Para pencinta kosmetik lokal tentu sudah tidak asing dengan nama Rollover Reaction. Brand yang didirikan Dinar Amanda bersama tiga orang temannya, Naya, Sarah, dan Novi, telah sukses mencuri perhatian, khususnya di kalangan millennial dan gen Z. Bermula dari 2014, mereka melihat ada peluang untuk membangun brand kecantikan, karena berkembangnya industri kecantikan di Indonesia.

Selain itu pada tahun tersebut sudah mulai terlihat perubahan cara belanja orang yang lebih ke online. Kita ingin menjadi game changer, mengubah industri dengan pemain-pemain yang sudah ada sejak lama,” tutur Dinar saat ditemui di sela-sela penjurian Popbela BeautyFest Asia, Beauty Awards 2020.

Akhirnya setelah dua tahun mematangkan ide dan melakukan riset mendalam, Rollover Reaction lahir dengan menghadirkan produk pertama mereka, yaitu liquid lipstick. Setelah berjalan selama empat tahun, Rollover Reaction telah menelurkan beragam produk kecantikan lainnya, mulai dari cushion, liquid eyeshadow, cream blush dan highlighter, hingga lip gloss.

Mengubah stigma tentang kosmetik

Dinar Amanda dan Pentingnya Menciptakan Brand Kecantikan untuk SemuaInstagram.com/dinar.amanda

Dinar juga mengatakan kehadiran Rollover Reaction ingin mengubah stigma negatif tentang kosmetik lokal. Jika produk fashion Indonesia telah bisa bersaing dengan produk fashion luar negeri, maka produk kosmetik masih sering mendapatkan stigma seputar kualitas produknya.

Padahal sebenarnya kita bisa, kok, bikin produk kosmetik yang berkualitas. Hanya saja kadang orang sudah keburu ragu, karena melihat packaging-nya yang nggak menarik,” kata Dinar.

Itulah mengapa Dinar sangat menaruh perhatian dengan branding Rollover Reaction, terutama soal desain packaging yang bisa menarik perhatian kalangan anak muda.

Menciptakan brand kecantikan yang bisa dipakai semua orang

Dinar Amanda dan Pentingnya Menciptakan Brand Kecantikan untuk SemuaPopbela.com/Michael Richards

Selain itu, Dinar juga mengungkapkan salah satu nilai yang dipegang teguh oleh brand-nya adalah bahwa kosmetik itu bisa dipakai semua orang. Lalu bagaimana produk makeup itu dipakai untuk menonjolkan kecantikan natural masing-masing orang.

Banyak orang yang merasa intimidating dengan makeup, karena merasa dirinya bukan profesional, tidak punya waktu untuk dandan, atau tidak menemukan produk makeup yang cocok untuk dirinya.

Hal itulah yang menjadi concern kami dalam menciptakan produk, yaitu bagaimana bisa membuat produk yang relatable, yang bisa dipakai semua orang, apa pun skintone mereka, apa pun profesi mereka,” ujarnya lagi.

Makanya tak heran jika Rollover Reaction banyak menghadirkan produk makeup yang multitasking, seperti Sueded Lip and Cheek Cream yang bisa dipakai untuk bibir dan pipi.

Tidak ragu bersaing dengan brand baru yang bermunculan

Dinar Amanda dan Pentingnya Menciptakan Brand Kecantikan untuk Semua

Saat ini, brand kosmetik di Indonesia makin berkembang. Makin banyak brand-brand baru yang bermunculan dengan produk-produk yang tak kalah berkualitas, bahkan semakin menyaingi kosmetik dari luar negeri.

Bagi aku, kehadiran brand-brand ini justru sebuah tanda yang baik, bahwa pasar dan industri kecantikan di Indonesia makin berkembang. Konsumen juga akan selalu mencari yang baru, yang lebih exciting. Ini juga membuat kami terpacu untuk terus berinovasi,” katanya.

Dinar juga menjelaskan pentingnya hubungan antara brand dan konsumennya. Bagaimana sebuah brand bisa bertahan adalah dengan menjaga hubungan tersebut.

Jadi bukan sekadar profit yang kita kejar, tapi juga bagaimana juga menjaga hubungan antara kita dengan consumer. Jika tidak ada hubungan yang intimate, bagaimana kita bisa sustain?” tambahnya.

Sebagai seorang entrepreneur muda perempuan, Dinar juga memberi pesan bagi siapa saja yang ingi memulai usaha sendiri.

Kalau berkarya jangan ragu-ragu. Begitu sudah nyemplung ke bidang yang kamu suka, ya berikan 110% kalau bisa 200%,” jelasnya.

Dinar Amanda juga menjadi bagian dari Road to BeautyFest Asia 2020. Jangan lupa nonton Instagram Live bareng Dinar di Instagram @beautyfest.asia hari Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 15.30 WIB. Pada Instagram Live kali ini, tim Popbela akan mengobrol dengan Dinar seputar "The Superiority of Skin Investment".

Tahun ini BeautyFest Asia 2020 by Popbela.com akan tampil secara virtual dan bisa kamu nikmati melalui website BeautyFestAsia.popbela.com. Berkolaborasi dengan Shopee sebagai exclusive online event shopping platform, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran produk beauty & skincare yang menarik. Jangan lupa ikutan berbagai courses & workshops selama tiga hari, 6 - 8 November 2020, dengan guest star seperti Rossa, Raisa dan global influencer tahun ini, PONY. Stay tuned!

Baca Juga: Road to BeautyFest Asia 2020 Hadirkan Lizzie Parra & Dinar Amanda

Baca Juga: Yuk Join Meet & Greet PONY di Virtual BeautyFest Asia 2020, Gratis!

Baca Juga: BeautyFest Asia Hadir Virtual Tanggal 6 November 2020