Merupakan suatu hal yang normal, haid merupakan siklus bulanan yang terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri untuk sebagian perempuan. Biasanya, rasa nyeri haid atau yang biasa dikenal dengan dismenore ini memiliki rasa sakit yang berbeda-beda, dari mulai rasa nyeri yang ringan hingga nyeri yang tak tertahankan. Dan ternyata hal ini disebabkan oleh berbagai faktor lho! 

Pada artikel kali ini, Popbela akan membahas mengenai penyebab nyeri haid yang wajib untuk kamu ketahui untuk memudahkanmu dalam mengatasi dan mengurangi rasa nyeri tersebut. Keep scrolling!

1. Jarang berolahraga

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuipopsugar.com

Ternyata, jarang berolahraga merupakan penyebab nyeri haid yang jarang diketahui banyak orang. Karena olahraga dapat memperlancar peredaran darahmu dan tentunya hal tesebut sangat berpengaruh untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami saat haid. Untuk itu, lakukan kegiatan olahraga secara rutin ya Bela!

2. Terlalu stres

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuialighahary.ca

Rasa stres yang kamu alami bisa menjadi penyebab nyeri haid yang sangat berpengaruh. Biasanya, stres dapat membuat hormon menjadi kurang stabil sehingga kamu mengalami nyeri haid yang tak tertahankan. Sebaiknya, belajar untuk dapat mengontrol rasa stres tersebut dengan menenangkan pikiranmu.

3. Ketidakstabilan hormon

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuibasaronal.com

Penyebab nyeri haid yang umum terjadi pada setiap perempuan ialah ketidakstabilan hormon. Hal yang satu ini dapat terjadi karena faktor stres atau memang gen. Namun, rata-rata ketidakstabilan hormon terjadi secara alamiah jadi untuk mengurangi rasa nyeri, kamu dapat mengonsumsi teh herbal atau pil pereda nyeri haid.

4. Mengalami pubertas dini

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuiverywellfamily.com

Mengalami pubertas dini merupakan suatu sesuatu yang tidak normal dan rata-rata dapat terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab nyeri haid yang juga dapat terjadi di setiap perempuan.

5. Faktor genetik

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuielitedaily.com

Sulit untuk diatasi, penyebab nyeri haid yang satu ini memang tak dapat dihindari. Jika ibu atau nenekmu mengalami nyeri saat sedang haid, kemungkinan besar dapat terjadi padamu. Satu-satunya cara untuk mengurangi rasa sakit ialah dengan menjaga pola hidup sehat.

6. Gaya hidup yang tidak sehat

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuithewholehealthlife.com

Nah, penyebab nyeri haid yang satu ini wajib sekali untuk diperhatikan. Jika kamu menjalani gaya hidup yang tak sehat seperti mengonsumsi alkohol, merokok, mengonsumsi makananan cepat saji, dan insomnia, maka hal tersebut sangat berpengaruh dalam menimbulkan rasa nyeri saat haid.

7. Mengidap penyakit yang serius

Inilah Penyebab Nyeri Haid yang Mungkin Belum Kamu Ketahuiecoparent.ca

Terkadang, rasa nyeri yang timbul saat haid bisa membuat tubuh seakan mati rasa. Nah, hal ini tentunya harus diwaspadai, karena bisa saja itu penyebab nyeri haid yang diakibatkan karena mengidap penyakit serius seperti leukotrien, fibroid, radang panggul, atau kanker serviks. Tentunya kamu pun harus menjaga kebersihan organ intimmu.

Jadi, setelah kamu mengetahui beberapa penyebab nyeri haid yang sudah Popbela jelaskan, kamu pun harus semakin menjaga kesehatan tubuhmu dan kebersihan organ intimmu agar terhindar dari sakit penyakit pada area tersebut.

Baca Juga: Berikut 5 Cara Mengatasi Nyeri Haid