Sustainable beauty sudah menjadi campaign yang banyak disuarakan berbagai kalangan di dunia kecantikan, mulai dari brand lokal hingga brand internasional. Melakukan daur ulang, memanfaatkan barang lama, atau membuat kompos  dari produk kecantikan adalah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Termasuk kelangsungan hewan dan tumbuhan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan agar produk kecantikanmu lebih ramah lingkungan. Check it out! 

1. Hindari bahan cellophane

Biar Ramah Lingkungan, Lakukan 5 Hal Ini Pada Produk Kecantikanmu Yuk!dallascosmeticderm.com

Cellophane merupakan bahan pembungkus tipis yang terbuat dari plastik yang banyak digunakan untuk mengemas produk kecantikan. Cellophane dapat diuraikan secara alami dan lebih ramah lingkungan daripada plastik polietilen yang digunakan untuk membuat kantong plastik. Untuk mengolahnya, cellophane dapat dijadikan kompos bersama sisa makanan. 

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk menghindari bahan yang satu ini. Karena dalam proses pembuatannya, cellophane sangat membahayakan lingkungan. Cellophane diproduksi menggunakan karbon disulfida yang menghasilkan asap beracun.

2. Manfaatkan program internal recycle

Biar Ramah Lingkungan, Lakukan 5 Hal Ini Pada Produk Kecantikanmu Yuk!Freepik

Sebagian brand lokal maupun internasional sudah memiliki program internal recycle. Biasanya mereka akan menyediakan station khusus di toko yang menerima pengembalian kemasan produk. Beberapa brand juga nggak ragu untuk memberikan rewards berupa diskon untuk customer-nya yang berhasil menyumbangkan produk untuk didaur ulang.

Sepertinya yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan deh Bela. Selain ikut menjaga lingkungan, kamu juga bisa mendapat keuntungan lain. Menarik bukan?

3. Gunakan kembali barang yang tidak terpakai

Biar Ramah Lingkungan, Lakukan 5 Hal Ini Pada Produk Kecantikanmu Yuk!beautiesandco

Tren baru dari sustainable beauty adalah menggunakan kembali produk yang biasanya dibuang. Sebagai contoh, kamu bisa gunakan botol parfum yang sudah tidak terpakai sebagai tempat menyimpan bunga. Atau kamu juga bisa gunakan jar bekas skincare sebagai tempat menyimpan barang-barang berukuran kecil. 

Beberapa brand kecantikan sudah mulai melakukan hal ini juga lho. Salah satunya adalah Town and Anchor  yang bekerja sama dengan brand perhiasan CLED untuk mengubah botol minyak kosong menjadi anting. 

4. Beralih dari kapas

Biar Ramah Lingkungan, Lakukan 5 Hal Ini Pada Produk Kecantikanmu Yuk!Freepik

Sebagian jenis kapas yang kamu gunakan untuk menghapus makeup ternyata bisa dijadikan kompos dengan sisa makanan. Meski begitu, faktanya untuk membuat kapas dibutuhkan air yang sangat banyak. 

Setiap satu kilo kapas membutuhkan air yang setara dengan air yang diminum seseorang selama tiga tahun.  Sebagai gantinya, cobalah gunakan reusable makeup wipes yang dapat digunakan kembali. Bamboo reusable cotton rounds bisa jadi pilihanmu. 

5. Cuci seluruh wadah terlebih dahulu

Biar Ramah Lingkungan, Lakukan 5 Hal Ini Pada Produk Kecantikanmu Yuk!hypebae.com

Kalau kamu berencana membawa botol-botol bekas skincare ke tempat khusus daur ulang, kamu wajib mencucinya terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa nggak ada sisa produk di dalam wadah yang kamu sumbangkan. 

Wadah dengan sisa produk dapat memancing datangnya serangga. Kamu juga disarankan untuk melepas label yang melekat pada wadah skincare. Pastikan botol yang akan didaur ulang dalam keadaan benar-benar bersih ya!