Zingiber officinale atau yang biasa dikenal dengan jahe, merupakan tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah serta obat-obatan sehingga kehadiran jahe sudah sangat familiar didalam kehidupan sehari-hari. 

Jahe pun sangat dibutuhkan karena memiliki jutaan manfaat yang diperoleh dari kandungan protein, vitamin, gingerol, antioksidan, antiseptik, senyawa fenolik, dan masih banyak zat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. 

Air jahe pun adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan manfaatnya pun sudah terbukti. Namun, seperti apa saja sih manfaatnya? Yuk simak lebih lanjut mengenai manfaat minum air jahe untuk kesehatan di artikel yang satu ini!

1. Mengurangi peradangan

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu memperlancar peredarah darah serta menghilangkan kotoran dan racun yang berbahaya penyebab peradangan pada organ tubuh. Hal tersebut merupakan manfaat minum air jahe untuk kesehatan yang paling utama.

2. Mengatasi rasa nyeri

Tak hanya ampuh dalam mengurangi peradangan pada tubuh, manfaat minum air jahe untuk kesehatan pun terbukti dalam mengatasi rasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat memperlancar peredarah darah sehingga mengurangi rasa nyeri yang luar biasa.

Ternyata, Ini Dia Manfaat Minum Air Jahe untuk KesehatanFreepik.com

3. Menyeimbangkan tekanan darah

Buat kamu yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi, lakukanlah terapi dengan meminum air jahe setiap malam. Karena manfaat minum air jahe untuk kesehatan yang juga terkenal ialah mampu menurunkan tekanan darah sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Cocok untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, tentunya tubuh memerlukan dorongan untuk memproduksi insulin sehingga gula darah menjadi netral. Hal tersebut bisa didapat dari mengonsumsi jahe yang dicampur sedikit lemon. Manfaat minum air jahe untuk kesehatan yang satu ini sudah terbukti sehingga banyak yang memanfaatkan jahe sebagai obat alternatif dalam mengatasi penyakit diabetes.

5. Obat alami mengatasi flu

Nah, kalau manfaat minum air jahe untuk kesehatan yang ini pasti semua orang pernah merasakannya bukan? Tak hanya kehangatan jahe yang dapat memberikan kenyamanan pada tubuh, tetapi sifat antivirusnya mampu dalam membasmi berbagai virus penyebab flu sehingga tubuhmu pulih dengan cepat.

Ternyata, Ini Dia Manfaat Minum Air Jahe untuk KesehatanSAYS.com

6. Melancarkan pencernaan

Walau jarang diketahui, namun memiliki pencernaan yang lancar juga termasuk kedalam manfaat minum air jahe untuk kesehatan lho! Jahe yang dapat membuang racun dan kotoran ini juga dapat memperlancar pencernaan sehingga buang air besar menjadi teratasi.

7. Melindungi tubuh dari sel kanker

Manfaat minum air jahe untuk kesehatan yang terakhir ialah kemampuannya yang dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Beberapa penelitian pun mengatakan bahwa sifat antioksidan yang terdapat pada jahe mampu memperlambat perkembangan sel kanker serta mencegahnya. Untuk itu, bagi penderita kanker dapat dianjurkan untuk mengonsumsi air jahe sebagai obat herbal alami.

Wah, nggak nyangka ya ternyata manfaat minum air jahe untuk kesehatan banyak sekali! Dari mulai mengatasi berbagai penyakit hingga menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit, semuanya dapat dilakukan oleh jahe yang kaya akan vitamin. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Kunyit untuk Kesehatan Kulit Wajah