Setiap orang pasti pernah mengalami stres, mungkin dikarenakan adanya berbagai masalah di pekerjaan, keluarga, pertemanan, atau masalah lainnya. Walaupun kerap kali dianggap sebagai hal yang normal, namun jika kamu membiarkan rasa stres terus menyerangmu, hati-hati karena bisa menuju ke depresi. Stres dan depresi adalah kedua hal yang berbeda, meski masih banyak orang yang mengganggap bahwa kedua hal tersebut merupakan hal yang sama. Jika stres merupakan rekasi tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap sesuatu yang mengancam, maka berbeda dengan depresi. 

Lebih dari sekedar reaksi tubuh, depresi sudah dianggap masalah kejiwaan yang cukup mengancam. Depresi memang dapat dialami semua gender, namun kaum beberapa kasus menyatakan bahwa perempuan paling banyak mengalami depresi. Nah, sebelum berlanjut ke penanganan berikutnya, kenali dahulu tanda-tanda depresi pada perempuan yang bisa terdapat pada siapa saja. Keep scrolling, Bela!

1. Memiliki kesulitan dalam hal berkonsentrasi

Salah satu tanda-tanda depresi pada perempuan yang paling awal sering terjadi ialah sulitnya untuk berkonsentrasi terhadap hal apapun sehingga otak seringkali kesulitan untuk mencerna dan tidak dapat berpikir dengan jernih.

2. Tubuh selalu terasa lelah

Selain memiliki kesulitan dalam hal berkonsentrasi, tanda-tanda depresi pada perempuan lainnya ialah disertai dengan rasa lelah yang luar biasa. Walau tak melakukan aktivitas yang berat, namun pikiran terus dipaksa untuk berpikir dan hal tersebut yang menjadi penyebab tubuh terasa sangat lelah.

Kenali dengan Jelas Tanda-tanda Depresi pada Perempuanwonderlandmagazine.com

3. Mudah marah atau sensitif

Setiap manusia pasti memiliki emosi dan dapat merasakannya sebagai respon ketika menghadapi berbagai keadaan. Namun, jika emosi selalu tak stabil kerap menjadi seseorang yang terlalu sensitif terhadap semua hal bahkan hal-hal yang kecil, segera harus berwaspada, karena mungkin saja hal tersebut termasuk salah satu dari tanda-tanda depresi pada perempuan.

4. Bagian tubuh terasa pegal

Walau depresi mengganggu psikis seseorang, namun salah satu tanda-tanda depresi pada perempuan yang juga dapat terjadi ialah berbagai bagian tubuh terasa sangat pegal dan sakit. Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang mengalami depresi, otot sarafnya akan berubah menjadi tegang sehingga menyebabkan tubuh terasa sakit. 

Kenali dengan Jelas Tanda-tanda Depresi pada Perempuanthatsthelook.wordpress.com

5. Selalu ingin menyendiri

Salah satu tanda-tanda depresi pada perempuan yang seringkali menghampiri ketika beban pada dirinya tak seolah tak dapat ditanggung dan kepala terasa pusing, maka hal yang akan dilakukan yaitu menjauhi keramaian dan memiliki keinginan kuat untuk sendiri. Alasan lain bagi seseorang yang depresi yaitu dikarenakan masalah yang ia lalui tak ingin diketahui oleh banyak orang bahkan orang sekitarnya. Namun, hal tersebut dapat membahayakan dirinya dan waktu sendirian dapat memicu seseorang melakukan berbagai hal yang tak diinginkan seperti munculnya keinginan untuk bunuh diri.

6. Berpikiran negatif selalu

Bagi penderita depresi, biasanya salah satu dari tanda yang juga kerap terlihat ialah munculnya pikiran yang negatif dan merasa bahwa detik-detik hidup yang ia jalani tidaklah berguna. Hal ini juga sering disebut sebagai tanda-tanda depresi pada perempuan yang sudah memasuki level tinggi yang seharusnya mendapat penanganan oleh ahli psikis langsung.

Kenali dengan Jelas Tanda-tanda Depresi pada Perempuanfr.fanpop.com

7. Selalu memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri

Mungkin tanda-tanda depresi pada perempuan yang satu ini sering ditemui pada beberapa kasus pencobaan bunuh diri. Ya, bagi seseorang yang mengalami depresi, biasanya dipenuhi pikiran negatif yang memberikan rasa putus asa akan hidup dan jika tak ditangani dapat menjurus untuk mengakhiri hidup.

Jika ketujuh tanda-tanda depresi pada perempuan yang sudah Popbela jelaskan di atas ada padamu, segera cari orang yang kamu percaya untuk bercerita atau kunjungi psikolog untuk mendapatkan penanganan khusus. Tetapi, jika beberapa tanda depresi tersebut ada pada orang sekitarmu, jangan menjauhi, sebaiknya rangkul dengan sangat baik ya, Bela!

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab DepresiĀ