Rasanya sudah mutlak kalau cewek paling nggak bisa keluar rumah tanpa ada sentuhan makeup di wajahnya. Dari kacamata beauty influencer, kita semua pasti tahu kalau ritual makeup terkadang cukup memakan waktu yang lama dan banyak banget produknya. Sekadar tips, kamu hanya perlu andalkan makeup yang penting-penting saja kok, misalnya foundation. Nah, biar nggak berlebih dan terkesan ‘dempulan’, pastikan kamu ikuti beberapa tips berikut ini ya.

1. Pakai face spray untuk basahi sponge

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation Inimomtastic.com

Berbagai cara sebenarnya bisa kamu lakukan untuk memulaskan foundation ke area wajahmu, tapi salah satu yang paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan sponge. Kalau kamu biasanya pakai air untuk membasahi sponge-mu, coba deh mulai sekarang coba untuk membasahinya dengan face spray. Ini bisa menyulap makeup-mu agar tahan lebih lama.

2. Foundation yang banyak bukan berarti tahan lama

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation Inibeautyheaven.com

Ini dia nih, salah satu pandangan yang sering salah kaprah. Kalau kamu pernah terbesit bahwa pemakaian foundation yang banyak bisa bikin makeup-mu tahan lama, kamu salah besar. Sebab faktanya, foundation yang berlebihan justru meninggalkan kesan dempul di wajahmu. Pakai sedikit pun bisa tahan lama kok, asalkan kamu nggak mengusapnya tetapi cukup dengan ditepuk-tepuk secara perlahan.

Belakangan ini, Popbela lagi ketagihan menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation. Sesuai namanya, foundation ini bisa bikin makeup-mu stay on hingga 12 jam dengan hasil matte. Belum lagi, tingkat coverage-nya pun natural banget alias nggak terlihat dempul. Cocok banget nih buat kamu yang punya aktivitas padat dari pagi hingga malam, karena ini mengandung high UV protection dengan SPF 30 PA+++.

3. Sesuaikan dengan jenis dan tone wajah

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation Inidep365.com

Sepintas terdengar mudah, hanya memilih shade yang cocok dengan jenis dan tone kulit kita. Tapi faktanya ini susah-susah gampang, Bela. Perlu dicatat, pilihlah shade yang lebih terang satu level dari tone wajah asli kita. Jangan terlalu keputihan, dan  jangan terlalu kegelapan. Setidaknya antara shade foundation-mu dengan warna lehermu pun hampir sama.

Memang sih, mencari shade yang pas dengan kulit cewek-cewek Asia nggak mudah. Tapi sekarang kamu bisa bernapas lega nih, MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation punya shade yang lumayan banyak dan disesuaikan dengan skin tone tiap cewek. Buat kamu yang punya skin tone hangat bisa gunakan W22 Warm Ivory, W41 Coral Sand, W33 Honey Beige dan W42 Warm Sand. Selain warm, kamu yang punya kulit cenderung netral bisa gunakan N30 Natural Beige dan N10 Marble .Terakhir, kalau kulitmu cenderung cool, gunakan C21 Pink Ivory dan C62 Rich Cocoa. MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation juga bersifat ringan sehingga nyaman digunakan di wajah lho.

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation IniInstagram.com/Makeoverid

Sebelum kita membahas lebih jauh soal shade dari foundation, cek dulu skin tone kamu yuk. Caranya gampang kok. Cuci wajahmu hingga bersih dan biarkan kulit mengering dengan sendirinya selama 15 menit. Jangan gunakan pelembap/toner agar kulit tetap dalam kondisi netral.

Setelah itu, berdirilah di bawah sinar matahari yang netral tanpa bayangan dan pantulan warna lainnya. Sediakan kertas putih polos dan cermin, pegang kertas dan sejajarkan dengan wajah, amati warna kulit melalui cermin. Bandingkan dengan warna putih yang kontras pada kertas. Jika kulit kamu tampak kekuningan, maka kamu memiliki warm skin tone. Namun, jika kulit terlihat pinkish maka kamu memiliki cool skin tone. Nah, jika tidak ada perubahan apa pun, berarti kulitmu netral.

Tenang, ini bisa dipakai oleh semua jenis kulit juga kok, berkat oil control dan skin conditioning agent. Jadi sekarang sudah nggak ada alasan lagi ya, semua bisa dan cantik itu bukan hanya untuk cewek yang berkulit putih dan jenis kulit normal. You go girl!

4. Gunakan tisu sesudah memakainya

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation Inipopsugar.com

Tips selanjutnya, kamu bisa siasati makeup yang long-lasting dengan sehelai tisu. Setelah kamu selesai memakai foundation, kamu cukup menepuk-nepuk wajah dengan tisu bersih. Hal ini bisa membantumu untuk menyerap sisa-sisa foundation yang berlebih saat kamu memakainya. Ingat, hanya ditepuk ya bukan diusap, kalau kamu sering mengusapnya, ini justru membuatnya pudar dan nggak rata deh pulasan foundation-mu.

5. Sempurnakan dengan translucent powder

Jangan Kasih Kesan Dempul, Tiru 5 Tips Aplikasikan Foundation Iniinstagram.com/makeover

Last but not least, sempurnakan hasil makeup-mu dengan Powerstay Mattifying Transparent Powder by Make Over. Ini berguna untuk ‘mengunci’ makeup serta mengontrol minyak berlebih yang dapat menyebabkan oksidasi. Sering salah kaprah nih, banyak cewek yang justru mengaplikasikan translucent powder ini di beberapa area yang hanya menggunakan concealer. Padahal kamu harus menggunakannya di seluruh area wajah biar makeup-mu tetap on fleek seharian penuh.

Kalau kemarin kamu terlihat menor, lupakan. Sekarang nggak boleh mengulang hal yang sama ya, harus bisa tampil natural.