Mungkin kamu sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas atau setara dengan dua liter per harinya. Minumnya pun dianjurkan berkala, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi.

Sayang banget buat kamu yang sering melewatkan minum air putih selepas bangun tidur. Karena manfaatnya banyak lho! Yuk simak penjelasannya.

1. Minum air di pagi hari jadi saat terbaik untuk detoksifikasi

Dilansir dari lifehack.org, tubuh memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun yang ada saat malam. Sementara, saat pagi, perut sudah dalam keadaan kosong.

Dengan minum air putih saat pagi, racun-racun tersebut akan dengan mudah dikeluarkan tubuh. Usahakan lakukan sebelum menggosok gigi dan sarapan pagi ya.

2. Membuat saluran pencernaanmu sehat dan lebih baik

Minum air putih di pagi hari juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, saluran pencernaanmu pun akan menjadi lebih baik dan dapat menyerap nutrisi dengan optimal. Saat-saat seperti ini dapat kamu maksimalkan dengan berdiet seimbang dan bergaya hidup sehat.

Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya blendstudios.com

3. Berat badanmu pun akan terjaga

Banyak minum di pagi hari juga membuat jumlah sarapanmu berkurang, karena perutmu banyak terisi cairan. Dengan begitu, berat badanmu akan terjaga. Meski begitu, bukan berarti kamu boleh meninggalkan sarapan ya. Sarapan itu penting untuk memulai aktivitas.

4. Risiko sakit maag dan gangguan pencernaan akan menurun

Buat kamu yang sering kena maag dan gangguan pencernaan lain akan banyak terbantu dengan minum air putih saat pagi. Gangguan pencernaan terjadi saat tingkat keasaman lambung meningkat. Dengan banyaknya konsumsi air putih saat perut kosong, akan membuat asam lambung jadi encer, sehingga asam lambung tidak mudah turun.

Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya Pinterest.com

5. Mencegah kerontokan dan menyuburkan rambut

Kerontokan rambut dini disebabkan oleh dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Dengan memenuhi asupan air saat pagi, rambutmu akan makin ternutrisi dan sehat.

6. Kulit semakin halus dan bercahaya

Khasiat kulit halus dan bercahaya juga bisa didapat jika kulit terhidrasi dengan baik lho. Cairan dalam tubuh akan membuat peredaran darah makin baik hingga ke kulit. Sehingga kulit akan makin sehat.

Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya brijohnson.com

7. Mencegah berbagai macam penyakit seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih

Asam dalam lambung serta racun sangat berbahaya kalau tidak diencerkan dan dibuang. Dengan minum air putih di pagi hari, sama artinya dengan membuat tubuhmu terhindar dari penyakit berbahaya; seperti batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Buat kamu yang ingin membiasakan minum air putih selepas bangun tidur, gak ada salahnya menyiapkan segelas air putih yang dekat dengan tempat tidurmu, misalnya dengan menaruhnya di meja kecil.

Bisa juga dengan menyiapkan botol yang tertutup rapat yang bisa kamu bawa ke mana-mana agar gak lupa. Yuk biasakan minum air putih!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya"

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Air Putih untuk Kulit Wajahmu