Jenis kulit sangat memengaruhi tampilan seseorang ketika menggunakan makeup.Jadi, sebelum membeli makeup, kenali dulu jenis kulit wajah yang kamu miliki. Produk-produk makeup biasanya dirancang sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap jenis kulit yang berbeda. Nah, untuk kamu yang kulit wajahnya termasuk jenis yang kering, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba biar makeup-mu tahan lebih lama.

1. Pilih produk dengan jenis liquid atau krim

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobacatlegghairandmakeup.co.uk

Salah satu cara menggunakan makeup walaupun pada kulit kering adalah memilih produk makeup yang berbahan dasar cair (liquid). Jika kamu merasa tidak butuh banyak coverage, kamu bisa memilih tinted moisturizer daripada foundation. Jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer dan sunscreen terlebih dahulu. Pilihan lainnya yang bisa kamu coba adalah BB cream yang baik untuk kulit kering karena kandungan hyaluronic acid dan Vitamin B.

2. Menghaluskan bibir

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobahellodoktor.com

Kulit kering tidak hanya terjadi pada kulit wajah atau badan saja. Kulit bibir pun juga bisa kering hingga membuat bibir pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada bibir dengan campuran madu dan gula pasir. Lakukan eksfoliasi minimal sekali seminggu dan jangan menggosok bibir terlalu kasar. Bibir yang halus akan membuat lipstick terlihat lebih baik. 

3. Pilih formula lipstik yang sesuai

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobard.com

Sebaiknya pilih lipstik yang tidak membuat bibirmu semakin kering. Hindari lipstik matte yang akan membuat bibirmu terlihat smakin kering dan beralihlah ke lipstick dengan hasil satin atau lipgloss yang akan membuat bibirmu terlihat sehat.

4. Lewatkan penggunaan bedak

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobaadorebeauty.com.au

Walaupun kulitmu kering, biasanya bagian T-Zone ( dahi, hidung, dan dagu) tetap berminyak dan butuh sentuhan bedak untuk tampak lebih baik. Sedangkan bagian wajah lain yang kering, akan semakin buruk jika dibubuhi bedak. Jadi cukup aplikasikan di bagian yang sering berminyak saja ya.

5. Gunakan “pelicin” wajah

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobaepiphanydermatology.com

Jika kamu merasa makeup-mu mudah mengelupas dan luntur, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena adalahnya tumpukan sel-sel kulit mati pada wajahmu. Untuk membersihkannya, kamu bisa melakukan eksfoliasi dan menggunakan masker. 

Sama seperti bibir, sebaiknya lakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu. Menggunakan sheet mask sebelum menggunakan makeup juga dapat membantu membuat kulit wajah jadi lebih lembap lho. Hasilnya, riasan pun akan menempel dengan sempurna.

6. Dapatkan kesegaran dengan face mist

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobahellomagazine.com

Untuk mengembalikan kelembapan kulitmu, semprotkan facial spray di tengah hari saat kulitmu mulai terasa kering.

7. Jangan pelit memakai moisturizer

Untuk Kamu Pemilik Kulit Kering, Ini 7 Tips Makeup yang Bisa Dicobahealth.com

Kulit kering memproduksi minyak yang tidak banyak, jadi moisturizer adalah senjata tepat untuk membantu mengambalikan kondisi kulit menjadi lembap kembali.  Kamu juga bisa pilih moisturizer dengan konsistensi yang tebal dan mengandung hyaluronic acid.

Kalau makeup-mu terlihat on  dan stay all day long, bikin makin percaya diri deh!

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

Baca Juga: 5 Tips Makeup Nggak Cepat Luntur Meski Berkeringat