Sering bad mood karena riasan patchy dan luntur di tengah hari? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena kamu menggunakan bedak yang tak sesuai jenis kulit. Seperti kita tahu, bedak menjadi salah satu riasan yang banyak digandrungi perempuan. Tak hanya pengaplikasiannya yang muda, tetapi bedak juga bisa menyembunyikan noda hitam dan bekas jerawat secara sempurna. 

Tapi ternyata, untuk mendapatkan riasan sempurna kamu harus menggunakan bedak yang sesuai tipe kulit. Salah menggunakan jenis bedak, justru akan merusak riasan. Nggak mau kan hal tersebut terjadi? Untuk itu, yuk langsung intip tujuh jenis bedak sesuai tipe kulit yang wajib kamu tahu!

1. Bedak cair

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitscmp.com

Pasti udah pada nggak asing lagi dengan jenis bedak yang satu ini. Bedak cair seringkali menjadi produk andalan karena praktis dan sempurna menutupi imperfection seperti bekas jerawat dan noda hitam di wajah.

Selain itu, bedak cair juga memiliki hasil akhir yang natural dan mudah digunakan untuk kamu yang pemula. Oh iya, karena bedak cair mudah menyatu dengan kulit, maka ada baiknya kamu memilih warna yang sesuai dengan warna kulit. Untuk hasil maksimal, aplikasikan menggunakan spons, ya.

2. Bedak tabur

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitsmoochmakeup.com

Bedak tabur menjadi salah satu jenis bedak yang paling banyak disukai. Formulanya yang sangat ringan dengan tekstur yang lembut, sukses membuat riasan di wajah nampak flawless dan natural.

Bedak tabur cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak karena tidak menyumbat pori-pori dan mampu menahan sebum berlebih. Kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur dengan dua cara, yaitu menggunakan spons untuk hasil yang tinggi coverage dan powder brush untuk hasil yang ringan. 

3. Bedak padat

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitcosmopolitan.com

Nah, jika kamu menyukai bedak yang praktis dan tak mudah tumpah, bedak padat bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, bedak padat juga cocok untuk kamu yang memiliki pori-pori besar dan cenderung kering karena memiliki tekstur yang thick dan di formulasikan dengan pelembap. Jangan lupa, jika menggunakan bedak padat pastikan untuk selalu membersihkan wajahmu dengan seksama, agar tidak menimbulkan jerawat.

4. Two way cake powder

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitallure.com

Jenis bedak selanjutnya adalah perpaduan antara bedak dan foundation atau yang biasa disebut dengan two way cake powder. Bedak ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu membutuhkan produk yang praktis tetapi mampu membuat wajah nampak flawless dan hasil akhir yang matte.Two way cake powder memiliki tekstur yang cukup padat dengan hasil coverage yang tinggi, sehingga mampu menutupi imperfection di wajah. 

Untuk mengaplikasikan two way cake powder kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan spons yang dibasahi untuk mendapatkan daya cover yang tinggi dan spons kering untuk riasan natural. Karena memiliki tekstur yang cukup berat, bedak ini kurang cocok digunakan kulit berminyak karena mudah menyumbat pori-pori.

5. Setting powder atau translucent powder

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitsimplysona.com

Setelah menggunakan foundation atau bb cream, kamu bisa mengunci riasan menggunakan setting powder atau translucent powder. Biasanya bedak ini memiliki partikel yang sangat kecil dan lembut, sehingga membuat riasan lebih menyerap ke kulit dan terkesan natural. Selain itu, bedak jenis ini juga cocok banget jika digunakan untuk teknik baking atau countering karena tidak membuat white cast dan memiliki sheer coverage. 

6. Bedak meteorite

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitvogue.ua

Kalau biasanya powder berbentuk bubuk, berbeda dengan bedak meteorite yang memiliki bentuk bulat dan terdiri dari berbagai macam. Walau tak umum, tetapi bedak meteorite ini akan membuat riasan nampak lebih flawless dan glowing. 

7. Finishing powder

Jangan Asal Pilih, Ketahui 7 Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulitherworld.com

Last but not least, sama seperti namanya finishing powder berfungsi untuk menyempurnakan riasan wajah. Umumnya, finishing powder mengandung partikel shimmer yang akan memberikan efek dewy dan glamour. Oleh karena itu, finishing powder hanya diaplikasikan pada sudut tertinggi di wajah, atau area yang ingin ditonjolkan.

So, itu dia tujuh jenis bedak sesuai dengan tipe kulit yang wajib kamu ketahui. Mulai saat ini, pastikan selalu menggunakan bedak dengan kebutuhan kulit kamu. Stay stunning, Bela!

Baca Juga: Biar Riasan Mulus, Hindari 9 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Bedak Yuk!

Baca Juga: Tidak Hanya Sebagai Makeup, 5 Bedak Tabur Ini Juga Mengobati Jerawat 

Baca Juga: Dijamin Anti-Cakey, Ini 7 Rekomendasi Bedak Padat untuk Kamu