Batu ginjal adalah endapan keras seperti batu yang terbentuk di ginjal dan menyebabkan rasa nyeri, penyumbatan aliran kemih, infeksi dan pendarahan. Rasa nyeri akan timbul dari daerah pinggang bawah hingga pinggul.

Berdasarnya penyebabnya, batu ginjal terbagi menjadi empat jenis yaitu, yaitu batu kalsium yang terbentuk akibat pengendapan kalsium; batu asam uric, batu struvite, batu crystine. Timbulnya batu ginjal dapat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya batu ginjal. Simak ulasannya.

1. Minuman berkarbonasi

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi KonsumsinyaDok.Internet

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan, asam fosfat atau asam nitrat yang membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengolahnya. Ketidakmampuan ginjal untuk mengurai kandungan ini mengakibatkan asam fosfat bisa bereaksi dengan kalsium di dalam ginjal sehingga menimbulkan endapan yang disebut batu ginjal.

2. Pemanis buatan

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaparenting.co.id

Pemanis buatan memiliki struktur kimia yang kompleks sehingga ginjal pun harus bekerja ekstra keras untuk mengurainya menjadi lebih sederhana. Penggunaan pemanis alami sangat disarankan karena lebih mudah diproses dan lebih sehat. Pemanis buatan biasanya dipakai dalam produk minuman maupun makanan. Tidak ada salahnya mengonsumsi, tapi ingat jangan berlebihan.

3. Daging merah

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaklikdokter.com

Daging mengandung protein tinggi. Bila dikonsumsi  berlebihan tanpa diimbangi diet yang tepat akan mengakibatkan timbulnya batu ginjal karena daging merah tinggi protein. Sisa penguraian protein yang dihasilkan tubuh tidak mudah untuk dibuang sehingga ginjal harus bekerja dengan keras. Dampaknya, ginjal bisa terserang batu ginjal. 

4. Produk susu

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@perfectcoding

Produk susu kaya akan kalsium. Terlalu banyak mengonsumsi produk susu dapat meningkatkan darah kalsium dalam darah. Selain diperoleh dari luar, kalsium juga diproduksi oleh hati. Kalsium ini mampu bersenyawa dengan asam fosfat atau nitrat di dalam ginjal membentuk senyawa lain yang berupa endapan yaitu batu ginjal. Oleh karena itu, mengonsumsi susu bisa menyebabkan batu ginjal. 

5. Kafein

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@nate_dumlao

Asupan kafein yang berlebihan dapat meningkatkan sekresi kalsium dalam urin sehingga memicu batu ginjal. Sifat dieuretik kafein  memicu dapat dehidrasi yang juga adalah faktor penyebab batu ginjal. Bila kamu pecinta kopi atau produk berkafein lainnya, kamu harus pastikan konsumsi air putihmu teratur ya.

6. Alkohol

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@shootervision

Minuman ini mengancam kesehatan saraf otak, mengganggu fungsi hati dan juga ginjal. Sama seperti kopi, alhohol memiliki sifat dieuretik yang membuat mudah dehidrasi. Bila kamu sudah kecanduan, cobalah untuk mengimbanginya dengan rutin mengonsumsi air putih dan secara perlahan coba untuk menghentikan minum alkohol karena memang hanya membawa dampak buruk bagi kesehatanmu ya.

7. Karbohidrat murni

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@mggbox

Batu ginjal tak cuma terbentuk akibat zat purin dan kalsium namun juga bisa disebabkan oleh konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Sumbernya bisa berasal dari tepung, gula atau nasi yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan karbohidrat memicu insulin yang tinggi sehingga dapat memicu infeksi saluran kencing dan terbentuknya batu ginjal.

8. Makanan dengan oksalat tinggi

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@nathan_nugent_photography

Oksalat adalah hasil samping dari pemecahan vitamin C. Senyawa ini banyak terkandung dalam bayam, almon, kiwi, cokelat, kedelai, dan makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Tingginya kadar oksalat dalam ginjal membuat risiko pembentukan endapan dalam ginjal jadi semakin tinggi karena senyawa ini dapat bereaksi dengan kalsium.

9. Garam meja

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaunsplash.com/@joannakosinska

Garam berlebih berisiko menyebabkan batu ginjal. Penambah rasa makanan ini mengandung sodium yang tinggi dan bisa memicu terbentuknya endapan pada ginjal. Beberapa makanan kemasan seperti mi instan, kecap, sosis, nugget, ham dan makanan kaleng ternyata juga tinggi akan sodium. Jadi, sudah selayaknya kamu membatasi konsumsinya ya.

10. Sarden

10 Makanan Pemicu Batu Ginjal, Batasi Konsumsinyaidntimes.com

Makanan kaleng yang satu ini memang lezat dan simpel dibuat. Tapi ternyata, makanan sejuta umat ini mengandung zat purin yang tinggi. Zat purin merupakan senyawa organik yang bisa meningkatkan aroma khas pada produk makanan. Terlalu sering-sering mengonsumsi sarden mampu meningkatkan risiko kamu terkena batu ginjal.

Itu dia sejumlah makanan yang membuat kamu berisiko terkena batu ginjal. Jadi, tidak ada salahnya kamu lebih memperhatikan apa yang kamu konsumsi mulai sekarang agar tidak terserang batu ginjal. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "

Baca Juga: Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Berlebihan, Bisa Merusak Ginjal