Suka pada dunia kecantikan? Ingin mengisi waktu luang dengan sesuatu yang menghasilkan? Kenapa Bela nggak mencoba menjadi beauty vlogger aja? Sekarang sudah cukup banyak cewek yang iseng membagikan video tips-tips dan tutorial makeup ke akun YouTube mereka dan berujung menjadi beauty vlogger yang cukup dikenal banyak orang. Sebelum memulai, Bela perlu menyiapkan 6 hal ini dulu sebagai permulaan ya. 

1. Pengetahuan tentang dunia kecantikan

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/Chalermpon Poungpeth

Yang pertama yang harus menjadi dasar adalah pengetahuan Bela seputar dunia kecantikan. Mulai deh baca-baca dan mencari referensi untuk pengetahuan Bela tentang dunia kecantikan, entah itu untuk makeup, skincare atau mungkin DIY (Do It Yourself)  bahan alami untuk kecantikan. Yang pasti harus jelas sumbernya dan jangan asal-asalan ya Bela. Apalagi konten Bela nantinya akan dilihat banyak orang, mereka pasti akan mencoba sendiri juga. Jadi, let’s be smart ya Bela!

2. Jangan bosan belajar

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/Olena Yakobchuk

Membagikan konten sebagai beauty vlogger nggak membuat Bela ‘bebas’ dari kewajiban belajar. Sebelum membagikan ilmu sebagai konten, Bela harus belajar juga tentang berbagai hal yang akan di-share sebagai konten nantinya. Jangan sampai konten berupa tips atau hal lainnya justru ‘menjerumuskan’ penonton. Itulah kenapa Bela perlu mencari sumber pembelajaran yang jelas, jangan asal-asalan. Misal dari buku yang sudah Bela baca, atau dari website yang jelas sumbernya bukan yang abal-abal ya. 

3. Harus siap kamera? Pakai HP juga bisa kok!

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/Chatchy4406

Selain pengetahuan tentang dunia kecantikan, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah peralatan untuk nge-vlog. Peralatan utamanya tentu saja kamera dengan hasil yang baik dan tentunya lighting yang pas, agar menghasilkan video yang jelas bagi penonton. Daripada beli kamera, Bela bisa banget menggunakan smartphone ditambah dengan lighting tambahan agar hasil video lebih terang. Salah satu smartphone dengan kamera terbaik adalah iPhone. 

Kamera iPhone memang dikenal terbaik dan paling anti ribet di antara smartphone lainnya. Apalagi ‘kan sekarang iPhone sudah bisa dual sim dengan adanya teknologi eSIM. Dengan teknologi ini dapat memudahkan Bela dalam berkomunikasi dengan rekan bisnis dan keluarga. Untuk hal ini, Bella nggak usah khawatir, karena Smartfren sudah merilis eSIM pertama di Indonesia khusus untuk pengguna iPhone. Dengan eSIM dari Smartfren ini, kamu dapat menggunakan dua nomor di satu iPhone. Apalagi dengan menggunakan eSIM, kamu nggak perlu ribet memasang simcard lagi, karena tinggal scan aja kamu bisa langsung mendapatkan nomor kamu! 

Khusus buat Bela yang suka nge-vlog sambil traveling, dengan menggunakan eSIM Bela tidak harus mengganti kartu SIM saat bepergian, sehingga kegiatan nge-vlog nggak terganggu serta dapat menikmati kemudahan mengunggah video dan tetap terhubung melalui eSIM. Oh ya, Smartfren eSIM ini dapat digunakan di perangkat iPhone yang sudah memiliki fitur eSIM seperti iPhone XR, XS, XS Max, iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max. 

Smartfren pun menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk eSIM ini, yakni Rp180.000,- saja. Dengan harga yang dibanderol ini, Bela sudah mendapatkan benefit kuota 90GB, 30 menit nelpon ke operator lain hingga gratis nelpon ke seluruh nomor Smartfren, termasuk paket berlangganan VIU premium selama 3 bulan. Wah, Kuota melimpah jadi makin mudah membagikan konten video beauty vlogger ke media sosial. Tunggu apalagi? Yuk optimalkan iPhone Bela sekarang. Untuk info lengkapnya, klik di sini ya!

4. Nyicil beli produk yang cocok untuk kamu

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/Minerva Studio

Sebelum memulai menjadi beauty vlogger nggak ada salahnya Bela mulai mencicil untuk memberi produk kecantikan yang cocok untuk kamu. Kan nggak bisa beli semua produk kecantikan mulai dari alat-alat makeup sampai pelembab wajah dalam sekali belanja. Pilih-pilih mana brand yang cocok untuk kulitmu, jangan lupa cek perkembangan kesehatan kulit sebagai review untuk penonton nantinya. Jadi, paling tidak saat buat video pertama, Bela sudah punya produk andalan untuk di-review ke penonton deh. 

5. Harus percaya diri

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/hedgehog94

Ragu memulai karier menjadi beauty vlogger karena insecure pada warna kulit atau bentuk tubuh? Jangan sedih Bela, belajar percaya diri dong. Ada banyak kok beauty vlogger yang memiliki warna kulit yang berbeda-beda dengan keunikan mereka masing-masing. Dan mereka tetap percaya diri kok. Ingat ya Bela, semua cewek itu cantik, jadi percaya pada diri sendiri ya! Semangat ya Bela!

6. Pilih konsep konten menarik yang versi kamu banget

Ingin Memulai Karier Menjadi Beauty Vlogger? Siapkan 6 Hal Ini Ya BelaShutterstock/Twinsterphoto

Next, karena beauty vlogger memang banyak, kenapa Bela nggak mencoba cari ide konten yang menarik versi kamu? Daripada mencontoh konten orang lain, mending Bela mencoba cari ide konten menarik versi kamu sendiri. Jadi, konten yang Bela sajikan ke penonton berbeda dari yang lain. Pasti seru banget deh! Kalau gitu, mulai sekarang coba cari dan pikirkan konsep konten yang matang dan menarik yuk!

Gimana Bela? Sudah kepikiran bakal membuat video beauty vlogger yang seperti apa? Yuk mulai dari sekarang!