"Aku sih cuma pakai bedak bayi saja." Pernah mendengar pernyataan berikut? Ternyata penggunaan bedak bayi pada wajah tidak disarankan loh.

Bedak bayi pada mulanya dibuat memang untuk pemakaian popok bayi. Jika digunakan di wajah, apalagi secara terus menerus justru bisa menimbulkan beberapa efek negatif. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus berhenti menggunakan bedak bayi pada wajah.

1. Bedak bayi mengandung zinc

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah shutterstock.com

Bedak bayi mengandung zinc oxide dan magnesium carbonate yang bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama kulit wajah akan semakin kering dan bisa mempercepat timbulnya garis-garis halus pada wajah atau keriput.

2. Mengandung parfum

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah Saubhaya makeup

Ada kandungan parfum pada bedak  bayi. Ketika kita memakainya di wajah otomatis akan terhirup terus menerus, hal ini menjadi tidak baik bagi kesehatan jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

3. Tidak Menyerap Minyak

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah Photoholgic on Unsplash" target="_blank">Unsplash/photoholgic

Kita biasa memakai makeup untuk menahan minyak, tetapi faktanya bedak bayi justru tidak menyerap minyak. Bedak bayi justru akan menumpuk di permukaan kulit kita dan bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

4. Mudah luntur karena keringat

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah freepik/valuavitaly

Jika kamu memakai bedak agar makeup tahan lama, hal ini justru tidak bisa terwujud dengan bedak bayi. Bedak ini mudah sekali luntur jika terkena air bahkan keringat. Maka dari itu tidak direkomendasikan untuk set makeup dengan bedak ini.

5. Bisa memicu radang paru-paru

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah hibaista

Kandungan talc yang ada pada bedak bayi ini jika terhirup terus-menerus oleh penggunanya bisa memicu timbulnya radang paru-paru. Talc sendiri merupakan magnesium silcates yang digiling halus, biasanya untuk membuat wajah terlihat lebih cerah.

6. Memicu timbulnya iritasi

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah New York Injury Law

Bedak bayi bisa saja memicu iritasi ataupun alergi, apalagi jika kamu memakainya setiap hari dan berkegiatan. Iritasi ini juga bisa dipicu oleh bahan yang terkandung di dalam nya seperti talc dan parfum.

7. Bedak bayi digunakan untuk ruam

Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Tidak Menggunakan Bedak Bayi Pada Wajah Fashion99

Bedak bayi dibuat memang untuk mencegah timbulnya ruam atau iritasi pada bayi yang memakai popok. Sejak awal bedak ini memang tidak disarankan untuk digunakan di wajah. Jika kamu memiliki ruam pada bagian tubuh lain baru cocok untuk menggunakan produk ini.

Itulah beberapa alasan mengapa bedak bayi tidak disarankan untuk digunakan pada wajah. Yuk mulai cari pengganti bedak untuk wajahmu.