Setiap perempuan yang sudah mengalami masa pubertas, setiap bulannya pasti akan melewati periode datang bulan yang merupakan suatu siklus bulanan dimana akan terjadinya proses pengeluaran cairan berupa darah melalui miss V. Mungkin buat sebagian perempuan, terutama perempuan yang sudah dewasa, datang bulan bukan menjadi hal yang asing dan bahkan sudah mengenal tanggalnya. 

Namun, untuk beberapa perempuan yang baru saja akan mengalami puber atau yang masih dalam masa pubertas, belum begitu paham dengan beberapa tanda datang bulan yang terjadi. Nah, biar makin paham dan mengerti, sebaiknya simak beberapa tandanya karena Popbela akan bahas di ulasan kali ini!

1. Perut menjadi kram

Hampir kebanyakan perempuan akan mengalami tanda datang bulan yang satu ini sebagai tanda awal. Hal ini sangatlah normal dan terjadi karena terjadi sesuatu pada sel telur yang membuat perut bagian bawah menjadi kram. Agar tak mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu bisa mengonsumsi minuman atau suplemen pereda nyeri datang bulan yang banyak dijual secara bebas.

2. Badan terasa pegal

Selain perut yang terasa kram, beberapa bagian tubuh pun bisa menjadi pegal dan nyeri. Salah satu tanda datang bulan yang satu ini lebih gampang terjadi ketika kamu melakukan aktivitas berat saat sedang datang bulan. Karena setiap tubuh memiliki kekuatan yang berbeda, sebaiknya kenali kemampuanmu dalam beraktivitas saat sedang datang bulan agar hal yang satu ini dapat terhindar.

Penting Diketahui, Ini 7 Tanda Datang Bulaneastcoastmakeup.com

3. Keluarnya cairan dari area kewanitaan

Tidak dapat disebut sebagai tanda datang bulan jika tidak keluarnya cairan darah dari area kewanitaan. Mungkin, buat beberapa perempuan remaja yang baru pertama kali mengalami datang bulan akan merasa terkejut, namun tak apa karena itulah yang dinamakan datang bulan dan itu sangatlah normal.

4. Payudara berubah menjadi mengeras

Walaupun tanda datang bulan yang satu ini jarang terjadi, tetapi pada beberapa orang, payudara akan terasa mengeras saat sedang datang bulan. Itu disebabkan oleh salah satu hormon yang meningkat yang juga menjadi penyebab perut kram. Tak perlu khawatir, karena tanda yang satu ini akan hilang saat kamu selesai datang bulan. Gunakan saja bra yang tidak berkawat dan sedikit beri kelonggaran untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara.

Penting Diketahui, Ini 7 Tanda Datang Bulanlindsayadlerphotography.com

5. Timbul jerawat

Salah satu tanda datang bulan yang dialami hampir semua perempuan, bukan lagi kulit ditumbuhi banyak jerawat. Ketika datang bulan, hormonlah yang menyebabkan sebum memproduksi minyak berlebihan dan menjadi penyebab jerawat tumbuh. Sebagai cara mengatasinya, jangan lupa untuk merawat kulitmu dan memilih produk perawatan yang tepat!

6. Emosi menjadi tak stabil

Jika kamu atau bahkan temanmu sedang berada dalam emosi yang tak stabil, hmm bisa saja dia sedang mengalami salah satu tanda datang bulan lho! Datang bulan juga dapat memengaruhi emosi seseorang dan biasanya emosi yang ditunjukkan bisa seperti mudah marah atau menangis. Seiring bertambahnya usia, kedewasaanmu akan bertambah dan tentunya hal ini akan berkurang kok.

Penting Diketahui, Ini 7 Tanda Datang Bulanfashioneditorials.com

7. Mudah kelelahan

Tak dapat dipungkiri, tanda datang bulan yang satu ini pasti akan dialami seseorang di pertengahan maupun akhir masa datang bulan. Disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi akibat darah yang keluar selama beberapa hari. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi zat besi atau bisa juga mengonsumsi pil penambah darah.

Walaupun tak ketujuh tanda datang bulan terjadi pada setiap perempuan yang mengalami datang bulan, namun penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat sedang datang bulan ya, Bela!

Baca Juga: 4 Kebiasaan Seperti ini Bisa buat Kondisi Datang Bulan Lebih Parah