Foundation adalah salah satu produk makeup yang bisa bikin kamu terlihat flawless. Saat mengaplikasikan produk makeup tersebutada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya adalah teknik pengaplikasiannya.

Apabila kamu mengaplikasikan foundation dengan rapi, maka pulasan makeup-mu juga akan terlihat maksimal. Namun, bagaimana kalau ternyata foundation yang kamu aplikasikan ini malah terlihat cakey?

Apa sih yang jadi penyebab masalah tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Tidak mengaplikasikan pelembap atau primer

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeyfreepik.com/Lifestylememory

Mengutip dari Byrdie, kondisi kulitmu ini berpengaruh terhadap hasil makeup yang diaplikasikan. Ketika kamu tidak mengaplikasikan pelembap atau primer sebelum menggunakan foundation, kemudian kulitmu sedang kering atau sedang tidak dalam kondisi yang baik, maka hasil makeup-nya tidak akan maksimal, parahnya bisa sampai cakey.

2. Tidak mengaplikasikan pelembap atau primer dengan tepat

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeythelist.com

Bela, tahukah kamu ternyata cara mengaplikasikan skincare sebelum kamu menggunakan makeup ini berpengaruh terhadap hasil riasanmu, lho. Saat mengaplikasikan pelembap atau primer, pastikan kedua produk tersebut menyerap dengan baik terlebih dahulu, ya!

3. Kamu mengenakan shade yang tidak cocok untuk kulitmu

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeyhttps://www.freepik.com

Penyebab lainnya foundation-mu bisa cakey ini adalah karena kamu salah memilih shade, Bela. Penggunaan shade yang tidak tepat ini bisa membuat penampilanmu terlihat tidak natural. Oleh karena itu, kamu bisa mencari tahu shade yang tepat terlebih dahulu dengan berpacu pada undertone-mu.

4. Kamu mengenakan foundation dengan formula yang tidak cocok dengan jenis kulitmu

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat CakeyFreepik.com

Sama seperti produk skincare, memilih foundation juga harus berdasarkan jenis kulit masing-masing. Apabila kulitmu kering, kamu bisa memilih foundation yang diformulasikan dengan kandungan hyaluronic acid atau foundation yang memiliki tekstur lebih cair. 

Ketika kulitmu cenderung sensitif, kamu bisa pilih foundation dengan finish yang matte

5. Formulasi foundation yang kamu gunakan terlalu tebal

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeynbcnews.com

Untuk aktivitas sehari-hari, hindari mengenakan foundation yang sifatnya full coverage ya, karena foundation tersebut umumnya memiliki formulasi yang cukup tebal. Agar foundation yang kamu aplikasikan tetap terlihat natural, kamu bisa gunakan foundation yang sifatnya ringan.

6. Mengaplikasikan foundation terlalu banyak

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeyreviewthis.com

Hal lain yang harus kamu perhatikan apabila tidak ingin foundation-mu terlihat cakey adalah hindari mengaplikasikan terlalu banyak foundation, cukup aplikasikan secukupnya agar hasil akhirnya terlihat natural.

7. Tidak mengaplikasikan setting powder

Ini 7 Alasan Kenapa Foundation Kamu Terlihat Cakeyglamlipstick.com

Terakhir, hal yang bisa membuat foundation-mu terlihat cakey adalah kamu lupa mengaplikasikan setting powder. Setting powder ini berperan penting untuk makeup-mu, karena produk tersebut berfungsi mengunci foundation serta produk makeup lainnya yang kamu gunakan agar tidak luntur.

Tidak hanya itu, setting powder juga berfungsi membuat tampilan makeup jadi lebih halus.