Dalam merias wajah, penggunaan foundation tentu tidak boleh dilewatkan. Selain membuat warna wajah jadi lebih rata, menggunakan makeup yang satu ini juga dapat memberi kesan halus dan mulus. Namun, diperlukan trik yang tepat dalam mengaplikasikannya. Agar hasil riasan terlihat sempurna, hindari tujuh kesalahan ini saat menggunakan foundation yah!

1. Kamu tidak menggunakan primer

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!millicentlambert.com

Banyak yang menggunakan foundation tanpa menggunakan pelembap dan primer terlebih dahulu. Padahal, agar makeup, seperti foundation, dapat menempel dengan sempurna, penggunaan primer sangat penting lho. Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, aplikasikan tipis pada seluruh wajah. Namun, jika kulitmu normal atau cenderung kering, cukup pakai sedikit di bagian t-zone.

2. Menggunakan aplikator yang salah

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!self.com

Mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari sebaiknya dihindari. Ini karena tangan mengandung banyak bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah. Sebaiknya gunakan aplikator khusus seperti spons atau beauty blender jika kamu ingin hasil yang lebih natural atau brush jika kamu ingin hasil akhir yang terlihat lebih high coverage.

3. Menggunakan produk terlalu banyak

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!tabatatimes.com

Tak sedikit juga yang menggunakan foundation berlapis-lapis demi menutupi kekurangan di wajah. Padahal selain memberi tampilan yang cakey pada wajah, menggunakan foundation terlalu banyak akan menyumbat pori-pori. Hal ini bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya lho.

4. Memakai foundation yang sudah kedaluwarsa

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!pinterest.com

Karena produknya masih banyak, nggak jarang orang masih terus-menerus menggunakan produk foundation walaupun sudah kedaluwarsa. Jika kamu melakukan hal ini, segera hentikan yah, Bela. Karena jerawat, ruam, rasa gatal dan kemerahan, serta berbagai masalah kulit lainnya bisa timbul . Nggak mau kan kulit wajah jadi rusak?

5. Tidak membaurkannya ke rahang dan leher

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!youtube.com

Salah satu kunci tampilan foundation yang sempurna adalah warnanya sama atau tidak belang dengan leher dan rahang. Oleh karena itu, pastikan kamu juga mengaplikasikan foundation di dua bagian tersebut.

6. Tidak menguncinya dengan bedak

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!socialmel.com

Foundation-mu sering luntur atau terhapus setelah beberapa jam pengaplikasian? Mungkin karena kamu tidak menggunakan bedak untuk menguncinya. Sapukanlah translucent powder yang tidak memiliki warna untuk set foundation-mu agar menempel jadi lebih tahan lama.

7. Menggunakan formula yang salah

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mengaplikasikan Foundation!pinterest.com

Penasaran kenapa foundation-mu tidak pernah bertahan lama atau justru membuat wajah jadi lebih berminyak atau kering? Ini tandanya kamu menggunakan formula yang salah. Jika kulitmu kering, kamu bisa memilih foundation berbentuk krim atau cair. Sedangkan jika kamu memiliki kulit kombinasi atau berminyak, jenis powder atau cair bisa jadi pilihan. Pastikan kamu memiliih yang oil-free dan memberikan hasil akhir yang matte.

Itu tadi tujuh hal yang wajib kamu hindari saat mengaplikasikan foundation-mu? Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: Jangan Langsung Dibuang, Ini Cara Menyiasati Foundation Keputihan​