BeautyFest Asia 2022 tinggal menghitung hari lagi, nih, Bela. Dalam BeautyFest Asia tahun ini, Popbela Beauty Award datang lagi untuk memberikan penghargaan pada brand serta produk kecantikan terbaik yang paling diminati publik. 

Pada Jumat (9/9/2022) yang lalu, Popbela mengundang puluhan ahli di bidang kecantikan, mulai dari Make Up Artist (MUA) hingga influencers untuk memilih ratusan brand kecantikan yang layak untuk masuk nominasi di Popbela Beauty Award 2022. 

Salah satu expert yang hadir adalah Ira Sumardi, MUA terkenal yang sudah jadi langganan para artis Tanah Air. Dalam pertemuan di Judges Gathering ini, Popbela berkesempatan mewawancarai Ira tentang beauty standard dan tantangannya selama berkarier.

Sempat alami insecurity, Ira membagikan bagaimana ia mengatasinya serta memberikan pesan bahwa beauty standard itu tidak bisa digeneralisasikan. Berikut pesan Ira Sumardi tentang beauty standart dan atasi tantangan berkarier. 

Beauty standard adalah tentang menemukan nilai plus dalam diri

Ira Sumardi Bicara Tentang Beauty Standard dan Personal ValueDok. BeautyFest Asia by Popbela.com

Menurut Ira Sumardi, cantik bukanlah segala sesuatu yang berkaitan tentang penampilan, entah itu bentuk tubuh, kulit, atau wajah. Setiap orang punya kecantikan yang berbeda. Kecantikan adalah tentang menemukan nilai tambah dalam diri sendiri.

Saat kita tahu apa nilai tambah dalam diri kita, misalnya kamu memiliki senyum yang manis, kamu bisa mempertahankan itu. Setiap kekurangan kita, bisa kita tutupi dengan kelebihan yang ada pada diri kita. 

Ira juga mengatakan bahwa kini telah banyak produk untuk menutupi apa yang menjadi kekurangan dalam penampilan. Contohnya, ada banyak maskara, eyelash hingga eyeshadow untuk membentuk penampilan mata. Jadi, yang paling penting adalah temukan poin plus dalam dirimu. 

Mencintai diri sendiri itu penting

Ira Sumardi Bicara Tentang Beauty Standard dan Personal ValueDok. BeautyFest Asia by Popbela.com

Ira juga berpesan untuk mencintai diri sendiri. “Kamu tidak bisa menjadi saya, saya tidak bisa menjadi kamu” kata Ira. Hanya ada satu diri kita dan orang lain tak akan bisa menjadi kita, begitu juga sebaliknya, kita tak bisa menjadi orang lain. 

Oleh karena itu, cintailah diri sendiri sehingga kamu mengenal dirimu dan bisa menemukan mana kelebihan dan kekuranganmu meresponnya secara positif. Rasa kurang percaya diri wajar di alami, terlebih sebagai wanita yang nantinya akan hamil dan melahirkan. Perubahan tubuh mungkin terjadi dan tidak sama lagi. Tapi, Ira berpesan untuk tidak khawatir karena semua itu punya jalannya sendiri untuk dihadapi dan dijadikan sesuatu yang lebih baik lagi. 

Selama berkarier, Ira juga bercerita sering bertemu dengan klien yang merasa insecure dengan penampilannya. Namun, sebagai make up artist ia tahu apa yang harus ia lakukan dan memberi semangat serta pesan positif pada kliennya bahwa semua bisa dipoles untuk terlihat bagus, terutama di depan kamera. Intinya adalah percaya diri dan menerima diri sendiri dahulu.

Pernah mengalami tantangan dalam karier yang membuat insecure

Ira Sumardi Bicara Tentang Beauty Standard dan Personal ValueDok. BeautyFest Asia by Popbela.com

Sebagai profesional make up artist, Ira Sumardi juga pernah mengalami insecure dalam karier yang menjadi tantangannya. Baginya, bertemu klien dengan tekstur wajah yang kurang bagus, berjerawat, keriput atau lainnya bukanlah sebuah masalah. 

Justru, klien yang memberi tantangan dan membuatnya cukup kurang percaya diri adalah kala mereka banyak mau dan mengajari hingga ingin didandani dengan gaya yang bukan ciri khas Ira Sumardi. 

Ira sendiri memiliki ciri khas makeup natural yang menonjolkan tekstur "look like skin." Meski begitu, Ira tetap bisa bermain warna hingga riasan bold tanpa meninggalkan ciri khas asli dari gaya makeup Ira Sumardi. 

Tentunya menghadapi klien yang menantang cukup membuat Ira bertanya-tanya mengapa memilihnya, tak hanya Ira, para Make Up Artist lain pun pasti akan bersikap sama. Namun, cara Ira menghadapi klien tersebut adalah dengan perlahan menerima maksud klien dan mulai merias menyesuaikan permintaan klien. 

Meski tidak sesuai dengan gaya Ira, namun ia tetap memadupadankan ciri khas riasannya, serta keinginan klien, dan kondisi klien itu sendiri sehingga menjadi penampilan yang memuaskan, terlihat baik serta pas.

Campaign "I am real"

Ira Sumardi Bicara Tentang Beauty Standard dan Personal ValueDok. BeautyFest Asia by Popbela.com

Selaras dengan campaign Popbela "I am real", Ira Sumardi sangat mendukung hal tersebut. Menurut pendapatnya, kampanye seperti ini bagus dan bisa berfungsi sebagai wadah untuk empowering woman.

Itulah pesan Ira Sumardi terkait beauty standard dan mengatasi insecure dalam berkarier khususnya dalam bidang kecantikan. Jangan lupa untuk datang ke acara BeautyFest Asia by Popbela pada 14, 15, 16 Oktober 2022 mendatang di Kota Kasablanka, Jakarta. Kami tunggu kedatanganmu, Bela, jangan lupa ajak semua bestie-mu, ya!

Baca Juga: Popbela Beauty Awards Kembali Hadir Di Rangkaian BeautyFest Asia 2022

Baca Juga: Beauty Standard Tak Lagi Relevan? Ini Kata Filisya Thunggawan

Baca Juga: Pesan Rachel Amanda Tentang Beauty Standard & Inklusivitas