Apakah kamu pernah mendengar penyakit kusta? Sebagian orang pasti pernah mendengarnya. Setelah nama penyakit yang satu ini tak pernah terdengar, penyakit kusta pun kembali menghebohkan banyak orang terutama masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya berita yang membahas mengenai ditemukannya beberapa orang di berbagai daerah yang mengidap penyakit kusta. 

Jenis penyakit yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini kerap kali disebut sebagai penyakit kutukan karena dapat mengakibatkan cacat hingga kematian. Namun, apa sih sebenarnya penyakit kusta itu dan apakah ada cara mengatasinya? Menjawab tingginya rasa penasaran banyak orang, Popbela akan sedikit mengulas mengenai penyakit kusta. Keep scrolling!

Apa itu kusta?

Dikutip dari berbagai sumber, penyakit kusta sebenarnya adalah jenis penyakit yang menyerang sistem saraf, selaput lendir pada pernapasan, serta kulit. Penyakit kusta memiliki nama lain yang kerap disebut dalam dunia medis yaitu penyakit lepra atau morbus hansen

Penyakit kusta sebenarnya adalah jenis penyakit yang populer pada zaman dahulu. Dilihat dari mengerikannya penyakit kusta sehingga dapat menggerogoti seluruh tubuh sehingga dapat menimbulkan kecacatan fisik hingga kematian, itulah yang membuat banyak masyarakat berpikir bahwa penyakit ini merupakan kutukan sehingga menjauhi para penderita. 

Penyebab penyakit kusta

Penyebab utama terjadinya penyakit kusta ialah karena terdapat bakteri Mycobacterium leprae yang berkembang pada seluruh tubuh terutama pada beberapa bagian tubuh yang bersuhu dingin. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakteri penyebab penyakit kusta ini juga dapat ditularkan oleh jenis hewan tertentu seperti armadillo dan simpanse. 

Selain itu, beberapa faktor lainnya yang kerap disebut penyebabnya, diantara lain seperti terdapat kelainan pada sistem kekebalan tubuh, tinggal dengan wilayah penduduk yang mengidap penyakit kusta dalam jangka waktu panjang, atau melalui udara saat penderita kusta sedang bersin atau flu. 

Wajib Waspada, Ini Fakta Tentang Penyakit Kusta yang Harus Diketahuiblueheavencosmetics.in

Gejala penyakit kusta

Diawali dengan ciri-ciri gejala yang sangat ringan, sebaiknya jangan langsung menghiraukan jika beberapa ciri ini terjadi padamu. Biasanya gejala pertama yang ditimbulkan ialah munculnya ruam kemerahan pada kulit atau terdapat luka tanpa rasa sakit.

Hal tersebut jika dibiarkan akan meningkat ke gejala selanjutnya yang lebih parah seperti tubuh menjadi mati rasa, mimisan, mata kering, tubuh yang tergerogoti sampai habis hingga lumpuh. 

Cara mengatasi penyakit kusta

Hal yang satu ini kerap kali menjadi sebuah pertanyaan masyarakat yang cukup kuat mengenai penyakit kusta. Apakah bisa disembuhkan? Mendengar banyaknya orang yang mengatakan bahwa tak ada penemuan obat yang dapat mengobati penyakit kusta. 

Namun, tentu saja hal tersebut tidaklah benar. Dunia medis telah menemukan beberapa jenis obat dan antibiotik yang dapat mengobati penyakit kusta walau membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama. 

Wajib Waspada, Ini Fakta Tentang Penyakit Kusta yang Harus DiketahuiPinterest.com

Cara mencegah penyakit kusta

Sampai hari ini, penyakit kusta merisaukan banyak masyarakat sehingga menimbulkan pertanyaan besar mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah jenis penyakit yang satu ini. Sebenarnya, belum ditemukan jenis vaksin yang dapat mencegah penyakit kusta. 

Namun, yang bisa kamu lakukan hanyalah membiasakan diri menjalani gaya hidup yang sehat dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar bakteri apapun tak mudah berkembang di dalam tubuhmu. Biasakan untuk rajin berolahraga, mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang bergizi, serta jika perlu, konsumsi suplemen vitamin tambahan untuk tubuh.

Wajib Waspada, Ini Fakta Tentang Penyakit Kusta yang Harus DiketahuiPinterest.com

Fakta penyakit kusta

Selain beberapa hal di atas, ada juga fakta unik lainnya mengenai penanganan penyakit kusta. Indonesia menjadi negara 5  terbesar yang memiliki penderita kusta terbanyak serta menjadi salah satu penyebab kematian. 

Untuk itulah, pemerintah di Indonesia sudah menerapkan beberapa program pengobatan yang dengan mengumpulkan para penderita di suatu wilayah untuk menjalani pengobatan yang tak hanya bertujuan untuk mengobati hingga tuntas, tetapi juga menjadi harapan besar untuk memutuskan rantai jenis penyakit yang satu ini. 

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai penyakit kusta yang wajib untuk kamu ketahui. Tak perlu takut dengan jenis penyakit kusta dan mulailah menjaga daya imun tubuhmu ya, Bela!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Lupus, Penyakit yang Menyerang Kim Kardashian