Mempunyai bulu mata yang panjang, tebal, dan lentik merupakan impian banyak orang, terutama para perempuan. Maka dari itu, banyak dari kita yang sering merias bulu mata dengan menjepitnya dan menggunakan maskara. Sayangnya, ada banyak kesalahan yang masih sering dilakukan ketika menjepit bulu mata. 

Kesalahan ini tidak hanya membuat bulu matamu terlihat kurang menawan, tetapi juga dapat merusak dan membuat bulu mata rontok, lho! Yuk, baca terus untuk mengetahui 7 Kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan penjepit bulu mata. Ada nggak yang masih sering kamu lakukan?

1. Menggunakan teknik yang salah

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Matapinterest.com

Kalau kamu terbiasa menekan penjepit bulu mata hanya sekali, berhentilah! Para ahli kecantikan memberi saran untuk menekan penjepit bulu matamu empat hingga delapan kali di akar, kemudian beberapa kali lagi sepanjang bulu mata sampai mencapai ujung bulu mata. Dengan teknik ini, bulu matamu akan menawan dan terbentuk seperti kurva yang lembut daripada seperti huruf L.

2. Menggunakan penjepit yang kurang bersih

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Matagoodhousekeeping.com

Penjepit bulu mata perlu dibersihkan secara teratur karena alasan yang sama dengan kuas makeup, penjepit bulu mata dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dari matamu dan area sekitarnya! Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan penjepit bulu mata kamu setiap minggu. ini bisa membantu mencegah penyebaran bakteri dan membuat penjepit bulu matamu lebih awet dan bekerja dengan lebih baik.

3. Tidak mengganti penjepit bulu matamu

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Mataboohoo.com

Bahkan jika kamu membersih penjepitmu setap minggu, mekanismenya dapat mulai mengendur seiring waktu. Juga, penjepit bulu mata yang tidak berfungsi dengan baik dapat merusak bulu matamu. Jika penjepit bulu maytamu mulai terlihat rusak dan aus, sebaiknya kamu membuangnya. Agar aman, para ahli menyarankan untuk mengganti penjepit bulu mata setiap beberapa bulan.

4. Menggunakan maskara sebelum menjepit bulu mata

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Matapinterest.com

Ini mungkin salah satu kesalahan paling umum dan paling merusak yang dapat kamu lakukan saat menggunakan penjepit bulu mata. Daripada membuat bulu mata lebih bervolume atau lebih lengkung, maskara bisa membuat bulu matamu terasa lengket sehingga mereka lebih cenderung dicabut oleh penjepit. Karena itu, pastilah kamu menggunakan maskara setelah mengeriting bulu matamu. Ini dapat membuat bentuk bulu matamu lebih awet dan menambahkan volume kepadanya. 

5. Menjepit dengan tekanan yang berlebihan

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Matacosmpolitan.com

Jangan menekan terlalu keras dengan penjepitmu. Jika kamu melakukan kesalahan ini,  bulu matamu akan melengkung pada sudut yang terlalu tajam dan terlihat sedikit aneh dan kurang menawan.  Menjepit dengan terlalu keras juga bisa membuat  bulu matamu rusak atau rontok. Kalau kualitas penjepit bulu matamu  baik, seharusnya kamu  tidak perlu menggunakan terlalu banyak tenaga untuk mengeritingnya.

6. Kamu tidak memanaskan penjepit bulu matamu

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Matabelashed.org

Memanaskan penjepit bulu matamu akan membantu membuat lengkung bulu matamu awet. Kamu bisa memanaskan penjepit bulu matamu dengan menggunakan pengering rambut. Cukup nyalakan pengering rambutmu dan tahan penjepit bulu mata di depannya selama beberapa detik. 

Jangan lupa untuk meniup penjepitmu sebelum menggunakannya agar kamu tidak kepanasan! Trik ini terutama bermanfaat jika kamu memiliki bulu mata kasar yang tidak mudah melengkung. Pilihan lainnya adalah untuk menggunakan penjepit bulu mata yang memiliki pemanas.

7. Memakai penjepit dengan bantalan yang usang

7 Kesalahan yang Mungkin Masih Kamu Lakukan Saat Menjepit Bulu Mataallure.com

Karena bantalan penjepit dimaksudkan untuk melindungi bulu matamu dari bagian logam yang tajam pada penjepit, bantalan yang usang dapat membuat bulu matamu lebih rentan patah atau bahkan, terpotong oleh logam. Maka, pastikan kamu mengganti bantalan karet pada penjepit bulu matamu setelah mulai aus, yang cenderung terjadi setiap tiga bulan, tergantung pada seberapa sering kamu menggunakannya. 

Baca Juga: Nggak Perlu Extension, Ini 5 Bahan Alami Untuk Panjangkan Bulu Mata

Baca Juga: Bikin Mata Cantik Seharian, Ini 7 Rekomendasi Bulu Mata Palsu

Baca Juga: 7 Rekomendasi Maskara Bening, Bikin Bulu Mata Lentik Tanpa Menggumpal