Bagi perempuan, menjaga kebersihan organ intim merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang area tersebut. Selain menjaga kebersihan celana dalam, tentunya kamu juga harus membersihkan miss V dengan benar. Buat kamu yang masih bingung dengan cara membersihkan miss V yang benar, simak artikel berikut ini yuk!

1. Bersihkan dari Arah Depan ke Belakang

Nggak Boleh Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim istockphoto.com

Selain dengan lembut, tentunya kamu juga harus memperhatikan gerakan saat membersihkan area kewanitaan. Gerakan yang benar ialah memulai dari area kewanitaan ke arah belakang. Hindari melakukan gerakan dari belakang ke depan karena dapat membawa bakteri dari bagian bokong yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Jangan Asal Membersihkan dengan Sabun Mandi

Nggak Boleh Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim healthshots.com

Jangan asal membeli dan menggunakan sabun meski sabun tersebut memang khusus untuk membersihkan miss V. Hindari sabun yang mengandung parfum karena khawatir bahan kimia yang terkandung nggak cocok pada miss V dan menimbulkan infeksi atau iritasi. Lalu bagaimana cara menentukan sabun tersebut? Sebaiknya tanya rekomendasi dokter atau cukup membasuhnya dengan air bersih.

3. Gunakan Air Bersih

Nggak Boleh Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim healthshots.com

Dalam keadaan sedarurat apapun contohnya saat kamu nggak bisa menahan buang air kecil di perjalanan, tetap bilas miss V menggunakan air yang bersih. Jika nggak ada air kamu bisa menggunakan tisu atau kain bersih dahulu namun tetap harus membasuhnya dengan air setelahnya.

4. Keringkan dengan Handuk

Nggak Boleh Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim 

Usai membersihkan area miss V, keringkan area tersebut menggunakan handuk kering yang memiliki bahan lembut untuk menjaga area kewanitaan dari iritasi ringan yang dapat mengakibatkan bakteri berkembang.

5. Jaga Kebersihan Celana Dalam

Nggak Boleh Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Organ Intim goodhousekeeping.com

Kebersihan celana dalam juga wajib diperhatikan untuk menjaga area kewanitaan. Ganti celana dalam seenggaknya dua atau tiga kali dalam sehari atau setelah kamu beraktivitas yang mengeluarkan cukup banyak keringat. Nggak hanya itu yang perlu diperhatikan, pilihlah pakaian dalam yang nyaman dikenakan dan bahan yang menyerap keringat. Karena keringat yang berkumpul dapat menyebabkan miss V lembap. Dan hindari mengenakan celana dalam yang sama dengan orang lain meski keluarga sendiri karena setiap orang memiliki kondisi miss V yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Tips Simple Merawat Area Kewanitaan Agar Lebih Sehat