Bela, apakah kamu salah satu orang yang memakai lensa kontak? Jika dibandingkan dengan kacamata, banyak keuntungan di balik penggunaan lensa kontak ini, seperti memiliki lapang pandang yang lebih luas, serta nyaman untuk digunakan selama beraktivitas.

Namun, ketika menggunakan lensa kontak, kamu harus ekstra hati-hati saat mengaplikasikan makeup, terutama di area mata.

Yuk, simak tips mengaplikasikan makeup dengan aman untuk kamu si pengguna lensa kontak!

1. Menggunakan makeup yang hipoalergenik dan aman untuk area mata

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak thesun.co.uk

Ketika kamu menggunakan lensa kontak, penting untuk mencari makeup yang memiliki label hipoalergenik atau tidak memberikan reaksi alergi, dan aman untuk area mata. Namun, tidak semua produk makeup memberi label seperti itu, oleh karena itu perhatikan kandungannya dengan seksama.

Sebagai tips tambahan, jangan lupa untuk mengedipkan mata ketika maskara selesai diaplikasikan. Hal ini guna mencegah mata serta lensa kontak kamu menjadi kering.

2. Menggunakan eyeliner yang lembut

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak youtube.com

Apakah kamu sering menggunakan eyeliner? Seperti yang kamu ketahui, mata merupakan area yang sensitif, terlebih lagi ketika kamu menggunakan lensa kontak. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan eyeliner perlahan-lahan.

Selain itu, hindari area bagian dalam garis bulu mata saat mengaplikasikan eyeliner, karena bisa menyebabkan infeksi pada kelenjar air mata. 

3. Aplikasikan primer

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak essiebutton.com

Agar riasan di bagian kelopak mata tidak rusak, kamu bisa mengaplikasikan primer sebelum menggunakan eye shadow. Hal ini dilakukan agar eyeshadow tidak masuk ke dalam lipatan mata.

4. Pilih maskara yang tepat

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak amazon.co.uk

Untuk maskara, kamu bisa hindari menggunakan maksara yang mengandung serat, karena maskara tersebut bisa mengelupas sehingga nantinya matamu tidak nyaman, bahkan berpotensi mengalami iritasi. 

Mengutip dari Byrdie, alih-alih menggunakan maskara yang sifatnya waterproof, kamu bisa mencari maskara yang sifatnya water-resistant.

5. Menggunakan aplikator yang lembut

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak media.allure.com

Agar lensa kontakmu tidak rusak ketika mengaplikasikan eye makeup, kamu bisa menggunakan aplikator yang tergolong lembut, karena aplikator yang kasar akan terasa  tidak nyaman saat digunakan dan bisa membuat mata iritasi.

6. Sebelum membersihkan makeup, pastikan kamu sudah tidak menggunakan lensa kontak

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak spy.com

Sebelum membersihkan makeup dengan remover yang lembut, pastikan kamu sudah tidak menggunakan lensa kontak lagi ya, karena ketika kamu menghapus makeup dalam keadaan lensa kontak masih terpasang, maka lensa kontak berpotensi untuk terkontaminasi oleh bakteri.

7. Menggunakan pembersih makeup yang bebas minyak

7 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Kamu Si Pengguna Lensa Kontak freepik.com/lookstudio

Untuk first cleanser, kamu bisa gunakan micellar water, karena produk pembersih makeup yang satu ini bisa mengangkat minyak, kotoran, serta sisa makeup tanpa kamu harus mengusap wajah dengan kasar.