Bela, pasti kalian memiliki berbagai jenis makeup bukan? Mulai dari face product, eye product hingga lip product. Penting untuk kamu ketahui bahwa setiap jenis makeup memiliki daya tahan yang berbeda-beda setelah produknya dibuka dari kemasan. Sehingga selalu periksa keadaan makeup-mu sebelum menggunakannya. 

Makeup yang kedaluwarsa biasanya akan memiliki tekstur yang mengering, kasar, dan jadi lebih susah untuk diaplikasikan. Baik maskara, lipstik, sampai foundation semuanya bisa mengalami kondisi tersebut kalau sudah melalui tanggal kedaluwarsa. 

Ini yang Terjadi Pada Kulitmu Kalau  Menggunakan Makeup Kedaluwarsaelespectador.com

Kandungan aktif yang ada di dalam makeup pun bisa jadi berhenti bekerja lho. Misalnya kandungan SPF yang ada pada foundation seharusnya mampu menahan bahaya dari sinar UV. Namun jika kondisi produk makeupnya sudah kedaluwarsa, kandungan SPF ini justru nggak lagi bisa bekerja pada kulit kita. 

Terus apa yang terjadi pada kulit kalau ternyata kita nggak sengaja menggunakan makeup kedaluwarsa? Tentunya kondisi ini berbahaya bagi kulit. Mengutip pendapat Hadley King seorang dermatologist asal New York, molekul dalam makeup kedaluwarsa dapat terurai dan berubah menjadi molekul lain. Nah, kondisi ini yang sebenarnya dapat memacu alergi pada kulit. 

Ini yang Terjadi Pada Kulitmu Kalau  Menggunakan Makeup KedaluwarsaAlodokter.com

Kulit yang terpapar molekul dari produk kedaluwarsa bisa mengalami iritasi hingga peradangan serius. Kondisi ini juga dapat memicu reaksi lain seperti kemerahan, benjolan, jerawat,  ruam, atau bahkan melepuh serta pembengkakan pada kulit. 

Selain beragam reaksi alergi, makeup kedaluwarsa juga sangat berpotensi menyimpan bakteri di dalamnya. Apabila bakteri yang ada dalam makeup tersebut menempel di kulit wajah, sangat mungkin kulit akan menjadi iritasi atau timbul benjolan-benjolan yang terlihat seperti jerawat. 

Ini yang Terjadi Pada Kulitmu Kalau  Menggunakan Makeup Kedaluwarsaallure.com

Apabila yang terkena bakteri adalah bagian mata, reaksi yang muncul adalah infeksi ataupun iritasi pada bola mata. Sedangkan jika yang terkena bakteri adalah bagian bibir, reaksi yang bisa muncul adalah pembengkakan. 

Itulah reaksi yang bisa timbul di kulit kita kalau menggunakan makeup kadaluwarsa, selalu periksa masa kedaluwarsa makeup-mu ya, Bela!