Detail keindahan mata memang menjadi titik fokus pada wajah. Bulu mata lentik dan panjang menyempurnakan suatu penampilan. Namun, tak semudah itu untuk mendapatkan bulu mata lentik dan panjang. Penggunaan makeup yang mengandung bahan kimia terkadang membuat bulu mata mudah patah, rapuh dan rontok. Kebiasaan buruk seperti mengucek mata juga bisa jadi penyebabnya.  

Perawatan memperindah bulu mata bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah lho. Salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Penasaran? Berikut bahan alami yang bisa membuat bulu mata semakin panjang dan lentik.

1. Teh hijau

Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu MataPexels.com

Sebagai tanaman yang mengandung antioksidan tinggi, teh hijau diketahui memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya menguatkan bulu mata dan mengikis kemungkinan rapuh. Caranya, seduh teh hijau seperti biasa. Kemudian rendam kapas dan basuh lembut area bulu mata. Bahkan, kamu juga bisa mengompresnya selama 1-2 menit. 

2. Minyak zaitun

Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu MataPexels.com/pixabay

Dalam dunia kecantikan, minyak zaitun sudah nggak perlu diragukan lagi. Pasalnya, kandungan asam lemak esensial di dalamnya memberikan manfaat yang luar biasa. Pada bulu mata, minyak zaitun bisa menjadi pelembap sekaligus pelembut bulu mata alami. Caranya, gunakan brush kecil lalu celupkan ke minyak zaitun, kemudian gunakan brush yang telah dioleskan minyak zaitun seperti menggunakan maskara.  

3. Minyak jarak

Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu Matandnr.com

Kamu pernah mendengar minyak jarak? minyak jarak merupakan minyak nabati yang diperoleh dari ekstrak biji tanaman jarak. Biasanya ditemui dalam ramuan herbal. Minyak jarak berfungsi merangsang pertumbuhan bulu mata, dengan begitu bulu mata akan panjang alami. 

4. Minyak kelapa

Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu MataFreepik.com

Masih dari dunia perminyakan. Kehadiran minyak kelapa juga dipercaya memberikan rilaksasi pada area mata. Kandungan protein minyak kelapa menjadikan bulu mata lebih kuat dan lembut. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa menggunakan jari telunjuk. 

5. Lidah buaya

Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu MataFreepik.com

Lidah buaya dikenal menyuburkan rambut, hal ini juga bisa dibuktikan pada area bulu mata. Kandungan karbohidrat, kalori, protein, vitamin A, C, kalsium dan zat besi di dalamnya mampu mempercepat pertumbuhan bulu mata. Kamu bisa menggunakan potongan daging lidah buaya langsung atau produk olahan lidah buaya yang tren di kalangan millenial.  

Baca Juga: Bikin Lentik dan Panjang, 7 Rekomendasi Serum Bulu Mata Terbaik