Lipstik menjadi salah satu kosmetik andalan bagi perempuan. Tak sedikit perempuan yang membawa dua sampai tiga lipstik dalam tas saat bepergian. Nggak jarang, terkadang perempuan membeli jenis dan warna lipstik yang tak jauh berbeda dengan yang sudah dimiliki.  

Tapi, tahukah kamu lipstik merupakan jenis kosmetik yang rentan mengalami rusak dan patah. Kalau sudah begini, beberapa di antaranya memilih untuk membuang dan enggan menggunakannya kembali.  

Tapi kamu tahu nggak sih, permasalahan lipstik patah ternyata bukan akhir dari segalanya. Karena menyelamatkan lipstik patah bukan lagi sekadar mimpi. Melansir dari laman Allure, ternyata ada beberapa trik mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan bentuk lipstik seperti semula lho. 

1. Lipstik patah di bagian tengah

Tak Usah Sedih, Ini 5 Cara Perbaiki Lipstik yang Patahcosmopolitan.com

Lipstik kesayangan patah di bagian tengah? tenang nggak perlu sedih. Kamu bisa kok membetulkannya. Pertama, panaskan lipstik dengan api lighter untuk melelehkan lipstik. Bukan patahan yang ada di atas, melainkan patahan yang di dalam lipstik dilelehkan. 

Setelah itu, tempelkan kembali bagian atas lipstik pada lipstik yang telah dipanaskan. Masukkan ke dalam lemari pendingin dengan suhu minus. Langkah ini guna membuat lipstik kembali padat.  

2. Bagian dasar lipstik rusak

Tak Usah Sedih, Ini 5 Cara Perbaiki Lipstik yang Patahinstyle.com

Ambil semua lipstik yang tertinggal di dalam palet lipstik. Gunakan penjepit kertas untuk memastikan tak ada sisa patahan lipstik yang tertinggal. Kemudian masukkan kembali patahan bagian atas. Meski lebih pendek setidaknya lipstik masih bisa dipakai. 

3. Alami patah di bagian atas

Tak Usah Sedih, Ini 5 Cara Perbaiki Lipstik yang Patahmakeuptutorials.com

Karena terlalu kuat mengaplikasikan ke bibir, lipstik kerap mengalami patah di bagian atas. Tenang, kamu hanya perlu mengambil tusuk gigi kemudian rapikan kembali permukaan lipstik. 

4. Patahan lipstik terlalu parah

Tak Usah Sedih, Ini 5 Cara Perbaiki Lipstik yang Patahpurplecarrot.com

Apabila lipstik mengalami patah atau rusak yang terlalu parah kamu perlu mengeluarkan seluruh isi lipstik. Siapkan wadah kecil, kemudian lelehkan menggunakan sendok dan api lilin. Setelah itu, tuang lelehan lipstik tersebut, diamkan hingga dingin. Barulah dimasukkan ke freezer. 

5. Sisa lipstik bikin geregetan

Tak Usah Sedih, Ini 5 Cara Perbaiki Lipstik yang Patahcleanipedia.com

Ayo ngaku siapa yang paling sebel kalau lipstiknya tinggal sedikit dan susah dipakai? Padahal warna dan tekstur lipstik tersebut sangat disukai, rasanya tidak rela untuk membuang sisa lipstik yang terjebak di dalam palet. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan brush atau cotton buds untuk menggunakan sisa lipstik tersebut. 

Baca Juga: 7 Alasan Lipstik yang Kamu Gunakan Nggak Awet Menempel di Bibir