Bukan hanya riasan mata, complexion juga memegang peran penting dalam menyempurnakan penampilan. Yups, complexion berfungsi meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, hingga menutupi implerfection. Jenis complexion juga kini sudah semakin beragam, mulai dari foundation, bb cream, hingga cushion.

Nah, untuk itu, kamu bisa intip tips memilih complexion yang benar a la Popbela agar base makeup kamu tampil lebih sempurna dan anti luntur. Penasaran apa aja? Intip yuk!

1. Pilih sesuai jenis kulit

Ini 5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Anti Cakey!allure.com

Pasti nggak mau kan hasil complexion kamu terlihat seperti topeng? Nah, oleh karena itu penting banget memilih produk base yang disesuaikan dengan jenis kulit. Jika kulitmu cenderung berminyak, bisa memilih foundation yang hasil akhirnya matte agar tahan seharian. Untuk kulit kering, pilih produk dengan tekstur cukup cair dan hasilnya glowing. Jangan lupa gunakan powder untuk complexion lebih tahan lama. 

2. Menentukan tingkat coverage

Ini 5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Anti Cakey!stylist.co.uk

Memilih produk dengan tingkat covarage penting untuk hasil complexion yang sempurna. Jika ingin mendapatkan coverage yang rendah, kamu bisa menggunakan BB cream aja. Medium coverage bisa gunakan cushion atau foundation yang teksturnya ringan. Nah, jika ingin menutupi noda hitam, bisa banget mencoba foundation dengan daya cover yang tinggi. 

3. Gunakan shade yang menyerupai warna kulitmu

Ini 5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Anti Cakey!pinterest.com

Menentukan shade complexion sesuai dengan warna kulit memang tak mudah. Nah, tapi kamu bisa terapkan cara ini, Bela. Aplikasikan sedikit complexion di area leher atau rahang. Shade yang tepat akan menyatu dengan warna kulit kamu. Jika belum menemukan shade yang tepat, jangan ragu untuk mencampur dua warna yang berbeda, ya. 

4. Sesuaikan dengan kegiatan

Ini 5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Anti Cakey!lorealparisusa.com

Sebelum menggunakan complexion, sebaiknya kamu sudah tahu kegiatan apa yang akan dilakukan hari itu. Untuk complexion yang tebal seperti foundation, akan lebih tepat digunakan saat menghadiri acara resmi atau pemotretan. Jika aktivitas ringan seperti jalan ke pusat perbelanjaan atau bekerja di dalam ruangan, BB cream, bedat padak, dan cushion sudah cukup, kok.

5. Pilih produk yang sudah BPOM dan aman

Ini 5 Tips Memilih Complexion yang Benar, Anti Cakey!tkvco.com

Nah, ini tips terakhir memilih complexion yang benar namun sering dilewatkan. Penting sekali menggunakan produk yang sudah BPOM dan terbukti aman. Jangan sampai karena ingin tampil sempurna, kulit kamu yang dipertaruhkan. Untuk kulit sensitif, alangkah baiknya jika melakukan patch test terelebih dahulu sebelum menggunakan complexion di seluruh wajah kamu. 

So, itu dia lima tips memiliki complexion yang benar dan anti gagal. Coba aplikasikan dan temukan complexion yang tepat untuk kulitmu ya, Bela!  

Baca Juga: Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!

Baca Juga: Dapatkan Flawless Complexion A la Tasya Farasya Lewat 3 Produk Ini

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakey