Nggak melulu tentang kemewahan dan kekuasaan, semua anggota kerajaan Inggris harus tunduk pada berbagai macam aturan. Selain gaya pakaian dan tata krama, ternyata ada pula aturan kecantikan yang harus dipatuhi oleh semua perempuan kerajaan.

Mulai dari pemilihan warna cat kuku, gaya makeup, hingga tatanan rambut sudah diatur pihak kerajaan. Namun, berbeda dengan kakak ipar dan keluarga kerajaan lainnya, Meghan Markle justru beberapa kali tertangkap kamera kerap melanggar aturan tersebut.

Istri dari Prince Harry ini pernah menyapukan cat kuku berwarna gelap, menggunakan lip gloss, hingga tampil dengan gaya rambut messy bun yang tidak sesuai dengan aturan kecantikan kerajaan.

Hmm, nampaknya masuk ke keluarga kerjaan Inggris memang tak mudah ya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut tujuh aturan kecantikan kerajaan Inggris yang wajib dipatuhi! 

1. Tatanan rambut harus terlihat alami dan rapi

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Marklepopsugar.com

Mencerminkan sikap bangsawan, anggota kerajaan tidak boleh tampil dengan gaya rambut yang terlalu heboh. Mereka dituntut untuk membiarkan rambut terlihat rapi, mudah diatur, dan natural. Itulah mengapa perempuan kerjaan tidak pernah tampil standout dengan gaya rambut yang ekstrem, termasuk messy bun. 

2. Mengenakan hairnets dianggap penting

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Markleevoke.ie

Masih dari area rambut, hairnets merupakan aksesoris rambut yang penting bagi keluarga kerajaan. Pasalnya, rambut mereka harus terlihat rapi dan indah bahkan ketika mengenakan aksesoris. Nah, hairnets membuat tatanan rambut mereka tetap terlihat anggun dan menawan. 

3. Riasan mata dan bibir dibiarkan tetap natural

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Markleinsider.com

Selanjutnya, perempuan kerajaan harus mempertahankan riasan mata dan bibir tetap terlihat natural. Untuk itu kamu nggak pernah melihat anggota kerajaan kenakan winged eyeliner, eyeshadow atau lipstik berwarna mencolok, dan bulu mata palsu. Untuk mempercantik mata, mereka hanya diperbolehan menggunakan eyeshadow natural dan maskara, sedangkan lipstik diharuskan berwarna nude dan pink natural. 

4. Riasan wajah tak boleh berlebihan

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Marklewomanandhome.com

Sama dengan riasan mata dan bibir, untuk makeup pada bagian wajah juga tidak boleh berlebihan. Pulasan contour yang tajam atau foundation tebal tidak boleh dilakukan. Untuk memberikan kesan segar, mereka hanya diperbolehkan menyapukan blush on natural. Hebatnya lagi, aturan ini juga berlaku bagi anggota kerajaan di hari pernikahan.

5. Tidak boleh memperbaiki riasan di depan umum

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Marklepopsugar.com

Meski terdengar sepele, nyatanya memperbaiki riasan di depan umum juga dilarang, lho. Jika mengeluarkan cermin dan melakukan touch up, perilaku tersebut dianggap tidak sopan dan tak menunjukan sikap seorang bangsawan. Sehingga, para penata rias harus memastikan produk makeup yang diaplikasikan ke keluarga kerajaan longlasting dan tidak mudah luntur. 

6. Kuku harus dalam keadaan pendek dan bersih

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Marklerd.com

Nggak hanya soal riasan wajah, bentuk kuku para keluarga kerajaan juga ada aturannya. Semua perempuan dilarang memiliki kuku panjang dan kotor. Oleh karena itu, mereka nggak pernah lupa untuk memotong kuku dan menghindari pengunaan kuku palsu.

7. Hanya boleh menggunakan cat kuku berwarna pink terang

7 Aturan Kecantikan Kerajaan Inggris, Ada yang Dilanggar Meghan Marklestylecaster.com

Lupakan cat kuku berwarna merah, ungu, atau coklat ketika menjadi anggota kerajaan. Pasalnya, mengecat kuku dengan warna-warni yang berani tidak boleh dilakukan. Mereka hanya diperbolehkan menggunakan warna merah muda yang terang seperti yang dilakukan oleh Ratu Elizabeth II sepanjang hidupnya.

Wah, banyak banget ya aturannya? Meski begitu, siapapun pasti mengakui bahwa semua perempuan kerajaan Inggris memiliki kecantikan alami!  

Baca Juga: 5 Tradisi Kerajaan yang Dilanggar Meghan Markle dan Pangeran Harry

Baca Juga: Mewah dan Megah, Intip 11 Pesona Pernikahan Anggota Kerajaan Inggris

Baca Juga: 7 Fakta Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle Hengkang dari Kerajaan