Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling banyak dialami. Nggak hanya membuat rasa tak nyaman, munculnya jerawat juga menganggu penampilan hingga memengaruhi kesehatan mental.

Bersama La Roche Posay di dalam acara Festival Pulih by Popbela. com, Stefany Talita, dr. Listya Paramita Sp.KK, dan Nestya Sedayu sebagai Brand Marketing La Roche Posey juga turut membahas ikatan erat antara jerawat dan kesehatan mental. Seperti apa? Intip yuk! 

Waspada, Ternyata Jerawat Punya Ikatan Erat Terhadap Kesehatan Mental!Popbela.com/Festival Pulih

Yups, bagi kamu yang tengah berjuang melawan jerawat, pasti sering banget mendapatkan acne shaming. Hal ini lah yang membuat banyaknya acne fighter mengalami kecemasan hingga memengaruhi kesehatan mental.

Jika kita bicara soal statistik, jerawat adalah gangguan kulit yang paling banyak dialami oleh semua orang di dunia, dan 80-90% remaja pasti pernah mengalami episode jerawat. Sebagian kecil bisa beres dengan cepat, namun sebagian besar ada yang berkelanjutan sampai ke usia dewasa muda. 

Waspada, Ternyata Jerawat Punya Ikatan Erat Terhadap Kesehatan Mental!Popbela.com/Festival Pulih

dr. Listya Paramita Sp.KK menyampaikan "Dalam beberapa jurnal menyebutkan bahwa jerawat nggak hanya masalah kulit tapi juga berpengaruh ke social life para penderitanya. Bisa terjadi depresi, kecemasan, kepercayaan diri rendah, dan merasa jelek dibandingkan orang lain. Nggak hanya itu aja, jerawat juga berpengaruh kepada berkurangnya kualitas hidup” ujarnya di acara talkshow bersama La Roche Posay. 

Seringnya masalah jerawat yang muncul memengaruhi kepercayaan diri, fenomena ini sampai diteliti lebih lanjut. Nah, dalam penelitian yang dilakukan di Inggris, menemukan bahwa 2299 orang yang mengalami jerawat, 20% diantaranya merasakan kecemasan bahkan sampai tercetus ide untuk bunuh diri. Mengejutkan, bukan? 

Waspada, Ternyata Jerawat Punya Ikatan Erat Terhadap Kesehatan Mental!Popbela.com/Festival Pulih

Adanya kecemasan karena jerawat juga ditandai dengan rasa malu bertemu orang lain, tidak ingin adanya eye contact, ingin menumbuhkan poni untuk menutupi jerawat, sampai-sampai tidak mau sekolah atau bekerja. Dan ini menjadi hal yang kerap terjadi di kehidupan sehari-hari. 

Melihat fenomena ini, dr. Listya membagikan tips agar hal tersebut tidak terjadi "Untuk itu menyelesaikan masalah jerawat sesegera mungkin menjadi cara yang tepat, jika terlambat, jerawat bisa memengaruhi kesehatan mental. Dan sayangnya hal ini dialami oleh rata-rata usia muda dari belasan hingga di bawah usia 25 tahun."  

dr. Listya juga menambahkan itulah kenapa pentingnya merawat kulit sejak dini. Sedangkan untuk mereka yang tengah memiliki masalah jerawat, pemilihan rangkaian produk yang simpel dan tepat sasaran menjadii hal yang wajib dilakukan. 

Untuk yang ingin mendengar bagaimana caranya merawat kulit berjerawat secara lengkap, kamu bisa saksikan tayangannya di akun instagram @popbela_com dan kanal YouTube Popbela. Jangan lupa, masih banyak sosok pulih lainnya selama Festival Pulih berlangsung. Happy watching!

https://www.youtube.com/embed/39WwFiiAJYo

Baca Juga: IG #RealTalk dengan Mima Shafa, Bahas Kecemasan Hadapi Masa Depan

Baca Juga: Dira Sugandi Blak-Blakan Ceritakan Kondisi Kesehatan Mentalnya

Baca Juga: Ini Pesan Najwa Shihab untuk Anak Muda yang Ingin Sukses Cepat!