Sama seperti makanan dan minuman, makeup juga mempunyai waktu batasan kedaluwarsa. Salah satu penyebab makeup yang kedaluwarsa yaitu karena jarang dipakai, seperti eyeshadow yang dipakai hanya satu atau dua warna lalu sisanya kamu biarkan atau lipstik ketika kamu merasa salah membeli warna, pasti lipstik itu hanya akan jadi pajangan di meja rias kamu.

Tanpa disadari, menumpuknya makeup yang nggak terpakai di kamar, akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Makeup tersebut memang nggak akan menunjukkan perubahannya secara jelas seperti maskara atau  yang mengering. 

Tetapi selain dari segi bentuk makeup tersebut, kamu juga bisa mencari tahunya dari segi tekstur yang sudah nggak halus ketika diaplikasikan ke wajah, aroma yang berubah, dan warna yang juga akan berubah.

Hati-hati, Ini Ciri-ciri Jika Makeup Kamu Sudah Kedaluwarsafoodtrients/lifeextension

Kamu bisa mulai mengeceknya dari foundation terlebih dahulu. Ketika kamu aplikasikan ke kulit, terksturnya akan jauh berbeda dari sebelumnya saat kamu pernah pakai. Aromanya dari foundation itu juga akan berbeda, sama halnya dengan lipstik. Lipstik bisa kamu ketahui cirinya dari aroma yang akan lebih menyegat. Biasakan mengecek tanggal expired sebelum membeli produk tersebut ya.

Bagaimana jika sudah memasuki expired namun makeup masih terasa normal ketika diaplikasikan? Sebaiknya tetap dihentikan. Karena formula yang ada di dalam makeup tersebut sudah pasti berubah meski dari luar tampak normal. Perlu diingat ya, Bela, produk makeup jenis apapun pasti mengandung bahan kimia dan jika bahan kimia yang kedaluwarsa tersebut bisa sampai pada kulit, akan terjadi infeksi pada kulit.

Hati-hati, Ini Ciri-ciri Jika Makeup Kamu Sudah Kedaluwarsapinterest/gettyimages

Bisakah makeup menjadi expired sebelum waktunya? Bisa saja jika produk tersebut nggak disimpan di tempat yang seharusnya. Dimanakah tempat yang sekiranya aman agar makeup menjadi nyaman? Dimana saja asal terjauh dari paparan sinar matahari. Terkena sinar matahari langsung dapat mempercepat ketahanan suatu produk dan merusak bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Jika suhu panas dapat memperpendek umur makeup, maka suhu dingin sebaliknya. Menyimpannya di suhu yang dingin membuat bahan-bahan aktif tersebut lebih awet. Nggak hanya makeup lho ya, skincare juga bisa kamu simpan di lemari es pendingin. Nggak hanya produk kosmetikmu lebih awet, skincare yang kamu pakai dalam keadaan dingin pun bikin wajah jadi lebih rileks!

Itulah ciri-ciri jika makeup kamu sudah kedaluwarsa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Berbentuk Unik, Ini 7 Makeup Nggak Biasa yang Wajib Kamu Coba