Banyak mitos yang beredar tentang bulu mata jatuh. Ada yang bilang, ketika bulu mata rontok atau jatuh, yang mengalaminya harus segera membuat permintaan. Mitos lain mengatakan bahwa jika bulu mata yang rontok sebelah kanan, berarti seseorang yang kamu sayang sedang merindukanmu, sedangkan jika yang rontok dari mata sebelah kiri, itu artinya ada yang sedang membencimu. Bahkan ada juga mitos yang menyebutkan bahwa bulu mata yang jatuh, bisa membuat rambut menjadi tebal dengan meletakkannya pada kulit kepala. Unik ya. Tapi sebenarnya apa saja ya yang bisa menyebabkan bulu mata rontok? Simak artikel berikut ini ya, Bela!

Bulu Matamu Sering Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya!

Maskara merupakan produk makeup mata yang paling sulit dibersihkan dibandingkan produk makeup mata yang lainnya. Bulu mata yang lebat dan rapat, membuat proses pembersihan maskara dari bulu mata lebih rumit dibandingkan eyeliner atau eyeshadow. Kebiasaan yang sering dilakukan ketika membersihkan maskara adalah menggosok mata terlalu keras. Padahal kebiasaan itu bisa berakibat bulu mata menjadi rontok. Untuk mengurangi tekanan yang diberikan ketika membersihkan makeup mata, gunakan makeup remover khusus mata ya. 

Selain itu, kelelahan dan malas merupakan alasan paling umum seseorang tidak membersihkan maskaranya. Sayangnya kebiasaan buruk ini selain bisa membuat mata iritasi, juga dapat membuat bulu mata mudah rontok. Ketika menggunakan maskara, bulu mata cenderung berdempetan dan menempel satu sama lain. Jika maskara dibiarkan terlalu lama, akan membuat bulu mata sulit dibersihkan dan meningkatkan risiko bulu mata sering rontok.

Bulu Matamu Sering Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya!

Sebelum menggunakan bulu mata palsu, pastikan kamu memilih lem bulu mata yang kuat untuk menempelkan bulu mata namun mudah untuk dibersihkan nantinya. Jangan langsung menarik bulu mata palsu sebelum merenggangkan lemnya dengan eye makeup remover. Minyak yang terkandung dalam eye makeup remover dapat membantu menanggalkan lem bulu mata palsu sehingga mudah untuk dilepas. Kamu juga harus berhati-hati ketika menarik bulu mata palsunya, ya. 

Bulu Matamu Sering Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya!

Walaupun maskara waterproof bagus untuk menghasilkan tampilan bulu mata yang cetar, tapi sebaiknya kamu tidak menggunakannya setiap hari . Terlalu sering menggunakan maskara waterproof, dapat mengakibatkan bulu mata menjadi kering dan rapuh. Dampak jangka panjangnya adalah bulu mata menjadi mudah rontok. 

Bulu Matamu Sering Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya!

Menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara lebih baik daripada setelah mengaplikasikan maskara. Pada saat bulu mata sudah diaplikasikan maskara, kondisi bulu mata jauh lebih kaku dan keras. Jika bulu mata dijepit setelah mengaplikasikan maskara, bisa membuat bulu mata lebih mudah rontok karena tekanan dari penjepit tersebut. Untuk mengurangi tekanan yang didapat oleh bulu mata, kamu juga bisa memanaskan penjepit bulu mata terlebih dahulu sebelum digunakan.  Gunakan hair dryer untuk memanaskan penjepit bulu mata selama 1-3 menit. Pastikan tidak terlalu panas ya, Bela. 

Itu tadi beberapa penyebab bulu mata kamu rontok,Bela. Semoga setelah ini kamu bisa menghindari hal-hal tersebut dan punya bulu mata yang lebih kuat, ya!

Penulis: Filza Intan Mariezka

Baca Juga: 7 Hal Tentang Bulu Mata Palsu yang Harus Kamu Ketahui