Di era yang serba cepat dan praktis seperti saat ini, banyak perempuan yang memutuskan untuk melakukan sambung bulu mata atau biasa disebut dengan eyelash extension. Tak hanya praktis, eyelash extension juga membuat penampilan kamu makin on point dan mata terlihat lebih indah.

Namun, menggunakan eyelash extension membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Jika tak dirawat, maka bulu mata menjadi mudah rontok dan rusak dalam waktu yang singkat. Nggak mau kan hal tersebut terjadi? Untuk itu, sebaiknya selalu rawat keindahan dan kebersihan eyelash extension dengan tujuh tips cara merawat eyelash extension di bawah ini!

1. Hindari terkena air di awal pemasangan

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamatheurbanlist.com

Setelah pemasangan eyelash extension, sebaiknya hindari bulu mata terkena air dalam kurun waktu 24 jam. Hal ini harus dilakukan karena lem yang digunakan untuk menyambung bulu mata belum kering sempurna. Oleh karena itu, jika kamu mencuci muka pastikan tak terkena area mata. 

2. Jangan menggosok mata

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamanytimes.com

Jangan menggosok mata terlalu keras ketika memasang eyelash extension. Karena dapat memicu bulu mata sambungan dan alami mudah rontok. Lalu jika mata terasa gatal dan kotor apa yang harus dilakukan? Kamu bisa gunakan cutton bud dan bersihkan bulu mata secara perlahan. 

3. Rutin menyisir bulu mata

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamaebenezereyelash.com

Selanjutnya, untuk merapikan bulu mata yang miring atau kusut, kamu bisa rutin menyisir bulu mata menggunakan spoolie brush. Hal ini bisa dilakukan setelah bangun tidur, setelah mandi atau mencuci wajah. Pastikan menyisir bulu mata dengan sangat lembut. 

4. Perhatikan jenis cleanser yang digunakan

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamarealsimple.com

Cleanser mengandung minyak dapat merusak lem yang digunakan untuk menyambung bulu mata. Jadi disarankan untuk menggunakan cleanser berbasis air, seperti micellar water. Selain itu, jangan lupa rutin membersihkan bulu mata setelah beraktivitas agar bebas dari bakteri dan kotoran. 

5. Hindari makeup mata yang waterproof

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamapopsugar.com

Riasan mata yang waterproof harus dibersihkan menggunakan cleanser yang mengandung oil dan digosok. Jika hal ini kamu lakukan, tentu eyelash extension akan mudah rontok dan tidak akan bertahan lama. Kalau ingin menggunakan makeup, sebaiknya pilih riasan yang mudah dibersihkan, ya! 

6. Jangan mencabut eyelashes extension sendiri

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamamedicalnewstoday.com

Pasti bete banget kan kalau eyelash extension sudah mulai tak rapi dan arahnya sudah miring? Kadang, kondisi seperti ini membuat tangan menjadi 'gatal' untuk mencabut bulu mata. Tapi ada baiknya kamu hindari karena akan membuat bulu mata alami kamu lepas. So, jika sudah tak sabar ingin berhenti menggunakan eyelash extension, kamu bisa meminta lashtician untuk melepas bulu mata sambung tersebut. 

7. Pastikan posisi tidur tak merusak bulu mata

7 Cara Merawat Eyelash Extension agar Awet dan Tahan Lamapinterest.com

Jika terbiasa tidur dalam posisi tengkurep, mungkin memasang bulu mata sambung bukan solusi untuk kamu. Karena, demi menjaga eyelash extension selalu on point dan awet, kamu harus memastikan bahwa posisi tidur tak merusak bulu mata. Untuk itu, posisi tidur yang paling aman adalah telentang. 

Jadi itu dia tujuh cara merawat eyelash estension agar awet dan tahan lama. Sekarang kamu sudah tahu cara-cara yang tepat agar eyelash extension-mu selalu on point tanpa sering touch up! 

Baca Juga: 5 Tips Pakai Maskara Untuk Hasil Seperti Eyelash Extension

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Melakukan Eyelash Extension

Baca Juga: Nggak Cuma Natural, Kenali Jenis 5 Eyelash Extension Berikut Ini