Memilih produk yang sesuai jenis kulit merupakan kunci untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain berlaku pada skincare, memilih produk yang tepat juga harus diterapkan ketika kamu ingin membeli produk makeup

Apabila kamu ingin mengenakan makeup tanpa dengan nyaman tanpa harus mengalami fase breakout, yuk mulai gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Nah, di bawah ini ada beberapa kandungan di dalam produk makeup yang harus kamu hindari apabila memiliki kulit kering!

Penasaran kandungan apa saja yang harus dihindari oleh kamu yang memiliki kulit kering? Simak informasi di bawah ini, ya!

1. Salicylic Acid

5 Kandungan Pada Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Mungkin kamu familiar dengan kandungan yang umum ditemukan di dalam produk skincare ini. Ya, salicylic acid juga ada di dalam produk makeup, seperti foundation, primer, tisu yang bisa menghapus makeup. Apabila kamu memiliki kulit kering, sebaiknya hindari menggunakan makeup yang mengandung salicylic acid karena dapat membuat kulitmu jadi lebih kering. 

2. Paraben

5 Kandungan Pada Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Keringhttps://www.freepik.com/

Paraben adalah pengawet dan bahan sintetis yang berfungsi untuk membuat produk makeup memiliki umur simpan yang panjang. Bagi seseorang yang memiliki kulit kering, penggunaan paraben ini berpotensi membuat kulit mengalami iritasi.

Oleh karena itu, kamu bisa mengganti produk make up yang mengandung paraben dengan produk yang mengandung bahan-bahan natural.

3. Fragrance

5 Kandungan Pada Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Keringbeautymag.com

Tidak hanya ada di dalam produk skincare, fragrance juga dapat kamu temukan di berbagai produk makeup. Meskipun terkadang produk yang mengandung fragrance memiliki aroma yang menyenangkan, kandungan tersebut tidak disarankan untuk digunakan oleh seseorang dengan jenis kulit sensitif dan kering.

Hal ini berpotensi membuat mereka mengalami iritasi dan parahnya lagi bisa menimbulkan eksim.

4. Alkohol

5 Kandungan Pada Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Keringhttps://www.maccosmetics.com/

Bela, tahu nggak sih kalau beberapa produk makeup yang matte finish mengandung alkohol? Mengutip dari Byrdie, dari berbagai jenis alkohol yang umumnya digunakan untuk produk makeup berpotensi membuat kulit timbul kemerahan, menjadi lebih kering, dan iritasi. Selain itu, alkohol juga memicu timbulnya beberapa penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea.

Namun, tidak semua alkohol memberi dampak negatif untuk kulit, lho! fatty alcohol seperti cetyl dan cetearyl bisa melembutkan kulitmu yang kering. 

5. Glycolic Acid

5 Kandungan Pada Makeup yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Kandungan glycolic acid ini umumnya bisa kamu temukan di dalam produk make up seperti foundation dan primer. Menggunakan produk make up yang memiliki kandungan ini bukanlah langkah yang tepat jika kulitmu tergolong kering dan mudah iritasi.