Riasan mata yang tegas dan hidup akan menyempurnakan penampilan kamu. Selain eyeshadow dan mascara, eyeliner juga memiliki peranan penting karena akan memberikan kesan mata yang lebih tajam dan menawan. Namun, nggak sedikit yang mengeluh akan susahnya menggunakan eyeliner. Bukannya makin kece, justru merusak penampilan!
 
Eits, tak perlu khawatir lagi. Jika kamu sering berlatih, pasti proses memakai eyeliner jadi menyenangkan dan bikin penampilan makin wow! Nah, untuk itu, kamu bisa rutin mencoba cara memakai eyeliner yang mudah untuk pemula a la Popbela. Nggak hanya simpel, namun juga anti gagal. Gimana aja sih caranya? Scrolling artikel ini yuk!

1. Pilih jenis eyeliner

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / oto-7.top

Penting banget memilih eyeliner yang bentuknya sesuai dengan preferensi kamu. Ada yang lebih suka gel eyeliner, pencil eyeliner ataupun berbentuk seperti spidol. Jika kamu pemula, Popbela menyarankan mencoba spidol liner yang memiliki ujung tipis, sehingga mudah diaplikasikan ke mata. Selain itu, eyeliner spidol juga hadir dengan kemasan yang praktis. 

2. Posisikan tangan dan kepala dengan benar

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / freepik.com

Agar hasilnya lebih presesi, ketika memakai eyeliner pastikan posisi tangan dan kepala kamu sudah benar. Biar lebih stabil, gambar eyeliner dengan posisi duduk dan letakan tangan pada meja. Hal ini bisa meminimalisir kesalahan dan hasil lebih maksimal. Jangan lupa untuk menyiapkan cermin, ya!

3. Dekatkan wajah ke cermin dan sedikit mendongak

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / freepik.com

Ketika mengaplikasikan eyeliner, kamu bisa mendekatkan wajah ke cermin dan dongakan sedikit kepala. Hal ini membuat kamu lebih jelas melihat garis mata dan area mana saja yang ingin digambar. Sehingga hasilnya akan lebih bagus dan rapi. 

4. Buat garis putus-putus terlebih dahulu

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / laneige.com

Sepertinya cara ini masih dianggap paling mudah untuk mendapatkan bentuk eyeliner yang presisi. Kamu bisa menggambar garis putus-putus mulai dari ujung dalam mata, tengah, hingga ujung luar. Penting untuk menyamakan bentuk garis putus-putus pada mata kiri dan kanan.

5. Tarik garis tipis

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / bhg.com

Ini adalah tahapan yang paling menentukan. Saatnya kamu menyambungkan garis putus-putus yang sudah digambar. Untuk meminimalisir kesalahan, tarik garis tipis terlebih dahulu, ya. Jika sudah yakin, tebalkan secara perlahan hingga mendapatkan bentuk yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan eyeliner tepat di garis tumbuhnya bulu, agar tidak ada gap antara eyeliner dan mata.

6. Gunakan cotton bud atau concealer jika ada kesalahan

Begini Cara Memakai Eyeliner yang Mudah untuk PemulaCara Memakai Eyeliner yang Mudah Untuk Pemula / pinterest.com

Wajar bagi pemula untuk melakukan kesalahan. Nggak perlu buru-buru menyerah, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk menghapus bagian yang dianggap kurang bagus. Untuk kesan yang lebih clean lagi, aplikasikan concealer dan di-blend agar hasilnya lebih natural.

So, itu dia cara memakai eyeliner yang mudah untuk pemula. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk rajin berlatih ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Eyeliner Spidol Lokal yang Anti Luntur 

Baca Juga: 12 Gaya Eyeliner Sesuai dengan Zodiak Kamu

Baca Juga: Biar On Point, Begini Cara Bikin Winged Eyeliner yang Sempurna