Virus corona yang makin mewabah di Indonesia jelas membawa banyak dampak. Salah satunya ke bisnis lokal, nggak terkecuali beauty brand. Penjualan yang berkurang karena sepinya pengunjung di offline store jelas membawa kekhawatiran bagi para pemilik bisnis kecantikan lokal.

Lalu, apa yang dilakukan oleh BLP Beauty, Rollover Reaction, dan SASC dalam menghadapi pandemi global ini? Simak wawancara eksklusif Popbela bersama mereka di bawah ini ya!

1. Priscilla Pangemanan (Co-Founder SASC)

Virus Corona Mewabah, Begini Dampaknya ke Bisnis Kecantikan LokalInstagram.com/@priscillapangemanan

Apa yang dilakukan pertama kali ketika tahu virus corona ada di Indonesia?

"Yang pertama kali dilakukan pastinya cek keluarga di rumah dulu, make sure semua dalam keadaan sehat. Langsung browsing seputar info mengenai COVID 19 dari source yang credible dan berusaha tidak panik."

Berbicara tentang corona effect, bagaimana dampaknya terhadapa SASC? Apa yang dilakukan SASC agar customer tetap merasa aman dan nyaman saat berbelanja?

"Pastinya dampak dari penjualan offline/retail sangat dirasakan karena mall dan lainnya juga sepi pengunjung. Kita fokuskan tetap memberi pelayanan terbaik dari sisi online. Kita menawarkan free shipping nation wide untuk semua pembelian online (official website, tokped, shopee). Customer service via whatsapp juga tetap berjalan per normal hours walaupun SASC Team per 17 maret sudah work from home."

How do you stay fit during this corona issue?

"Dari segi konten, tim kami banyak menyebarkan positive/entertaining content dan memberikan info terkait bagaimana masyarakat bisa ikut berkontribusi membantu para tenaga medis dan lainnya dengan memberikan link-link penyaluran bantuan yang legit."

2. Dinar Amanda (Marketing & Creative Director Rollover Reaction)

Virus Corona Mewabah, Begini Dampaknya ke Bisnis Kecantikan LokalInstagram.com/@dinar.amanda

Apa yang dilakukan pertama kali ketika tahu virus corona ada di Indonesia?

"Aku ngikutin sudah dari awal Januari pas kejadian di Wuhan, dan pas WHO declare mengenai case ini aku tahu sooner akan berdampak ke Indonesia. Yang pertama dilakukan adalah beli hand sanitizer dan vitamin. Ngga merasa panik sih, cuma sedikit stres aja karena dampaknya ke bisnis. Agenda bisnis jadi banyak yang tertunda."

Apa yang dilakukan Rollover Reaction agar customer tetap merasa aman dan nyaman saat berbelanja?

"Kita sudah buat official announcement di all communication channel, di website kita juga udah kita display secara lengkap tindakan kita terkait hal ini sehingga customer bisa baca dan memahami. Saat ini bagi gerakan #dirumahaja kita buat incentive free shipping untuk online orders dan juga aktif fitur chat untuk menjaga hubungan antara customer dengan brand."

How do you stay fit during this corona issue?

"Sekarang prioritas memang harus jaga imun tubuh. Sehat badan dan juga pikiran, karena kalau kita cemas, panik, imun kita jadi turun. Jadi selama WFH  ini aku melakukan home workout dan juga practice meditation supaya nggak stres. Terus diimbangi dengan konsumsi banyak sayur buah supaya ada asupan baik ke tubuh."

3. Lizzie Parra (Founder & CMO BLP Beauty)

Virus Corona Mewabah, Begini Dampaknya ke Bisnis Kecantikan LokalPopbela.com/Lizzie Parra

Apa yang dilakukan pertama kali ketika tahu virus corona ada di Indonesia?

"Pertama kali tahu corona itu awal Januari. Jujur sempat khawatir, karena aku tahu corona itu menyerang paru-paru dan obatnya cuma sistem imun yang kuat. Jadi yang aku lakukan adalah memperbanyak istirahat, minum madu lemon setiap hari dan juga bersiap-siap di rumah dan di kantor kalau virus masuk ke Indonesia. Kalai soal panik sih nggak, hahaha, aku anaknya selow. Cuma memang cautious aja. Aware juga dengan keadaan. Kakakku kebetulan dokter., jadi dapat info lumayan banyak dari dia."

Berbicara tentang corona effect, bagaimana dampaknya terhadap BLP Beauty? Apa yang dilakukan BLP Beauty agar customer tetap merasa aman dan nyaman saat berbelanja?

"Yes, pasti berdampak banget dengan performance business, salah satunya BLP. Karena regulasi mall sampai dengan detik ini seluruh Beauty Space BLP masih beroperasi dengan pengurangan jam. Jadi sekarang kita menambahkan beberapa regulasi/SOP di sana. Salah satunya dengan mengukur temperatur Beauty Crew setiap hari dan menulisnya di name tag supaya  customer tahu kondisi anak-anak yang bertugas. Selain itu menutup tester bar area, jadi customer nggak bisa swatch produk di wajah, maksimal cuma di tangan saja. Kita juga menyediakan hand sanitizer di beberapa spot toko dan selalu tersedia disinfektan di all store. Kita juga menghimbau semuanya untuk #dirumahaja, jadi ngajak semua untuk berbelanja online saja dr rumah. That's why kita memberikan fasilitas Free Ongkir ke seluruh Indonesia tanpa minimum purchase. Sembari menunggu himbauan lebih lanjut lagi, karena kita sebenarnya prefer untuk tutup aja di keadaan seperti ini. Risikonya tinggi banget buat yang di lapangan (re:toko BLP) huhuhu. Oh iya, selain itu kita juga ada feature CHAT di website,  jadi kalau ada yang mau bertanya, akan dijawab oleh BLP team."

How do you stay fit during this corona issue?

"Tips dari aku yang pasti jangan panik, waspada dan ikuti himbauan pemerintah. Kalau memang bisa di rumah, kita di rumah aja. Lalu, selain itu istirahat yang cukup, tidur cukup. Banyak makan sayur buah dan minum air putih yang banyak. kalau bisa keluar cari cahaya matahari jam 10, terkahir perbanyak doa supaya kita dilindungi dari hal-hal buruk. Amin"

Baca Juga: 4 Desainer Lokal Curhat Soal Pandemi Corona & Aktivitas #WFH Mereka