Seperti jenis penyakit lainnya, penyakit seksual memiliki jenis yang beragam. Dari mulai jenis penyakit yang ringan hingga yang cukup parah. Salah satu jenis penyakit yang akan Popbela bahas pada ulasan kali ini adalah herpes. Walau kurang populer dibanding jenis penyakit lainnya seperti HIV/AIDS, namun masih banyak orang pernah mendengar tentang jenis penyakit yang satu ini meskipun hanya sekilas saja. 

Herpes disebabkan oleh Human Herpes Virus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan seksual dan seringnya memang menyerang kaum perempuan. Sama seperti jenis penaykit seksual lainnya, seseorang yang mengidap penyakit herpes haruslah mendapat penanganan dengan segera agar tubuh tak semakin parah. 

Untuk bisa tahu apakah seseorang mengidap herpes atau tidak, ketahuilah beberapa  gejala penyakit herpes seperti berikut ini.

1. Tubuh menjadi lemas secara perlahan

Gejala penyakit herpes yang pertama kali bisa terjadi pada seseorang yang mengidap jenis penyakit ini adalah tubuh menjadi mendadak lemas dan secara perlahan daya tahan tubuh melemah sehingga sulit untuk menjalankan berbagai aktivitas dengan baik. Mungkin di tahap gejala awal, masih banyak yang belum mengetahui bahwa virus herpes telah menyerang dikarenakan gejala yang satu ini sangatlah umum.

2. Kepala terasa sakit

Biasanya, gejala penyakit herpes tak hanya tubuh menjadi terasa lemas saja, tetapi kepala pun menjadi terasa sangat sakit. Rasa sakit yang dialami pada penderita penyakit herpes cukup beda dengan sakit kepala pada umumnya. Sakit kepala begitu hebatnya sehingga benar-benar membuat seseorang harus beristirahat.

Kenalilah 7 Gejala Penyakit Herpes yang Dapat Menyerang PerempuanPinterest.com

3. Demam

Jika virus herpes yang menyerang dirimu dibiarkan begitu saja, biasanya tubuh akan merasakan gejala penyakit herpes yang berikutnya yaitu demam yang dapat menyebabkan tubuh semakin lemas serta keluarnya keringat dingin. Jika sudah memasuki gejala yang satu ini, jangan lupa untuk cek gejala-gejala lainnya.

4. Beberapa bagian tubuh terasa nyeri

Tak dapat dipungkiri, bahwa ketika sistem ketahanan tubuh menjadi menurun, gejala penyakit herpes yang dapat dirasakan oleh penderita ialah beberapa area tubuh yang terasa nyeri. Salah satu area yang menjadi sasaran ialah bagian kelamin dan tentunya jika sudah masuk ke gejala yang satu ini, segera periksakan langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kenalilah 7 Gejala Penyakit Herpes yang Dapat Menyerang Perempuankrisfulk.com

5. Muncul ruam pada area tubuh tertentu

Salah satu gejala penyakit herpes yang paling dikenal banyak orang yaitu adanya kemunculan tanda-tanda ruam pada beberapa area seperti kulit dekat bibir, anus, dan kelamin. Ruam yang berwarna kemerahan dan berisi cairan ini tak hanya sekedar mengganggu penampilan tetapi juga dapat menciptakan sensasi panas dan perih.

6. Merasakan sensasi terbakar pada bagian kelamin

Sensasi terbakar yang dirasakan pada ruam kulit ternyata juga dirasakan pada bagian kelamin sehingga dapat membuat si penderita kesulitan saat sedang membuang air kecil. Selain itu, bagi para perempuan, gejala penyakit herpes yang menyerang juga dapat dillihat dari siklus menstruasi yang tidak lancar.

Kenalilah 7 Gejala Penyakit Herpes yang Dapat Menyerang PerempuanPinterest.com

7. Menjadi semakin sensitif terhadap paparan sinar matahari

Meski gejala penyakit herpes yang satu ini jarang dirasakan penderita herpes, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa virus herpes juga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya matahari seperti kulit menjadi mudah terbakar dan lepuh. 

Jadi, begitulah beberapa gejala penyakit herpes yang wajib kamu ketahui dan waspadai agar tak dapat berkelanjutan mengancam nyawa. Jangan lupa, untuk selalu menjaga kebersihan sistem reproduksi, dan segera memeriksakan ke dokter jika beberapa gejala penyakit herpes di atas ada pada dirimu.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ternyata Begini 7 Gejala HIV