Bagian terpenting setelah menggunakan makeup adalah membersihkannya. Bagi sebagian orang, kegiatan menghapus makeup merupakan kegiatan yang membosankan dan sangat berat untuk dilakukan. Padahal, tidak ada alasan untuk tidak membersihkan makeup khususnya sebelum tidur. Saat ini, sudah banyak produk pembersih makeup yang dikeluarkan oleh berbagai macam brand dari produk lokal hingga high end dengan bentuk dan jenis yang beragam pula. Yuk liat apa saja jenis pembersih makeup yang ada!

1. Micellar Water

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahufashstyleliv.com

Pembersih wajah dengan jenis ini berbahan dasar air dan kemampuannya untuk membersihkan makeup cukup baik. Beberapa produk micellar water menjanjikan kebersihan maksimal bahkan untuk membersihkan produk makeup waterproof sekalipun. Tapi, akan lebih baik jika kamu membersihkan makeup waterproof seperti maskara dengan menggunakan pembersih khusus mata yang juga mengandung minyak. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi kapas dengan micellar water kemudian usapkan kapas ke seluruh wajah.

2. Cleansing Gel

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahuhealthline.com

Untuk membersihkan makeup menggunakan pembersih jenis ini, kamu bisa menggunakan kapas atau tisu. Tuangkan beberapa tetes cleansing gel pada telapak tangan, kemudian ratakan produk secara perlahan pada wajah untuk menghapus makeup. Tisu atau kapas digunakan untuk mengangkat sisa makeup yang telah dihapus tadi. Pembersih jenis gel akan memberikan sensasi soothing atau menenangkan ketika dipakai dan tidak meninggalkan rasa lengket di wajah.

3. Cleansing Balm

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahunourishedlife.com.au

Pembersih wajah ini dikemas dalam bentuk jar dengan tekstur padat seperti balsem. Cara menggunakan pembersih jenis ini adalah dengan meratakan produk ke seluruh wajah disertai gosokan lembut untuk melunturkan makeup. Untuk menghapus sisa riasan yang sudah luntur tadi, gunakan kapas. Pastikan untuk menggunakan kapas hingga keadaannya benar-benar bersih untuk menunjukkan bahwa semua makeup terangkat sempurna.

4. Cleansing Oil

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahudarklipstips.com

Pembersih berbahan minyak ini dapat dengan mudah membersihkan makeup dalam waktu sekejap. Produk makeup waterproof dari maskara hingga lem bulu mata sekalipun dapat luntur dengan mudah.  Biasanya cleanisng oil dikemas dalam botol yang memiliki tutup dengan pump agar memudahkan pengambilan produk. Cukup 2-3 tetes minyak, sudah dapat membersihkan makeup di seluruh wajah. Plusnya lagi, cleansing oil aman digunakan oleh semua jenis kulit lho.

5. Cleansing Milk

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahuintothegloss.com

Cleansing milik memiliki konsistensi liquid padat yang menyerupai losion. Cara penggunaannya sama dengan menggunakan produk makeup berbentuk krim pada umumnya. Ambil produk secukupnya, kemudian ratakan ke seluruh wajah. Untuk membersihkan makeup yang telah dihapus, bilas wajah dengan air mengalir. Produk pembersih makeup dengan jenis ini baik digunakan bagi kamu yang miliki jenis kulit kering bahkan sensitif, karena sifatnya yang sangat lembut dan memberi kelembapan.

6. Facial Wipes

6 Jenis Pembersih Makeup yang  Wajib Kamu Tahuallure.com

Tisu ini berbeda dengan tisu pada umumnya. Sekilas bentuknya menyerupai bentuk tisu basah biasa. Namun, facial wipes memiliki kemampuan untuk menghapus makeup seperti pembersih makeup yang berbentuk air, minyak, atau balm. Pembersih jenis ini cocok digunakan dalam keadaan mendesak untuk menghapus makeup seperti dalam perjalanan. Namun, disarankan untuk kembali membilas wajah setelah membersihkan muka dengan facial wipes untuk mencegah tertinggalnya kandungan bahan kimia dari tisu ini.

So, pembersih makeup mana yang akan kamu pilih?

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

BACA JUGA: 7 Eye Makeup Remover yang Wajib Kamu Coba