Lipstik masih menjadi makeup item favorit yang tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan kini berbagai jenis lipstik berhasil mengambil hati para beauty enthusiast. Tetapi, tak jarang lipstik yang dipulaskan tidak bertahan lama dan cepat pudar. Pasti hal ini bikin kamu bete banget, kan? 

Nah, tanda disadari ternyata ada lima penyebab lipstik tidak tahan lama, lho. Kira-kira apa aja sih? Langsung simak artikel ini ya, Bela!

1. Membiarkan bibir kering

Ternyata Ini 5 Penyebab Lipstik Tidak Tahan LamaPenyebab Lipstik Tidak Tahan Lama/ pinterest.com

Bibir kering membuat pulasan lipstik tidak terlihat smooth dan menjadi cepat pudar. Selain itu, warna lipstik juga jadi tidak maksimal ketika disapukan ke bibir yang kering. Untuk itu, penting banget menjaga kelembapan bibir dengan rutin menggunakan lip mask sebelum tidur atau memulaskan lip balm sebelum menggunakan lipstik.

2. Tidak melakukan eksfoliasi

Ternyata Ini 5 Penyebab Lipstik Tidak Tahan LamaPenyebab Lipstik Tidak Tahan Lama/ freepik.com

Nggak hanya kulit, bibir juga butuh dieksfolasi, lho. Eksfoliasi bibir berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat bibir terasa lebih lembut dan kenyal. Jangan lupa lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Kini, juga sudah banyak lip scrub yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. 

3. Langsung menggunakan lipstik sebelum lip balm menyerap

Ternyata Ini 5 Penyebab Lipstik Tidak Tahan LamaPenyebab Lipstik Tidak Tahan Lama/ freepik.com

Nah, untuk hasil yang sempurna, sebaiknya gunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik. Namun, untuk membuat lipstik menjadi tahan lama, kamu harus membiarkan lip balm menyerap terlebih dahulu. Karena, kandungan oil yang ada di lip balm membuat bibir terasa lebih licin, sehingga lipstik tidak menempel dengan maksimal. Oleh karena itu penting banget menunggu lip balm menyerap baru menggunakan lipstik, ya. 

4. Tidak mengaplikasikan lipstik menggunakan kuas

Ternyata Ini 5 Penyebab Lipstik Tidak Tahan LamaPenyebab Lipstik Tidak Tahan Lama/ Freepik.com

Agar lipstik semakin tahan lama, kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan kuas, teknik ini juga dipakai oleh para MUA, lho. Pilih brush yang flat dan berukuran kecil agar presisi dan bisa mencapai ujung bibir. Selain itu, teknik seperti ini juga cocok banget untuk mendapatkan ombre lips. 

5. Melupakan teknik blotting

Ternyata Ini 5 Penyebab Lipstik Tidak Tahan LamaPenyebab Lipstick Tidak Tahan Lama/ freepik.com

Nah, jangan lupa untuk melakukan teknik blotting ketika mengaplikasikan lipstik. Teknik ini berfungsi mengunci warna lipstik dan memberikan hasil akhir matte, sehingga warna jadi lebih tahan lama.

Caranya juga gampang dan simpel banget, oleskan lipstik untuk lapisan pertama, lalu blot secara perlahan menggunakan tisu. Lalu, aplikasikan kembali lipstik untuk lapisan kedua. Kamu bisa menyapukan sedikit loose powder untuk memberikan hasil akhir matte. 

So, itu dia lima penyebab lipstik tidak tahan lama. Hmm, kira-kira poin ke berapa yang sering kamu lewati? 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Liquid Lipstick Terbaik, Warnanya Elegan dan Tahan Lama

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Sesuaikan OOTD-mu dengan Warna Lipstickmu

Baca Juga: 8 Produk Lipstick Berwarna Gelap Ini Akan Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah