Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasanmu tampak natural. Jika kamu memilih shade foundation yang terlalu terang atau terlalu gelap, kulitmu akan tampak belang sehingga riasan bisa jadi tampak menarik bahkan bisa membuat wajah terlihat kusam. Namun kamu tidak perlu khawatir, Popbela akan membagikan enam tips memilih foundation yang tepat agar sesuai dengan warna kulitmu. Penasaran apa saja tipsnya? Simak baik-baik, ya!

1. Ketahui undertone kulit terlebih dahulu

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmuasos.com

Tips pertama untuk memilih foundation yang tepat adalah ketahui undertone atau warna dasar kulitmu. Undertone dibagi menjadi tiga tipe, jika urat nadimu berwarna hijau, kamu memiliki undertone tipe warm tone. Untuk urat nadi warna biru, merupakan tipe cool tone. Namun, jika kamu merasa memiliki keduanya maka termasuk dalam neutral tone. Perlu diketahui, bahwa beberapa produk memang mengelompokkan shade foundation berdasarkan undertone, sehingga metode ini akan membantu mempersempit pilihanmu.

2. Cobalah beberapa shade foundation secara bersamaan

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmuinstyle.com

Setelah mendapatkan foundation dengan undertone yang sesuai dengan kulitmu, cobalah beberapa shade tersebut secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk membandingkan shade warna mana yang paling cocok di kulitmu. Jangan sampai kamu tidak mencobanya karena shade yang terlihat pada botol tidak selalu sesuai saat dioleskan ke kulit.

3. Aplikasikan foundation pada bagian rahang atau leher

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmuinstyle.com

Setelah menentukan warna apa saja yang akan dicoba, kini saatnya untuk mencoba foundation langsung pada kulitmu. Ternyata, tempat terbaik untuk mencoba foundation adalah di daerah sekitar rahang atau lehermu. Jadi, disarankan untuk tidak mencoba foundation pada bagian tangan, ya! Menerapkan foundation di bagian rahang atau bawah rahang akan lebih ampuh untuk menemukan shade yang sesuai dengan kulitmu.

4. Biarkan foundation menempel pada kulit untuk beberapa saat

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmudermablend.com

Perlu diketahui bahwa beberapa produk foundation memiliki efek oksidasi, yaitu warna berubah menjadi lebih gelap setelah beberapa saat. Jadi pastikan untuk membiarkannya selama beberapa menit sebelum kamu memutuskan untuk membeli foundation tersebut. Jika foundation yang ingin kamu beli memiliki efek oksidasi, maka disarankan untuk memilih shade yang setengah atau satu tingkat lebih terang dari yang aslinya agar tetap sesuai dengan jenis kulitmu.

5. Pilihlah shade yang paling menyerupai dengan warna kulitmu

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmuthelist.com

Tentu, terdapat banyak shade foundation, namun jika kamu masih belum menemukan shade yang sesuai dengan warna kulitmu, tidak perlu khawatir lagi! Pilihlah shade yang paling mendekati dengan warna kulitmu. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan gaya riasanmu, lho! Bagi kamu yang lebih menyukai riasan Korea, disarankan untuk memilih shade yang sedikit lebih terang dari warna kulit aslinya, sedangkan untuk riasan barat disarankan untuk memilih shade yang lebih gelap.

6. Coba lakukan di tempat yang terang

6 Tips Memilih Foundation yang Tepat Agar Sesuai dengan Warna Kulitmulorealparisusa.com

Sebelum mengaplikasikan foundation pada wajah, pastikan untuk mencari tempat yang lebih terang. Jika kamu menggunakan foundation di tempat yang gelap, maka kemungkinan besar warna kulitmu akan tampak lebih gelap atau sebaliknya. Hal tersebutlah yang akan membuatmu salah memilih shade foundation.

So, itu dia enam tips memilih foundation yang tepat agar sesuai dengan warna kulitmu. Jangan sampai asal pilih shade foundation ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Tips agar Foundation Kamu Tampak Flawless

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengatasi Foundation yang Oksidasi

Baca Juga: 7 Rekomendasi Foundation Lokal yang Cocok untuk Remaja, Wajib Coba!