Seiring berkembangnya dunia kecantikan, semakin banyak pula produk skincare maupun kosmetik yang beredar. Ada yang affordable, namun nggak sedikit yang dijual dengan harga yang relatif tinggi, seperti brand high-end. Hal ini membuat banyak pihak menggunakan kesempatan ini untuk memalsukan kosmetik. Nah, sebagai konsumen yang bijak, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan kosmetik asli dan palsu. Bagaimana cara membedakannya? Simak di bawah ini yuk!

1. Harga berbeda jauh

3 Cara Mudah Membedakan Kosmetik Asli dan Palsubest-wallpaper.net

Ternyata, makeup dan skincare palsu memiliki harga yang bisa jauh berbeda alias lebih murah. Jadi, jangan mudah tergiur jika ditawarkan barang dengan harga murah ya, Bela!

2. Packaging

3 Cara Mudah Membedakan Kosmetik Asli dan Palsuprojectvanity.com

Kalau kamu membeli makeup atau skincare berdasarkan riset terlebih dahulu, pastinya kamu sudah tahu bagaimana packaging atau kemasan asli dari barang yang kamu inginkan? Salah satu cara termudah membedakan produk asli dan palsu adalah dari kemasannya.

Biasanya, produk asli akan memiliki label khusus dari pabrik yang membuatnya. Nggak cuma itu, produk asli juga akan mencantumkan kode pembuatan produk yang bisa kamu lacak. Jadi, jangan lupa cek apakah label yang tertera pada packaging sesuai dengan produk yang kamu inginkan.

3. Tekstur dan aroma produk

3 Cara Mudah Membedakan Kosmetik Asli dan Palsuhera.com

Kalau kamu sudah terlanjur membeli produk sebelum tahu packaging-nya, cek tekstur dan aroma dari produk yang kamu beli. Biasanya apabila produk tersebut asli, teksturnya akan terasa nyaman saat kita gunakan di kulit serta tidak lengket. Kamu juga bisa melakukan tes di punggung tanganmu untuk mengetahui tekstur dari produk yang kamu beli. Selain itu, aroma juga sangat menentukan. Aroma dari produk yang asli pasti tidak akan menyengat karena produk makeup dan skincare diformulasikan pastinya senyaman mungkin untuk digunakan.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk membedakan makeup dan skincare yang asli dan palsu. Semoga artikelnya bermanfaat ya!