Lipstik adalah produk kosmetik yang tidak bisa lepas dari wanita. Kini lipstik pun sudah menjadi simbol kecantikan.

Di Inggris lipstik mulai dikenal dan dipakai pada abad ke-16. Pada awalnya lipstik hanya dipakai oleh wanita berkulit putih. Namun, seiring berkembangnya kesetaraan ras, yang berwarna sawo matang juga mulai memakai lipstik sebagai salah satu cara meningkatkan kecantikan mereka.

Bagi beberapa wanita yang memiliki kulit cerah mungkin tidak terlalu sulit dalam memilih warna lipstik yang tepat. Namun, untuk wanita Indonesia yang kebanyakan memiliki kulit sawo matang, kamu harus jeli dalam memilih warna lipstik agar terlihat lebih menawan.

Berikut tips memilih warna lipstik untukmu yang memiliki kulit sawo matang.

1. Pertama, kamu harus kenali undertone kulit

5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo Matangbrijohnson.com

Saat akan membeli lipstik, pertama kamu harus mengenali dulu warna kulitmu. Cara paling mudah untuk mengenali warna kulitmu yaitu dengan memperhatikan undertone kulit. Jika kulit kamu berwarna merah itu termasuk kulit hangat. Jika kulit berwarna biru berarti kamu berkulit dingin. Ini bisa kamu jadikan patokan untuk memilih warna lipstik yang sempurna untuk bibirmu.

2. Kemudian, pilih warna lipstik yang tepat. Coba lipstik nude

5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo MatangElle.com

Jika kamu sudah mengetahui warna kulit, barulah kamu bisa menentukan warna lipstik mana yang cocok. Warna lipstik yang terlalu pucat bisa membuat bibir tampak kering. Sebaliknya warna lipstik yang cerah akan terlihat cantik saat dipadu dengan kulit gelap.

Jika kamu ingin memilih warna nude, pastikan jangan pilih warna yang terlalu terang. Mengapa? Karena akan membuat bibir kamu terlihat pucat pasi. Kamu bisa pilih warna nude yang bernuansa keunguan, merah atau oranye.

3. Kemudian, kamu juga harus tahu lipstik Plum

5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo MatangByrdie.com

Warna plum atau ungu tak pernah gagal dipadu dengan warna kulit apa pun. Kamu yang memiliki jenis kulit sawo matang akan sangat cocok menggunakan warna ini karena akan membuat kulitmu tampak lebih cerah.

4. Berikutnya, coba deh lipstik cerah

5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo Matangjamienelsonphoto.blogspot.com

Tidak perlu takut memakai lipstik dengan warna cerah bila kulit kamu sawo matang. Lipstik warna cerah juga bisa mencerakan kulit kamu yang gelap. Selain itu lipstik warna cerah akan memberikan kesan bibir yang seksi.

5. Atau kamu bisa coba banyak warna masing-masing orang

5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo MatangYouTube.com

Sebelum membeli lipstik, pasikan kamu sudah melakukan tes dengan mencoba menorehkan berbagai produk pada kulitmu. Hal ini bisa berguna untuk mengetahui cocok tidaknya warna tersebut di kulit kamu. Mencoba tes lipstik langsung di bibir akan lebih baik dari pada hanya sekedar mencobanya pada punggung tangan.

Nah, tunggu apa lagi, kamu gak perlu bingung-bingung lagi deh! Selamat mencoba ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Trik Jitu Membeli Lipstik buatmu yang Berkulit Sawo Matang!"

Baca Juga: 8 Rekomendasi Warna Blush On untuk Kulit Sawo Matang