Sinar matahari pagi, terutama sebelum pukul 10.00 pagi, memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berjemur diri di bawah sinar matahari pagi juga menjadi salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus corona alias COVID-19 seperti saat ini.

Rupanya, aktivitas berjemur diri ini juga tengah digalakkan oleh influencer sekaligus content creator, Ayla Dimitri. Berawal dari pengalaman pribadinya saat mengalami mental breakdown beberapa tahun lalu, Ayla akhirnya jatuh cinta dengan berjemur diri. Bahkan, dirinya juga membuat gerakan #JemuranBareng untuk mengajak para pengikutnya di Instagram berjemur diri.

Popbela berkesempatan untuk mengobrol bersama Ayla Dimitri dalam sesi “ROAD TO BFA #DIRUMAHAJA”, membahas tentang gerakan #JemuranBareng yang digaungkan olehnya. Seperti apa? Simak ulasannya!

1. Berawal dari pengalamannya saat mengalami mental breakdown

5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla DimitriInstagram.com/ayladimitri

Berjemur di pagi hari adalah kebiasaan yang sudah dilakukan Ayla sejak tahun 2017 lalu, tepatnya saat dirinya mengalami mental breakdown. Nah, melakukan jemuran merupakan salah satu aktivitas rutinnya selama self healing. Rupanya, setelah melakukan jemuran, ia merasakan kualitas tubuhnya semakin meningkat.

“Aku sempet share tentang myself healing journey dan mental breakdown journey. Salah satunya adalah aku jadi mulai melakukan jemuran. Soalnya, menurut aku matahari adalah natural antidepresan,”

2. Jemuran beri efek positif pada Ayla Dimitri

5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla DimitriInstagram.com/ayladimitri

Fashion influencer ini mengaku merasakan banyak efek positif yang terjadi dalam tubuhnya setelah rutin melakukan aktivitas berjemur diri. Mulai dari membangkitkan mood positif, lebih berenergi, hingga dapat tidur teratur dan lebih nyenyak di malam hari. 

“Aku juga suka berkeringat. Jadi kadang pagi aku jemuran biar badan aku keringetan, abis itu aku jadi merasa lebih segar dan lebih sehat,”

3. Pakai aplikasi untuk mengetahui sinar matahari terbaik

5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla DimitriInstagram.com/ayladimitri

Meski berjemur adalah hal yang positif, namun kita juga perlu memperhatikan kapankah waktu yang tepat serta berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk berjemur. Untuk itu, Ayla menggunakan aplikasi khusus untuk membantunya mengetahui UV Index yang ada saat itu. Ia menuturkan, UV Index sangat penting untuk mengecek frekuensi UV B dengan kadar yang pas dan dibutuhkan oleh tubuh.

Ayla sendiri mengaku dirinya rutin melakukan jemuran pagi setiap 2 hari sekali. Biasanya ia berjemur antara pukul 08.00 sampai 09.00 selama 20-30 menit. Namun, hal itu tentu berbeda-beda bagi setiap orang karena kebutuhan sinar UV setiap orang tidaklah sama.

4. Kegiatan selama jemuran

5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla DimitriInstagram.com/ayladimitri

Biasanya, Ayla melakukan beberapa kegiatan selama berjemur. Namun, yang paling sering ia lakukan adalah jemuran sambil membaca buku, mendengarkan lagu, streching, dan walking meditation. Bagi Ayla, walking meditation ini memberikan waktu untuk berjalan dan merasakan seluruh tubuhnya. Hal itu rupanya memberikan energi positif.

“Kalau streching itu karena aku punya masalah back pain. Nah, sinar matahari itu enak banget buat aku karena menghangatkan bagian punggung aku,”

5. Ajakan Ayla untuk #JemuranBareng

5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla DimitriInstagram.com/ayladimitri

Di akhir sesi Q&A, Ayla pun memberikan pesan pada kita untuk melakukan jemuran yang sehat. Tak hanya itu, istri dari Rama Devara ini juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan di tengah wabah COVID-19 ini.

“Perhatiin UV Indeks dan perhatiin juga kondisi kulit kita benar-benar. Kalau kita melakukan jemuran, make sure segalanya faktornya kita sudah aware supaya jemurannya juga sehat dan tidak mencelakakan. Buat teman-teman yang di rumah, stay healthy. I know situasi ini tidak nyaman buat kita semua, tapi semoga ini bisa cepat selesai. Semoga kita tetap bersatu dan tetap dalam positive energy,”

Selain Ayla Dimitri, akan ada banyak sosok inspiratif lainnya yang akan berbagi cerita secara live di akun Instagram @beautyfest.asia dalam sesi “ROAD TO BFA #DIRUMAHAJA” selama tanggal 10-11 April 2020. Selama live, IDN Media akan membuka sesi charity yang ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan APD tim medis melawan wabah COVID-19. Semua donasi akan 100% disumbangkan melalui kitabisa.com/campaign/kitaidnlawancorona.

Baca Juga: 3 Fakta Ayla Dimitri, Selebgram Eksis yang Berani Menjadi Dirinya Sendiri

Baca Juga: Ayo Berjemur, Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini, Lho!

Baca Juga: 4 Manfaat Berjemur Di Pagi Hari untuk Kesehatan Kulit