Mungkin kamu pernah dengar manfaat air putih untuk menurunkan berat badan. Kenyataannya hal itu benar loh. Dilansir dari Healthline, 30-59 persen orang dewasa di Amerika Serikat berkurang berat badannya dengan minum air putih.

Meski begitu, kamu nggak bisa sembarangan minum air putih ya. Konsumsi yang berlebih hanya akan membuatmu over dehidrasi dan tentunya sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Terus bagaimana cara minum air putih yang benar untuk diet atau turun berat badan? Berikut di antaranya.

1. Minumlah sebelum kamu makan

Konsumsi air akan mengendalikan nafsu makanmu. Dengan minum air, kamu akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang kamu konsumsi akan berkurang.

Dilansir dari WebMD, minum air putih sebelum makan mengurangi asupan makanan sebanyak 75 kalori. Adapun, jika kamu rutin melakukannya, kamu bisa mengurangi konsumsi kalori sebesar 27.000.  

2. Gantikan konsumsi minuman yang mengandung kalori dengan air putih

Mulailah tinggalkan konsumsi jus kemasan, soda dan teh kotak yang mengandung banyak kalori. Selain bikin berat badan bertambah, konsumsi minuman tinggi kalori dan gula akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke

7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepatpulsin.co.uk

3. Kamu pun bisa menambahkan air putih dengan irisan lemon

Sebagai gantinya konsumsilah air putih. Jika bosan, kamu bisa tambahkan irisan lemon. Kandungan pektin dalam lemon juga membuatmu mengurangi konsumsi makanan berlebih. Cobalah beberapa minggu dan lihat khasiatnya. 

4. Minum air dingin juga mampu membuat tubuhmu bekerja keras sehingga membakar lebih banyak kalori

Minum air es juga membantu meningkatkan metabolismemu karena tubuhmu bekerja lebih keras untuk menghangatkan air. Dengan begitu, tubuhmu akan membakar kalori lebih sehingga berat badanmu akan turun. Belum lagi, air dingin juga lebih segar daripada air biasa. 

7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepathautepunch.com

5. Padukan dengan latihan di pusat kebugaran atau gym

Air putih juga berguna untuk mencegah kram otot dan melumasi sendi. Dengan begitu, kamu bisa berolahraga lebih lama. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantumu menurunkan berat badan. 

6. Pastikan kamu minum dengan cukup

Jika kamu benar-benar ingin menurunkan berat badan, minimal kamu perlu minum delapan gelas atau dua liter per hari. Kamu bisa menambah jumlah air yang perlu kamu minum jika kamu banyak beraktivitas atau berolahraga yang membuatmu berkeringat.

Adapun, cara termudah untuk mengetahui kamu cukup minum atau gak dengan melihat air senimu. Lihatlah apakah warnanya bening atau kuning muda. 

7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepatignant.com

7. Pastikan kamu dalam keadaan sehat dan nggak sedang mengalami gangguan makan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minum air putih membuat konsumsi makananmu berkurang. Karena itu, pastikan kamu tak sedang mengalami gangguan makan. Ingatlah bahwa tubuhmu juga memerlukan banyak nutrisi. Selain itu, kamu pun nggak sebaiknya melakukan diet air putih jika kamu sudah kekurangan berat badan.

Itu tadi cara minum air putih yang tepat untuk diet dan mengurangi berat badan. Perhatikan dengan baik ya, jangan sampai berlebihan. Sesuatu yang berlebihan pasti berujung nggak baik. Salam sehat jiwa raga!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepat"

Baca Juga: 5 Manfaat Air Putih untuk Kulit Wajahmu