Kini, dunia kecantikan semakin berkembang. Sehingga, tidak sedikit jenis makeup yang baru diluncurkan beberapa tahun terakhir. Sebut saja seperti tinted moisturizer, CC cream, hingga cushion. Nah, biar kamu nggak salah pilih dan bisa disesuaikan dengan jenis kulit, sebaiknya ketahui dulu perbedaan dari tujuh jenis complexion di bawah ini! 

1. Tinted moisturizer

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!etonline.com

Bagi kamu yang menyukai riasan praktis tapi efektif memberikan kesan kulit flawless, tinted moisturizer bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini merupakan gabungan antara pelembap dan tint yang umumnya memiliki coverage yang sheer. Teksturnya lebih ringan dibandingkan foundation, nyaman untuk sehari-hari dan cocok untuk kulit yang cenderung kering. 

2. BB Cream

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!stylecaster.com

Blemish balm atau yang biasa dikenal dengan nama BB cream merupakan foundation versi lebih ringan. Dengan tingkat coverage yang medium, BB cream mampu menyamarkan imperfection di wajah seperti jerawat, bekas jerawat, dan freckles

Penggunaan BB Cream lebih disarankan untuk kamu yang memiliki kulit normal to dry karena dapat menghidrasi kulit secara sempurna. Nggak jarang, BB cream mengandung SPF yang dapat melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar matahari. 

3. CC Cream

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!independent.co.uk

Berbeda dengan BB cream, CC cream merupakan kepanjangan dari Color Correcting. Seperti namanya, CC cream diciptakan untuk mengoreksi warna kulit seperti kemerahan, kusam, warna kulit tidak rata. Jika dibandingkan dengan BB cream, CC cream memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga kurang maksimal untuk menutupi imperfection. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit. 

4. DD Cream

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!pinterest.com

Daily Defense atau yang biasa disingkat DD cream mengandung primer, pencerah, pelembap, serum, bahkan anti aging yang dapat mengoreksi warna kulit sekaligus menutupi ketidaksempurnaan pada kulit. Teksturnya terasa lebih berat dibandingkan BB cream atau CC cream, tapi tetap nyaman digunakan sehari-hari. Produk ini bisa banget digunakan untuk semua jenis kulit. 

5. Cushion

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!thedollsfactory.com

Cushion pertama kali diperkenalkan oleh industri kecantikan Korea Selatan. Kini, sudah banyak brand kecantikan yang meluncurkan BB cushion, CC cushion, dan cushion foundation. Kelebihan produk ini adalah praktis dan cocok untuk touch up karena memiliki kemasan mirip seperti compact powder, namun lebih bulky. Lalu, di dalamnya sudah terdapat kaca dan spons. 

6. Concealer

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!hudabeauty.com

Produk ini diciptakan khusus untuk menyamarkan kekurangan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, noda hitam, dan bekas jerawat. Umumnya concealer memiliki tekstur yang thick dan full coverage. Produk ini bisa digunakan bersamaan dengan complexion lainnya atau single use.  

7. Foundation

Biar Nggak Salah Pilih, Ketahui Dulu Perbedaan 7 Jenis Complexion Ini!etonline.com

Foundation merupakan jenis complexion yang paling umum digunakan banyak orang. Complexion satu ini memiliki fungsi utama untuk menyamarkan noda pada kulit dan meratakan warna kulit sehingga kulit tampak lebih sempurna. 

Kini, coverage yang ditawarkan pun semakin beragam mulai dari sheer hingga high coverage. Hasil akhirnya pun cukup berbeda mulai dari dewy, satin, dan matte. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis kulit dan hasil akhir yang disukai. 

Itulah tujuh jenis complexion dan perbedaannya. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Kulit Cerah dan Bersinar dengan 7 Rekomendasi Serum Vitamin C Lokal

Baca Juga: Aman dan Nyaman, Ini Rekomendasi 7 Foundation Lokal yang Halal 

Baca Juga: Dapatkan Dewy Skin Look dengan 7 Rekomendasi Tinted Moisturizer Ini