudah expired juga termasuk ke dalam ciri-ciri lipstik yang berbahaya. Tak hanya lipstik saja, tetapi jenis produk makeup lainnya jika sudah lewat dari batas penggunaannya, sebaiknya segera buanglah dan jangan mencoba untuk terus menggunakannya.

Jadi, buat kamu para perempuan terutama para beauty enthusiast yang menganggap makeup sebagai keperluan sehari-hari, penting sekali untuk mengingat beberapa poin megenai ciri-ciri lipstik yang berbahaya yang sudah Popbela bagikan!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Lipstik untuk Bibir Sensitif Versi Popbela