Beberapa tahun terakhir, industri dunia hiburan Korea Selatan tengah digandrungi  masyarakat Indonesia, terutama Kdrama. Hadir dalam banyak genre, drama Korea bisa dinikmati oleh semua kalangan dan tentu saja salah satu genre yang paling banyak penggemarnya adalah komedi romantis.

Selain menampilkan romansa percintaan yang bikin baper, nggak jarang drama korea bergenre komedi romantis mengangkat isu-isu yang tengah ramai diperbincangkan, salah satunya adalah beauty privilege. Yaitu istilah yang menggambarkan kemudahan seseorang dalam menjalani hidup jika memiliki paras menawan. 

Karena adanya beauty privilege ini, praktik operasi plastik menjadi tindakan yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Korea Selatan. Mengingat, Negeri Ginseng tersebut memiliki standar kecantikan yang tinggi sekali. Menyinggung fenomena ini, ada lima judul drama Korea yang mengangkat isu beauty privilege. Apa saja dan apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan penampilan yang memesona? Keep scrolling!

1. Birth of Beauty

5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Beauty Privilege, Wajib Nonton!  asianwiki.com

Tayang pada tahun 2014 silam, drama ini berhasil mencapai rating yang cukup tinggi berkat alur ceritanya yang menarik. Sa Geum Ran (Ha Jae Sook) diceraikan oleh suaminya, Lee Kang Joon (Joong Gyu Woon) karena memiliki tubuh berisi, dan sang suami memilih bersama perempuan lain.

Tak terima dengan perlakukan suaminya, Sa Geum Ran memutuskan untuk mengubah bentuk fisiknya dengan melakukan tindakan operasi plastik, liposuction, dan implan. Namun, permasalahan lain muncul ketika ia berhasil memenuhi beauty standard perempuan Korea.

2. Oh My Venus

5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Beauty Privilege, Wajib Nonton!  aminoapps.com

Drama yang sukses bikin baper penonton ini menceritakan Kang Joo Eun (Shin Min Ah) yang dulunya merupakan gadis cantik dan langsing, namun seiring berjalannya waktu bentuk tubuhnya berubah menjadi lebih berisi dan nggak sehat. Dengan tubuh gempalnya tersebut, Joo Eun diputuskan oleh sang kekasih.

Hal itulah yang menjadi alasan Joo Eun untuk mengembalikan kecantikan yang dulu pernah dimilikinya. Untuk itu, ia mengubah pola hidupnya dengan menjalankan diet ketat dan olahraga yang dibantu oleh pelatih pribadi, Kim Young Ho (So Ji Sub). Ia hanya mengonsumsi makanan sehat yang dipilih oleh pelatihnya dan berolahraga hampir setiap hari. Dari situlah, kisah romantis mereka dimulai!

3. She Was Pretty

5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Beauty Privilege, Wajib Nonton!  hanstyle.blog

Drama ini mengangkat isu beauty privilege yang berhasil mencuri perhatian. Menceritakan Ji Sung Joon (Park Seo Joon) yang memiliki tubuh chubby ketika kecil, kala itu ia berteman dengan perempuan cantik nan populer, bernama Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum). Keduanya harus berpisah karena Sung Joon pindah ke Amerika Serikat.

Setelah 15 tahun berlalu, Sung Joon kembali ke Korea Selatan dengan paras yang lebih tampan dan mapan. Berbeda dengan Hye Jin yang justru tampil tidak secantik dulu. Rambutnya menjadi lebih keriting dan pipinya dipenuhi noda merah, dan tidak sesuai dengan standar kecantikan pada umumnya. 

Singkat cerita, Kim Hye Jin mulai memerhatikan penampilan. Ia menata rambutnya menjadi lebih rapi, memoleskan makeup untuk menutupi kekurangan di kulitnya, dan mengenakan pakaian yang lebih menawan. Untuk tahu cerita lebih lengkapnya, langsung nonton aja ya! 

4. My ID is Gangnam Beauty

5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Beauty Privilege, Wajib Nonton!  pinterest.com

Diangkat dari webtoon dengan judul yang sama, serial yang tayang pada tahun 2018 lalu ini masih sering dibicarakan sampai sekarang. Kang Mi Rae (Lim Soo Hyang) merupakan gadis pemalu dan memiliki paras yang kurang menawan. Akibatnya, ia sering mendapatkan perundungan karena tak sesuai dengan standar kecantikan. 

Ketika lulus SMA dan masuk ke perguruan tinggi, Mi Rae memutuskan untuk melakukan operasi plastik, mulai dari lipatan mata, hidung, hingga rahang. Wajahnya jadi terlihat lebih memesona setelah melakukan operasi plastik. Namun, kecantikan yang ia miliki ternyata tak cukup membuatnya diterima oleh lingkungan.

5. True Beauty

5 Drama Korea yang Mengangkat Isu Beauty Privilege, Wajib Nonton!  instagram.com/tvndrama.official

Nah, terakhir adalah drama yang masih on going yaitu True Beauty. Diadaptasi dari webtoon, serial ini mengisahkan Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) yang selalu mendapatkan perundungan dari teman-teman dan keluarganya karena memiliki paras yang kurang menawan. 

Untuk mengubah itu semua, Ju Kyung memutuskan untuk mulai belajar mengaplikasikan makeup dengan menonton video tutorial di Youtube. Meski awalnya sempat gagal karena terlalu berlebihan, akhirnya Ju Kyung berhasil menutupi kekurangannya tersebut dan dijuluki “goddess” oleh teman-temannya. 

Tetapi, ia tak pernah percaya diri dan selalu menutupi wajahnya dengan pulasan makeup. Namun, di beberapa kesempatan, lelaki populer di sekolahnya, Lee Su Ho (Cha Eun Woo) justru sering bertemu dengannya dalam keadaan bare face. Mulai dari situlah cerita romansa mereka mulai terbentuk. Sssst.. ada second lead yang bikin hati penonton goyah, lho!

So, itu dia lima drama Korea populer yang mengangkat isu beauty privilege. Meski dikemas dengan cerita yang ringan, tetapi banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kita petik. Kamu udah nonton yang mana aja nih, Bela? 

Baca Juga: Totalitas, 9 Aktris Ini Tampil dengan Rambut Keriting di Kdrama 

Baca Juga: Bikin Pangling, Begini Transformasi 9 Aktris di Drama Korea 

Baca Juga: Patahkan Standar Kecantikan Korea, 7 Seleb Ini Berani Tampil Beda