Tren kecantikan kini semakin bergeser ke arah brand lokal. Beberapa tahun terakhir, mulai bermunculan produk makeup hingga skincare yang dibuat oleh anak bangsa. Tak mau ketinggalan, kini semakin banyak pula brand parfum lokal yang membanggakan karena bisa meluncurkan produk berkualitas, nggak kalah dengan merek internasional.

Wanginya nggak kalah elegan, gak pasaran, dan memiliki identitasnya sendiri. Yang membuat parfum lokal semakin menarik untuk dicoba adalah harganya yang nggak menguras kantong. Yuk, intip rekomendasi brand parfum lokal berikut ini! Dijamin wangi seharian, lho!

1. Euódia Parfums

Bikin Wangi Seharian, Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicobainstagram.com/euodiaparfums/

Diracik sendiri dengan tangan perfumer, Euódia Parfums juga layak untuk dilirik. Brand ini telah meluncurkan empat produk EDP, yaitu Iridace, Nicotiana, Gerania, dan Freese. Varian terakhir diklaim merupakan favorit banyak orang karena dibuat dari aroma bunga dan spice yang feminin. Selain EDP, mereka juga mengeluarkan solid perfume, parfum padat yang mudah dibawa ke mana saja.

Terdapat tiga pilihan ukuran botol,  yaitu 30ml, 50ml, dan 100ml. Harga sebotol 30ml dibanderol Rp349 ribu. Namun jika kamu ingin coba mengendus wanginya terlebih dahulu, kamu bisa memilih sample set empat varian yang masing-masingnya berukuran 2ml.

2. HMNS

Bikin Wangi Seharian, Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicobainstagram.com/hmns.id/

HMNS (humans) bisa dibilang merupakan brand lokal yang dicintai banyak orang. Sebab sekali produksi, parfumnya yang berjumlah ratusan hingga ribuan bisa terjual habis dalam beberapa jam saja. Varian paling populer dari HMNS adalah Orgasm, parfum beraroma vanilla dan floral yang elegan dan memberikan kesan mahal. 

Hingga saat ini HMNS telah mengeluarkan sekitar tujuh varian parfum yang bisa digunakan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Mulai dari Alpha, Delta, Theta, Farhampton, Orgasm, hingga yang terbaru adalah EOS. Harganya pun bisa dibilang terjangkau karena satu botol EDP berukuran 100ml dibanderol mulai dari Rp289 ribu. 

3. Carl and Claire

Bikin Wangi Seharian, Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicobainstagram.com/carlandclaire/

Brand parfum yang satu ini telah meluncurkan puluhan produk. Mayoritasnya sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena memilki aroma yang ringan dan gak membuatmu bosan. Jenis wanginya pun sangat beragam. Mulai dari fruity, floral, fresh, woody, warm, hingga luxury. Varian paling populernya adalah Black Orchid, Delicate, Lady, dan Beautiful Life.

Bukan hanya beragam, parfum buatan Carl and Claire diklaim bisa tahan hingga 10 jam. Ini karena jenis parfum yang diproduksinya adalah eau de parfum (EDP) yang terkenal sangat awet. Harganya pun tak menguras kantong. Satu botol parfum berukuran 30ml dibanderol mulai dari Rp199 ribu. 

4. Gangga Artisan Perfumery

Bikin Wangi Seharian, Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicobainstagram.com/gangga.ind

Gangga Artisan Perfumery memiliki satu keunggulan yang membuatnya layak untuk dicoba. Mereka punya konsep yang eco-friendly, vegan, dan gak mengandung synthetic musk. Hal ini dicerminkan pula dengan kemasannya yang menggunakan tutup dari kayu. 

Hingga saat ini, Gangga telah meluncurkan empat varian produk, dua untuk perempuan (Neroli dan Rose) dan dua unisex (Bergamot dan Patchouli). Kamu bisa memilih ingin jenis parfum eau de toilette (EDT) atau EDP yang lebih tahan lama. Sebotol EDT 50ml dibanderol seharga Rp420 ribu sedangkan sebotol 50ml EDP seharga Rp475ribu. Mereka juga menawarkan sample set yang terdiri dari semua varian, lho.

5. Oullu

Bikin Wangi Seharian, Ini 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Bisa Dicobainstagram.com/oullu.id/

Berikutnya ada Oullu. Dilihat dari kemasannya, brand yang satu ini tampak simpel namun berkelas. Di awal peluncuran, mereka memiliki lima varian, yaitu Ego, Aether, Umbra, Arcana, dan Zephyr. Namun di tahun ini, Oullu meluncurkan tiga parfum baru bernama Solar Rays, Deep Dive, dan Bird Song. 

Secara garis besar, produk buatan Oullu memiliki aroma perpaduan antara bunga, rempah, dan buah. Kelebihan brand ini adalah mereka mampu membuat aroma unik yang akan jarang kamu temukan di pasaran.

Seperti Carl and Claire, brand ini memproduksi EDP yang bisa tahan hingga 10 jam. Parfum Oullu dibanderol seharga Rp389 ribu untuk satu botol berukuran 50ml. Tersedia pula kemasan travel untuk kamu yang ingin mencobanya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Parfum Lokal yang Kualitasnya Gak Kalah dengan Produk Luar"