Menurut beberapa penelitian, kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan. Salah satunya ialah kanker serviks yang merupakan penyakit mematikan yang menyerang dinding rahim ini kerap kali menyerang kaum perempuan. Ciri-ciri seseorang yang terserang kanker serviks biasanya terjadinya pendarahan pada miss V, mengalami nyeri pada perut yang tak tertahankan, serta tanda-tanda lainnya yang membuat seluruh tubuh menjadi sangat lemas. 

Untuk menghindari penyakit yang satu ini, tentu kamu wajib melakukan berbagai pencegahan dengan salah satunya mengetahui beberapa penyebab kanker serviks yang akan dibahas di artikel kali ini. Yuk simak ulasannya ya, Bela!

1. Genetik

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor genetik menjadi penyebab kanker serviks yang tak dapat dihindari. Jika salah satu dari orangtuamu mengidap penyakit kanker serviks, besar kemungkinan sel kanker tersebut dapat menyerang dirimu. Untuk itu, seimbangkan dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang bergizi serta suplemen dari dokter yang dapat menghancurkan sel kanker.

2. Kurang menjaga kebersihan miss V

Buat kamu yang kurang peduli dengan kebersihan miss V-mu, hati-hati karena bisa saja hal yang satu ini menjadi salah satu penyebab kanker serviks. Buat setiap perempuan, biasakan untuk menjaga kebersihan miss V dengan rutin mengganti celana dalam, menghindari pemakaian pembalut seharian, serta tak lupa untuk membersihkan miss V.

Waspada! 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker Servikshealthline.com

3. Makanan

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang kerap kali disebut sebagai penyebab kanker serviks juga. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya makanan dengan kandungan alkohol yang tinggi, makanan jenis bakar-bakaran, makanan cepat saji, makanan yang mengandung bahan kimia, dan jenis makanan lainnya yang berdampak buruk untuk kesehatan rahimmu.

4. Mengonsumsi pil KB secara berlebihan

Beberapa perempuan menggunakan pil KB untuk dapat mencegah sekaligus mengontrol kehamilan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, pil KB dapat membuat rahim menjadi kering sehingga rentan terserang penyakit kanker serviks. Untuk menghindari penyebab kanker serviks yang satu ini, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran.

Waspada! 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker ServiksRefinery29.com

5. Tertular saat menggunakan toilet umum

Wajib untuk kamu perhatikan bahwa sering menggunakan toilet umum dapat menjadi penyebab kanker serviks dan hal yang ini sudah diketahui oleh banyak orang. Toilet umum yang digunakan oleh sejumlah orang tentu saja dapat menyebarkan berbagai kuman dan virus. Namun, nggak perlu khawatir, karena kamu bisa menghindarinya dengan menggunakan semprotan antiseptik yang khusus untuk disemprotkan pada toilet atau menggunakan tissue basah.

6. Gaya hidup yang buruk

Begadang, mengonsumsi alkohol, merokok, jarang berolahraga, mungkin beberapa hal tersebut terlihat cukup sepele untuk dilakukan menjadi gaya hidup. Namun, tahu nggak sih bahwa dengan membiasakan diri dengan gaya hidup yang buruk juga dapat menjadi penyebab kanker serviks? Dengan menjalani gaya hidup yang buruk, otomatis daya tahan tubuhmu menjadi melemah dan mudah sekali terserang sel kanker.

Waspada! 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker Servikspinterest.dk

7. Berhubungan seks dengan sembarangan

Penyebab kanker serviks yang terahkhir ialah dikarenakan seseorang melakukan hubungan seks yang sembarangan seperti berhubungan seks di luar nikah serta seringnya bergonta ganti pasangan. Tentu saja, setiap orang wajib mengetahui edukasi seks agar dapat menghindari penyebab kanker serviks yang satu ini.

Nah, itulah beberapa penyebab kanker serviks yang wajib untuk kamu ketahui agar dapat terhindar dari penyakit mematikan yang satu ini. Tentu saja harus dibarengi dengan gaya hidup yang teratur seperti mengonsumsi makanan yang sehat, rajin berolahraga, dan mengurangi kebiasaan yang tak baik.

Baca Juga: Ini Deretan Artis yang Pernah Berjuang Melawan Kanker Serviks